Cara Membedakan Lovebird Jantan dan Betina

Untuk Anda yang belum mengetahui bagaimana cara membedakan burung lovebird jantan dan betina. Ada baiknya Anda coba baca dan pahami dulu artikel ini ya.

Sekarang ini siapa yang tidak tahu tentang burung Lovebird.

Ya, burung cinta yang satu ini secara fisik memang terlihat mengagumkan karena memiliki warna yang cerah dan sedap dipandang mata.

Beberapa warna dari spesies burung ini yang paling dominan yaitu berwarna hijau, biru, abu-abu, kuning dan putih. Di setiap perlombaan juga burung lovebird ini memiliki kelasnya tersendiri.

Banyak pula para pecinta burung yang mengikutkan burung peliharaannya ini dengan diperlombakan dari yang berkategori keindahan warna maupun kicau burung lovebird tersebut.

Karena saat ini sudah semakin banyak penggemar lovebird yang kini mulai membudidayakan burung tersebut.

Jadi tahukah Anda, bahwa sebagian besar pecinta lovebird juga merasa kesulitan bagaimana cara membedakan burung lovebird jantan dan betina.

Jika dilihat dari sekilas kedua jenis lovebird baik itu yang jantan maupun betina memang tampaknya tidak ada perbedaannya.

Akan tetapi, jika diperhatikan lagi secara detail melalui perilaku dan juga bentuk fisiknya, tentunya akan terlihat perbedaan yang sangat mencolok dari burung lovebird ini.

Perbedaan Lovebird Jantan dan Betina Berdasarkan Jenis

Seperti yang telah kita ketahui bersama, bahwa di dunia ini terdapat banyak jenis burung lovebird dan mempunyai karakteristiknya yang berbeda-beda.

Oleh sebab itu, tidak semuanya burung lovebird dapat diidentifikasi jenis kelaminnya hanya dengan menggunakan cara yang sama.

Dikutip dari bukunya Siti Nuramaliati yang berjudul Lovebird terbitan Penebar Swadaya menurutnya. Tingkat kesulitan dalam membedakan jenis kelamin lovebird terbagi menjadi 3 kelompok, yaitu :

  1. Dimorfik (mudah membedakannya melalui penampilan),
  2. Intermediate (agak sulit membedakannya melalui penampilan burung),
  3. Lovebird kacamata (sulit membedakan).

Berikut ini adalah jenis lovebird berdasarkan tingkat kesulitan dalam membedakan jenis kelaminnya.

1. Kelompok Dimorfik

Perbedaan lovebird jantan dan betina pada kelompok dimorfik ini sangat terlihat dari penampilannya. Jadi untuk membedakan jenis kelamin lovebird kelompok ini cukup terbilang mudah.

Adapun beberapa jenis lovebird yang tergolong dimorfik yakni : Lovebird Abisinia, Lovebird Madagaskar, dan Lovebird Muka merah.

2. Kelompok Intermediate

Selanjutnya untuk kelompok yang kedua ini terbilang agak sulit dalam membedakannya dari penampilan. Karena lovebird jantan dan betina mempunyai penampilan yang cukup mirip.

Adapun beberapa jenis lovebird yang tergolong kelompok intermediate yakni : Lovebird black collared, dan Lovebird muka salem.

3. Kelompok Lovebird Kacamata

Terdapat 4 jenis lovebird kacamata yang jenis kelaminnya sulit dalam membedakannya, bahkan untuk tahap yang lebih lanjut pun.

Karena jika tidak jeli, maka Anda bisa tertipu alias salah sangka. Dikiranya lovebird jantan, eh malah ternyata jenis kelamin betina.

Ada pula yang mengatakan bahwa jenis kelamin lovebird kacamata dapat dibedakan melalui berat badan jantan dan betina. Namun, hal itu tidaklah hal yang dapat dijadikan sebagai patokan.

Mengapa?

Hal ini karena berat badan erat sekali hubungannya dengan jenis pakan yang diberikan, kemudian seberapa banyak burung lovebird tersebut makan, dan hal lain sebagainya.

Adapun 4 jenis lovebird kacamata yakni : Lovebird nyasa (Agapornis lilianae), Lovebird pipi hitam (Agapornis nigrigenis), Lovebird topeng (Agapornis personata), dan Lovebird fischer (Agapornis fischeri).

Cara Membedakan Lovebird Jantan dan Betina

Oke, selanjutnya masuklah kita ke pembahasan utama yakni mengenai lovebird jantan dan betina mulai dari perbedaan yang paling umum baik itu secara fisik, tingkah lakunya, usia 2-3 bulan, klep dan non klep hingga dengan menggunakan bantuan alat.

1. Perbedaan Lovebird Jantan Dan Betina Secara Fisik

Untuk mengenai perbedaan ciri fisik antara lovebird jantan dan betina memang tidak begitu konsisten.

Namun, terkadang ciri fisik lovebird jantan memiliki ciri fisik yang hampir sama dengan lovebird berjenis kelamin betina.

Sehingga dalam membedakannya akan membutuhkan pengamatan yang lebih jeli. Untuk pengamatan yang dilakukan adalah sebagai berikut :

1. Bentuk Tubuh

bentuk tubuh lovebird
lovebirdcomunity.blogspot.com

Untuk bentuk tubuh dari lovebird juga bisa dijadikan tolak ukur dalam menentukan jenis kelamin burung lovebird. Sehingga biasanya lovebird jantan mempunyai postur tubuh yang tampak panjang dan lebih ramping.

Kalau dibandingkan dengan lovebird betina yang justru postur tubuhnya cenderung tampak terlihat bulat dan pendek.

2. Bentuk Paruh

bentuk paruh lovebird
gacorkanburung.blogspot.com

Jika bentuk paruh di bagian pangkal terlihat tumpul ataupun lebih rata, maka boleh dipastikan jika lovebird tersebut memang berjenis kelamin betina.

Namun, jika pada bagian pangkal paruh lovebird memang terlihat lancip, maka lovebird tersebut adalah berjenis kelamin jantan.

Sehingga biasanya ukuran paruh lovebird betina lebih besar dibandingkan yang jantan.

Hal tersebut, berguna dalam menampung makanan yang lebih banyak saat sang induk meloloh anaknya.

3. Bentuk Lubang Hidung

bentuk lubang hidung lovebird
gacorkanburung.blogspot.com

Untuk lubang hidung lovebird jantan dan betina juga memiliki perbedaan sekilas, yakni biasanya pada lovebird jantan memiliki lubang hidung yang berbentuk lonjong atau oval.

Sedangkan untuk lovebird betina yakni lubang hidungnya berbentuk bulat dan lebih besar.

4. Bentuk Lingkar Klep atau Kacamata

bentuk lingkar klep lovebird
lovebirdoke.blogspot.com

Selanjutnya untuk lingkar klep (kacamata) pada lovebird klep juga dapat dijadikan tolak ukur untuk membedakan lovebird jantan dan betina.

Biasanya pada lovebird jantan yakni lingkar kacamatanya berbentuk oval. Sedangkan untuk lovebird betina yakni memiliki bentuk yang bulat dan lebih tebal.

5. Bentuk Kepala

bentuk kepala lovebird
youtube.com

Jika dilihat dari bentuk kepalanya, maka lovebird jantan di bagian atas kepalanya berbentuk rata atau cepak.

Sedangkan untuk lovebird betina memiliki bentuk lebih bundar atau bulat serta ukurannya pun lebih besar jika dibandingkan dengan yang jantannya.

6. Bentuk Sayap

bentuk sayap lovebird
cae-corp.blogspot.com

Kalau untuk bentuk sayap sih bisa dilihat saat burung lovebird tengah dalam keadaan diam. Karena apabila sedang aktif bergerak, maka tentunya akan sulit dan kurang akurat dalam melakukan pengamatan.

Biasanya untuk lovebird jantan posisi di ujung sayap saling menyilang.

Sedangkan kalau untuk lovebird yang betina posisi ujung sayap sejajar atau lebih cenderung membuka.

7. Bentuk Ekor

bentuk ekor lovebird
nurdian.com

Biasanya bentuk dari ekor pada lovebird jantan memiliki bentuk yang lancip. Bisa dibilang membentuk seperti huruf V dari ujung hingga pangkal ekor.

Sedangkan untuk burung lovebird betina bentuk ekornya pada bagian ujung lebih melebar, sehingga membentuk seperti huruf U dari mulai ujung hingga ke pangkal ekornya.

8. Bentuk Tulang Pubis atau Supit Udang

bentuk tulang pubis lovebird
planetlovebird.blogspot.com

Dalam melihat tulang pubis (supit udang), lovebird mesti dipegang serta diraba melalui bagian supit udangnya.

Kalau untuk lovebird jantan sendiri memiliki supit udang yang jarak antar dua tulang pubisnya terasa sempit bila diraba dengan menggunakan jari telunjuk.

Kemudian kalau untuk lovebird yang betina sih, jarak antara dua tulang pubis lebih lebar, kira-kira besarnya seukuran dengan jari telunjuk orang dewasa.

9. Bentuk Kloaka atau Anus

bentuk kloaka lovebird
caragacor.com

Selanjutnya untuk bagian anus lovebird betina ini memiliki bentuk elip dan lebih lebar daripada jantannya. Kemudian untuk lovebird jantan bentuk anusnya lebih kecil mempunyai bentuk bulat yang seolah-olah terlihat seperti menonjol.

Bagaimana sudah jelas banget bukan terkait cara membedakan lovebird jantan dan betina secara fisik?

Supaya lebih jelas lagi, perhatikan juga tabel perbandingan dibawah ini.

PerbedaanLovebird JantanLovebird Betina
Tubuhpanjang dan lebih rampingbulat dan pendek
Paruhpangkal paruh terlihat lancipCenderung tumpul, melebar dan besar
lubang HidungBerbentuk lonjong atau ovalberbentuk bulat dan lebih besar
lingkar Klep / KacamataOval atau lonjongbulat dan lebih tebal
Kepalaberbentuk rata atau cepakbundar atau bulat serta ukurannya lebih besar
Sayapposisi di ujung sayap saling menyilangposisi ujung sayap sejajar atau lebih cenderung membuka
Ekorbentuk yang lancipbagian ujung lebih melebar, membentuk seperti huruf U
Tulang PubisJarak atau posisi  antar tulangnya menyempitJarak atau posisi antar tulangnya melebar
Tulang SupitTerasa lancip, rapat dan kerasTerasa lebih lunak dan elastis
KloakaMemiliki bentuk yang bulat, kecil dan menonjolMemiliki bentuk yang oval, lebar dan rata

Bagi Anda yang ingin beternak burung murai batu. Bisa juga simak pembahasan selanjutnya mengenai cara ternak murai batu.

2. Perbedaan Lovebird Jantan Dan Betina dari Tingkah Lakunya

Tentunya burung lovebird jantan dan betina mempunyai perilaku yang berbeda ketika sedang birahi.

Oleh karena itu berikut Genemil rangkum secara detail perbedaannya.

Cara membedakan jenis kelamin lovebird yang kedua adalah dengan cara kita mengamati berbagai bentuk tingkah lakunya. Baik itu ketika burung tersebut bertengger, saat birahi maupun dalam pembuatan sarangnya.

1. Cara Bertengger

cara bertengger cara membedakan lovebird jantan dan betina
lovebirdswarna.blogspot.com

Biasanya saat bertengger posisi atau jarak dari kedua kaki pada lovebird betina lebih melebar dari jantan. Sedangkan untuk lovebird jantan posisi ataupun jarak antar kedua kakinya cenderung lebih merapat daripada betina.

Hal tersebut karena disebabkan jarak antara tulang pubis lovebird jantan dan betina memiliki perbedaan.

2. Saat Birahi

saat birahi cara membedakan lovebird jantan dan betina
duniabinatang2.blogspot.com

Biasanya ketika birahi, lovebird jantan akan terus-menerus mendekati lovebird betina sambil manggut-manggut. Lalu lovebird jantan akan mondar-mandir sambil membunyikan suara kekekan satu dua ketukan untuk memanggil betinanya.

Terkadang burung lovebird jantan sampai gesek tangkringan apabila terjadi over birahi. Kemudian lovebird jantan akan berusaha menaiki tubuh dari burung lovebird betina.

Sementara untuk lovebird betina posisinya hanya diam saja sambil merentangkan kedua sayapnya.

Disamping itu, lovebird betina akan lebih agresif kemudian menggigit-gigit benda yang ada di sekitarnya.

3. Cara Membuat Sarang

membuat sarang cara membedakan lovebird jantan dan betina
youtube.com

Saat membuat sarang, lovebird betina paling aktif dalam membuat dan mengumpulkan bahan yang akan dipakai.

Kemudian untuk lovebird jantan hanya hanya mencari serutan kayu dan memberikannya kepada burung lovebird betina.

4. Suara Ngekeknya

suara ngekeknya cara membedakan lovebird jantan dan betina
ruanghobby.com

Burung lovebird sendiri merupakan salah satu burung yang cukup aktif dalam hal berbunyi. Saat berbunyi, suara yang dikeluarkan dari lovebird ini berupa suara ngekek.

Kemudian dari suara ini jugalah dapat dijadikan tolak ukur dalam membedakan lovebird jantan dan betina.

Untuk burung lovebird jantan, maka suara ngekeknya akan terdengar seperti pendek-pendek. Berbeda halnya dengan suara ngekek pada lovebird betina yang akan cenderung lebih panjang.

Bagaimana sudah jelas banget bukan terkait perbedaan lovebird jantan dengan betina tingkah lakunya?

Agar lebih jelas lagi, perhatikan juga tabel perbandingan dibawah ini.

PerbedaanTingkah Laku Lovebird JantanTingkah Laku Lovebird Betina
Cara BertenggerSering mondar-mandir dan melompati lovebird betinaDiam
Saat birahiBerusaha menaiki tubuh dari burung lovebird betinaHanya diam saja sambil merentangkan kedua sayapnya
Cara Membuat SarangPasif atau mengambil bahan sarangAktif atau mengambil dan membangun sarang
Suara NgekeknyaMemiliki satu ketukan suara (kek tek tek atau cit cit cit)Diam
KepalaSering manggut-manggutDiam
PerilakuHobi meloloh dan menaiki tubuh lovebird betinaMerunduk dan membuka sayap secara lebar-lebar
KebiasaanGesek-gesek tangkringanMenggigit benda-benda yang ada di sekitarnya

3. Perbedaan Lovebird Jantan Dan Betina Usia 2-3 Bulan

Untuk yang anakan burung lovebird saat masih berusia 2-3 bulan memang agak sulit dalam membedakannya.

Jadi, bagaimana sih cara membedakan lovebird di usia ini. Oke, untuk itu Anda cukup pelajari saja tabel di bawah ini.

PerbedaanAnakan Lovebird JantanAnakan Lovebird Betina
Tulang SupitLancip, keras dan lebih rapatTumpul dan lunak
Posisi SupitLebih tinggi daripada tulang iga bawahDibawah tulang iga bawah
KepalaDatarMelengkung atau cekung
LeherSimetrisLeher pendek atau bentek
ParuhPipihMelebar
Bentuk TubuhTerlihat rampingTerlihat lebih besar
Posisi BerdiriTegak dibagian dadaNdeprok dan mengangkang
Posisi BertenggerKaki terlihat merapatKaki terlihat melebar
PerilakuSuka cari perhatian, sering manggut-manggut kepala dan melolohDiam, minta diloloh dan sering mengangkat bahan sarang
KebiasaanAktif atau terbang kesana kemariPasif atau sering didalam glodok

4. Cara Membedakan Lovebird Klep Dan Non Klep

Berikut adalah beberapa cara membedakan burung lovebird klep dan non klep yang harus Anda ketahui sebelum memutuskan untuk sebagai peternak burung lovebird.

PerbedaanLovebird KlepLovebird Non Klep
Lingkaran MataTebal dan berwarna putihTipis/tidak ada dan berwarna putih
ParuhBerwarna merah atau kemerahanBerwarna kuning atau putih
SuaraNgekek panjang dan mudah gacorNgekeknya kurang panjang
Bentuk TubuhTampak kecilTerlihat lebih besar
Masa Bertelurselama 8-9 bulanselama 8-9 bulan
Variasi Warna BuluSedikit dan cerah (terlihat indah)Banyak (beragam warna) namun kusam

Untuk Anda yang mempunyai burung hantu, simak juga pembahasan selanjutnya mengenai makanan burung hantu.

5. Cara Membedakan Lovebird Jantan dan Betina dengan Bantuan Alat

Selanjutnya cara yang terakhir untuk membedakan antara lovebird jantan dan betina yakni dengan menggunakan bantuan alat tes, simak penjelasan berikut ini :

1. Melakukan Tes DNA (Tingkat Akurasi 100%)

tes dna cara membedakan lovebird jantan dan betina
planetlovebird.blogspot.com

Dengan melakukan tes DNA ini merupakan cara yang paling akurat dalam membedakan lovebird jantan dan betina dengan tingkat akurasi hingga 100%.

Biasanya dalam tes DNA ini adalah menggunakan bulu yang ada di bagian kloaka burung lovebird tersebut.

Sekarang ini telah banyak sekali jasa tes DNA dalam mengetes jenis kelamin daripada lovebird tersebut. Biasanya cara inipun digunakan terhadap jenis lovebird termahal saja, karena terbilang biayanya juga tidaklah murah.

2. Dengan Memakai Alat Pendulum (Jarum)

alat pendulum cara membedakan lovebird jantan dan betina
blogsexer.blogspot.com

Cara yang terakhir ini adalah dengan meletakan pendulum dari cincin logam, jarum, ataupun bandul tertentu yang kemudian digantungkan ke atas paruh atau kepala burung lovebird.

Apabila pendulum bergerak secara mengayun, bisa jadi kemungkinan besar lovebird itu berjenis kelamin jantan.

Akan tetapi, bila pendulum berputar maka boleh dipastikan bahwa lovebird tersebut berjenis kelamin betina.

Cara ini boleh diterapkan karena menurut beberapa survey setiap makhluk hidup memiliki medan magnet yang berbeda-beda antara jenis kelamin jantan dan betina.

Tutorial di atas merupakan cara membedakan lovebird jantan dan betina dewasa dan biasanya digunakan serta sangat mudah dalam penerapannya. Dengan bisa membedakan jenis kelamin ini adalah hal yang wajib diketahui saat Anda ingin beternak lovebird di rumah.

Untuk cara membedakan lovebird jantan dan betina usia 2 bulan juga hampir sama, terkecuali ketika burung lovebird tersebut sedang birahi. Karena pada lovebird usia 2 bulan belum bisa birahi dan masih kecil.

Demikianlah pembahasan yang dapat Genemil sampaikan tentang cara membedakan lovebird jantan dan betina. Semoga bisa menambah wawasan para pembaca sekalian.

Cukup sekian dan terima kasih!

Leave a Comment

three × 1 =