5 Ide Penghasilan Tambahan dari Internet

Sekarang ini, tuh harga-harga pada mahal. Duh, semua naik.

Mulai dari telur naik, daging ayam naik, BBM naik, pokoknya semua serba naik deh. Pusing? Pastinya sih, yah mau gimana lagi.

Untuk bisa mencukupi semua itu, tentunya kita harus pande-pande untuk cari penghasilan tambahan. Jadi nggak cuma mengandalkan gaji saja.

Memang sih ada penghasilan bulanan tapi nggak ada salahnya kalau nambah penghasilan lagi untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari sekaligus bisa buat tabungan.

Selain itu, juga buat beli sesuatu yang kita inginkan, kalau saya sih sukanya jajan cemilan gitu. πŸ˜‹

5 Ide Penghasilan Tambahan dari Internet

Zaman sekarang memang teknologi sudah serba canggih. Dimana akses internet saja sudah bisa dinikmati semua kalangan.

Dengan begitu ini juga bisa menjadi jalan buat kita untuk menambah penghasilan dengan kecanggihan teknologi.

Penasaran gimana cara memperoleh penghasilan tambahan di era yang serba digital ini?

Berikut ini adalah beberapa pilihan untuk mendapatkan penghasilan tambahan, diantaranya:

1. Jadi Seorang Freelancer

Jadi Seorang Freelancer
via pixabay.com

Dengan berkembangnya internet memungkinkan generasi muda mengakses informasi tentang apa saja. Nah, salah satunya adalah melalui media sosial.

Jadi teman-teman boleh banget nih mendaftarkan diri menjadi freelancer diberbagai situs seperti projects.co.id, sribulancer dan situs lainnya yang merupakan situs job freelance.

Sebab disana ada banyak sekali lowongan, sesuaikan dengan keahlian kita loh Sobat Genemils.

Selain itu, bisa memperoleh kesempatan untuk memperluas relasi dengan klien atau para profesional lainnya.

Siapa tahu jalan ini bisa membuka banyak peluang yang menguntungkan untuk diri kita, ya kan?

Dulu saya pernah juga register di projects.co.id, dimana saya coba-coba scrolling beberapa project sesuai passion yakni menulis artikel.

Nah, ternyata ada banyak project yang cocok untuk saya dan langsung mencoba apply. Namun, beberapa kali mencoba, ternyata gagal.

Saya selalu dapat Email dari Projects.co.id yang mengatakan bahwa project tersebut sudah diisi oleh worker lain, alias saya ditolak.

Kemudian akhirnya saya coba lagi bikin bid yang menarik untuk calon owner.

Dengan membaca tips yang diberikan oleh Projects.co.id, lalu merangkai kata-kata sendiri. Hingga akhirnya bid yang saya buat cukup ampuh sehingga menarik hati sang owner.

Untuk isi bid pertama yang jelas adalah memperkenalkan diri dulu, sebutkan saja saya siapa, berprofesi sebagai apa dan memiliki skill apa aja. Kemudian disambungkan dengan project yang diminta oleh si owner tersebut.

Ada baiknya sambungkan skill kita dengan project yang owner minta. Bilang aja kalau kita bisa berikan solusi melalui skill yang kita punya.

Selanjutnya jelaskan juga bagaimana cara kita menyelesaikan project tersebut.

Sebisa mungkin kita beri garansi juga, seperti garansi revisi beberapa kali. Jadi, intinya jangan pernah nge-bid asal dengan mengatakan, “Saya bersedia mengerjakan projek ini”. Sudah begitu saja, selesai.

Hal ini tentunya membuat si owner nggak bakal percaya dengan kita kan? sebab isi bid kita aja nggak jelas.

Pernah sesekali saya coba pasang project sebagai owner di Projects.co.id. Kemudian sempat agak kesal juga karena banyak banget worker yang membuat bid seperti yang tadi. πŸ˜‚

Maka perlu kita ingat bahwa setiap owner punya karakter yang berbeda-beda. Oleh karena itu, sesuaikan saja dengan permintaan pada project yang mereka bikin.

2. Menulis Artikel di Blog

Menulis Artikel di Blog
via pexels.com

Beruntung banget nih, untuk yang suka nulis blog, sebab dengan ini kita dapat memanfaatkan situs blogging untuk share banyak informasi atau tips-tips tertentu.

Ternyata menulis artikel di blog itu bisa hasilkan cuan loh sobat Genemils. Asik kan jika hobi yang dibayar, apalagi kalau artikel yang kita tulis tersebut bisa mendatangkan banyak audience.

Dimana kita bisa mulai dengan mempromosikan berbagai produk di dalam blog. Hal ini supaya semakin banyak orang yang mengunjungi blog dan membaca tulisan kita.

Terpenting harus bisa konsisten yah. 😊

Selain promosi produk, kita juga bisa dapat cuan dengan melakukan content placement contohnya di blog ini saya pernah mendapatkan tawaran via Email bahwasanya ada orang yang ingin melakukan backlink untuk website bisnisnya. Yakni jasa desain rumah.

Kebetulan blog ini juga sudah memiliki authority yang bagus, hehe.

Berikut ini adalah contoh project yang saya kerjakan pada saat itu, lumayan lah buat jajan tambahan yakni dengan tarif 200rb per post.

Cara Memilih Jasa Desain Rumah Supaya Cepat dan Memuaskan

Selain itu, juga sering dapat orderan backlink melalui situs jual beli backlink di rajabacklink.com. Gimana, cukup menggiurkan bukan?

Adapun niche blog yang dikembangkan saat ini adalah di bidang edukasi masih gado-gado sih masih bebas mau nulis apa aja yang penting masih bermanfaat, yakni di blog Genemil.com ini.

Nah, di blog satunya lagi barulah membahas niche yang lebih spesifik lagi yakni seputar teknologi. Untuk blog nya belum bisa di spill ya, soalnya masih dirahasiakan. πŸ˜…

Harapan saya kedepannya adalah untuk terus belajar dan tetap konsisten. Mimpi saya adalah dapat menginspirasi banyak orang dengan hal-hal positif sambil terus mempersiapkan diri untuk kedepannya.

Dengan membangun komunikasi yang baik dan banyak membaca guna mendapat wawasan baru. Selain itu, membangun jaringan yang luas juga hal yang penting dalam menjadlin sarana belajar, kolaborasi maupun promosi.

Saya #BanggaJadiBlogger, akhirnya bisa menemukan kedamaian dalam menulis, Iya kan? karena menurut saya menulis itu asyik.

Apalagi jika ditemani oleh secangkir kopi sambil mendengar suara hujan atau saat mendengar musik instrumen nan merdu. Nah, disitulah qalbu terasa menguap dan suasananya yang bikin rindu. 😎

Pernah Belajar di Pesantren Sintesa

wisuda-sintesa
Sesi foto bareng Mas Vatih saat Wisuda Santri 2022

Pondok pesantren Sintesa, tidak seperti kebanyakan pesantren pada umumnya. Pesantren ini nggak cuma mengajarkan ilmu agama saja, tapi juga mengajarkan bisnis online seperti membuat Website, Internet Marketing dan SEO.

Foundernya adalah Mas Vatih, seorang Hafidz (Hafal Qur’an) yang nggak cuma ngerti Agama saja, tapi juga Tech-savvy dan seorang Gamer juga lho.

Di Sintesa lah saya diajarkan gimana caranya mengubah hobi dan ilmu yang saya miliki menjadi penghasilan pasif. Disana lah awalnya blog https://genemil.com/about/Β ini tercipta.

Beberapa bulan pertama kita diajarkan gimana caranya bikin konten website agar dikunjungi banyak orang yang namanya SEO.

Kata Mas Vatih, terkadang tergantung rezeki, ada yang sudah berusaha sekuat mungkin menerapkan apa yang telah dipelajari, namun kontennya belum juga tampil di halaman pertama Google.

Begitu pula sebaliknya, ada yang baru usaha sedikit kontennya sudah langsung di halaman pertama dan sudah memiliki banyak visitor.

3. Menjadi Reseller

Menjadi Reseller
via freepik.com

Jadi reseller juga lumayan loh, karena menjadi seorang reseller itu penghasilan tambahannya juga lumayan apalagi jika penjualannya banyak.

Untuk menjadi reseller ini maka kita pastikan jika produk atau layanan yang kita berikan memiliki kualitas yang bagus dan penjualnya pun terpercaya.

Salah satu bisnis yang fokus saya jalankan saat ini adalah layanan agen travel door to door yang melayani jurusan dari arah Ibu Kota menuju beberapa kota di pulau Jawa.

Dimana situs resminya adalah https://genemiltrans.com.

4. Affiliate Marketing

Affiliate Marketing
via freepik.com

Affiliate Marketing adalah sistem bisnis online yakni membantu menjualkan produk atau jasa orang lain tanpa syarat apapun.

Disini kita hanya diwajibkan untuk mendaftar, jadi nggak perlu membeli atau memiliki produk atau jasa yang akan kita tawarkan.

Dimana komisi affiliate ini juga nggak sebesar komisi reseller.

Sebagai contoh yang sedang trend saat ini adalah aplikasi tontonan video yakni Tiktok.

Dimana dengan adanya tiktok affiliate ini membuka kesempatan buat saya sebagai kreator untuk membantu penjual dalam memasarkan produknya. Tentunya dapat komisi mulai dari 5-20% lumayan kan. πŸ€‘

Saat ini saya aktif di program tiktok affiliate tersebut. Alhamdulillah bisa dapat penghasilan tambahan, doain semoga bisa epyepe terus ya sobat Genemils. πŸ™πŸ˜Š

5. Jadi Content Creator

Jadi Content Creator
via unsplash.com

Media Sosial saat ini banyak menyajikan berbagai fitur menarik dan bisa membuat kita berkesempatan untuk menjadi content creator.

Karena dengan membagikan konten-konten yang informatif atau konten hiburan sekarang bisa mendapatkan cuan tambahan, kan asik yah.

Nah, itulah 5 ide penghasilan tambahan dari Internet yang dapat Genemils share kali ini. Mudah-mudahan artikel sederhana ini bisa jadi inspirasi ya Sobatku. πŸ™πŸ˜Š

Yuk lebih kreatif lagi agar bisa membuat konten yang bagus dan mendatangkan penghasilan tambahan.

4 thoughts on “5 Ide Penghasilan Tambahan dari Internet”

  1. Kelima ide ini pas kali buat EmakΒ² kayak awa yang di rumah aja ngurusin serba-serbi kehidupan untuk masa depan yang cemerlang. Hehe. Alhamdulillah, nomor 2 dan 3 lagi dijalankan sampe hari ini. Tapi, untuk nomor 2 bisa jugalah, ya, bang, nulis diplatform lain selain nge-blog. Hehe.

    Reply

Leave a Comment

two × one =