Sejarah Sepak Bola Dunia

Sejarah Sepak Bola Dunia Siapa sih yang tidak mengenal olahraga sepak bola?

Yaps, olahraga yang satu ini kerap kali dijuluki sebagai cabang olahraga paling populer di dunia.

Hampir semua negara di dunia memiliki klub sepak bola nasional. Lengkap juga dengan struktur liga dan sistem pertandingan yang mapan apapun negaranya dan di mana pun berada.

Seakan-akan olahraga ini menjadi bahasa universal yang dapat dimengerti oleh semua orang secara luas. Sehingga tidak berlebihan bila dikatakan bahwa sepak bola menjadi olahraga pemersatu manusia.

Hal ini tentunya terlihat jelas di dalam Asian Games lalu, saat seluruh fans sepak bola Indonesia lebih mengesampingkan identitas fans klub idolanya masing-masing dalam mendukung klub bangsanya sendiri.

Menurut sejarah sepak bola dunia merupakan permainan bola yang dimainkan oleh 2 tim yang berlawanan yang masing-masing timnya adalah beranggotakan 11 orang.

Karena saking terkenalnya, olahraga ini sudah dimainkan di 200 negara dengan berbagai jenis kejuaraan yang dipimpin oleh FIFA. Pada permainan sepak bola, tujuan utamanya yaitu mencetak gol dengan sebanyak-banyaknya.

Untuk bola yang digunakan adalah berukuran 27-28 inch. Kemudian lapangan yang digunakan dalam permainan ini memiliki panjang 100-300 yard dan lebar 50-100 yard.

Pada bagian ujung lapangannya, terdapat gawang sebagai tempat untuk mencetak gol dengan dibatasi oleh jaring yang berukuran tinggi 8 kaki dan lebar 24 kaki.

Pengertian Sepak Bola

pengertian sepak bola
freepik.com

Adapun pengertian sepak bola menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) adalah permainan bertim di lapangan, dengan menggunakan sebuah bola dari dua tim yang berlawanan.

Dimana masing-masing tim terdiri dari 11 pemain, yang berlangsung selama 2 x 45 menit.Untuk kemenangannya ditentukan oleh selisih gol yang masuk ke gawang musuh.

Dalam permainan sepak bola, ada juga beberapa posisi dari setiap pemain. Yakni mulai dari kiper (penjaga gawang), bek (pemain belakang), gelandang (pemain tengah), dan striker (pemain depan). Setiap posisi pemainnya mempunyai tugasnya tersendiri.

Selain itu, ada juga pelatih atau manajer yang bertugas menyusun dalam taktik dan strategi bagi kemenangan tim.

Sepak bola modern juga berkembang menjadi permainan yang cukup banyak dimainkan, termasuk pula di Tanah Air kita yakni Indonesia.

Dengan menonton pertandingan sepak bola tentunya ini menjadi salah satu tontonan dan hiburan paling banyak digemari semua orang.

Akan tetapi, terdapat sejarah panjang dari mulai sepak bola dunia ditemukan sampai menjadi olahraga yang populer hingga saat ini.

Yuk, pelajari juga pembahasan selanjutnya mengenai sejarah lompat jauh secara lengkap!

Sejarah Permainan Sepak Bola Kuno

sejarah permainan sepak bola kuno
satujam.com

Dari catatan sejarah sepak bola dunia, olahraga ini telah ada sejak ribuan tahun yang lalu. Dimana permainan awalnya adalah untuk merayakan kemenangan, meningkatkan kemampuan fisik para prajurit perang, hingga mengisi waktu senggang.

Perubahan bentuk permainan beregu dengan cara melakukan tendangan pada tengkorak kepala manusia, sampai menjadi benda yang dalam bentuk relatif bulat dari lambung hewan.

Hingga akhirnya benda bulat yang terbuat dari usus atau kulit hewan bahan sintetis yang lebih ringan.

Menurut Herwin (2004), sejarah sepak bola kuno ini dimulai sejak 3000 tahun SM. Hal ini didasarkan oleh penyelidikan dan bukti-bukti dokumenter militer.

Sudah ada dan dikenal di Tiongkok dengan nama Tsu Chu, dengan dimainkan oleh 2 tim dengan bergantian menendang benda bulat tersebut menuju ke jaring.

Permainan sama juga dimainkan di Yunani kuno, yang dilakukan oleh pemain usia muda terdidik dan dikelompokkan di bawah pemain berbakat, yang dikenal sebagai episkyros.

Dimana pertandingan ini dilaksanakan dengan menonjolkan kekuatan tenaga, kemahiran, dan semangat juang yang tinggi. Di masa Romawi dikenal dengan istilah Harpastum, yang tujuannya pun hampir sama dengan Episkyros.

Kemudian pada abad ke-11 di Inggris, bola dibuat berbentuk bulat dengan menggunakan usus lembu. Pada abad ke-12 dimainkan dengan masing-masing tim berjumlah 500 orang yang letak gawangnya berjarak 3 sampai 4 km.

Permainan tersebut dilakukan di jalan-jalan yang mengakibatkan banyak terjadi kerusakan, kecelakaan, dan bahkan kematian.

Kemudian di tahun 1389 permainan ini dilarang oleh Raja Richard II, dan hingga berikutnya dilarang oleh Raja Henry IV.

Itulah gambaran tentang permainan sepak bola kuno yang terekam oleh sejarah.

Untuk sekarang ini diketahui bahwa permainan sepak bola awalnya datang dari Tiongkok, hingga kemudian akhirnya menyebar ke Yunani, Romawi dan Inggris.

Nah, seperti itulah sejarah asal-usul dari permainan sepak bola kuno tersebut.

Sejarah Sepak Bola Modern

Permainan olahraga sepak bola modern pertama kali dicetuskan di Inggris, yakni Pada tahun 1846. Perkumpulan di sekolah-sekolah dan universitas membuat peraturan sepak bola.

Untuk pertama kalinya adalah di Universitas Cambridge, Inggris dengan terdiri dari 11 pasal peraturan.

Hingga kemudian dikenal sebagai nama Cambridge Rules of Football.

Berikutnya pada tanggal 22 Mei 1904, FIFA (Federation Internationale de Football Association) didirikan berdasarkan inisiatif dari Robert Guirin asal Perancis.

Dengan beranggotakan 7 negara, yakni Belgia, Denmark, Belanda, Prancis, Spanyol, Swedia dan Swiss.

Pada permainan sepak bola mengalami peralihan dan perubahan secara signifikan setelah beberapa abad ditemukannya jenis olahraga ini.

Negara asal permainan sepak bola, seperti Inggris menunjukkan perkembangan yang lumayan ketat dalam bersaing dengan Negara Eropa lainnya dan Benua Amerika Latin.

Sehingga termasuk juga di dalamnya pembinaan sepak bola di Asia, seperti China, Jepang, Korea, Timur Tengah, Arab Saudi, Iran.

Untuk Asia Tenggara seperti Indonesia, dan Vietnam hingga terus mengikuti perkembangan dalam pembinaan sepak bola modern.

Sejarah Sepak Bola di Dunia

Setelah permainan sepak bola dikenal luas di seluruh Benua Eropa. Dunia sepak bola kini mulai mengalami perkembangan yang sangat pesat. Sukses dan populer dari kalangan pelajar sekolah maupun universitas.

Sehingga muncul inisiatif dalam membuat sistem liga profesional hingga berkelanjutan.

Dimana inisiatif ini juga diiringi oleh pengenalan berbagai regulasi dalam membuat permainan menjadi lebih kompetitif dan tentunya menarik untuk ditonton.

Disamping itu, juga banyak perusahaan yang kini mulai memproduksi berbagai perlengkapan sepak bola, seperti Sepatu bola, kostum bola, jersey bola dan lain sebagainya.

Penyebaran Sepak Bola oleh Pedagang, Pelaut dan Tentara

Setelah sukses dalam menorehkan sejarah dengan Inggris, sepak bola juga mulai dibawa oleh para pedagang, pelaut, dan tentara inggris ke seluruh dunia.

Pada awalnya, sepak bola mulai digandrungi di negara-negara Eropa seperti Jerman, Prancis, Spanyol, dan Italia. Kemudian barulah sepak bola menyebar hingga penjuru dunia, dan terutama dari koloni-koloni Inggris yang tersebar di seluruh benua.

Sejarah Induk Organisasi Sepak Bola Dunia

sejarah fifa
pixabay.com

FIFA (Federation Internationale de Football Association) adalah sebuah Induk organisasi sepak bola Internasional yang didirikan di Perancis di tahun 1904. FIFA ini sendiri memiliki slogan “For The Game For The World”.

Selain itu, FIFA juga mempromosikan sepak bola, mengatur transfer pemain antar tim, hingga memberikan gelar bergengsi bagi pemain terbaik dunia.

Juga menerbitkan daftar peringkat dunia FIFA di setiap bulannya.

Hingga saat ini ada 209 negara di dunia yang telah tergabung ke dalam FIFA dan Markasnya terletak di Zurich, Swiss.

Kompetisi yang penting diadakan oleh FIFA yakni pertandingan sepak bola seantero dunia, dan biasanya kita sebut sebagai piala dunia.

Kini FIFA melebarkan sayapnya dengan mendirikan beberapa badan Asosiasi regional yang terletak di beberapa negara seperti :

  • UEFA (Union of European Football Associations) pada tahun 1954 dengan beranggotakan 53 dari Benua Eropa.
  • CAF (Confederation Africaine de Football) pada tahun 1957 dengan beranggotakan 55 yang dinaungi oleh negara-negara Afrika.
  • AFC (Asian Football Confederation) yang didirikan pada tahun 1954 dengan beranggotakan 46 anggota dengan dinaungi oleh negara-negara Asia.
  • CONMEBOL (Confederación Sudamericana de Fútbol) yang di dirikan pada tahun 1916 dengan beranggotakan 10 anggota yang dinaungi oleh negara Amerika Selatan.
  • CONCACAF (Confederation of North, Central American and Caribbean Association Football) yang didirikan pada tahun 1961 dan memiliki beranggotakan 40 anggota dengan dinaungi oleh Amerika Utara, Tengah, Karibia.
  • (OFC) Oceania Football Confederation yang didirikan pada tahun 1966 11 anggota + 6 rekan yang menaungi negara-negara di Oseania.

Sejarah Sepak Bola di Indonesia

sejarah sepak bola di Indonesia
bukalapak.com

Sepak bola mulai masuk ke Indonesia sejak masa penjajahan Belanda di akhir abad 19. Dimana masyarakat Belanda sedang menggandrungi olahraga yang relatif baru saat itu.

Tak heran jika mereka membawa animo terhadap sepak  bola tersebut ke Hindia Belanda.

Atas antusiasme tersebut, sehingga kemudian menjangkit tak hanya para kolonis Belanda, melainkan juga para pribumi.

Berdirinya PSSI dan Kompetisi di Indonesia

Di tahun 1930, diresmikan badan otoritas yang mengatur sepak bola di Indonesia. Badan ini dinamakan sebagai Persatuan Sepakbola Seluruh Indonesia (PSSI).

Sejak saat itu, semakin banyak masyarakat yang mulai bermain olahraga ini.

Hingga akhirnya diselenggarakanlah kompetisi I Perserikatan. Beberapa dari klub besar berdiri di masa-masa awal ini, yang sampai sekarang masih menjadi klub dominan Indonesia.

Adapun beberapa klub tersebut di antaranya seperti Persija Jakarta, Persib Bandung dan Persebaya Surabaya.

Dalam perkembangannya tersebut, memang Timnas (Tim Nasional) Indonesia di bawah naungan PSSI belum sempat meninggalkan jejaknya dalam taraf World Cup (Piala Dunia).

Sekarang ini, kompetisi nasional yang berlaku adalah Liga 1 pada liga tingkat tertinggi serta Liga 2 dan Liga 3 sebagai degradasi liga di bawahnya.

Selain olahraga sepak bola, simak juga pembahasan bola besar berikutnya mengenai sejarah bola voli di dunia dan Indonesia!

Manfaat Bermain Sepak Bola

Sepak bola merupakan olahraga yang menggerakan seluruh bagian tubuh dan tentunya mempunyai manfaat yang sangat baik bagi tubuh Anda.

Bila Anda tidak mengetahui apa saja manfaat yang dapat Anda peroleh dari bermain sepak bola.

Yuk disimak penjelasannya berikut ini!

1. Sepak bola dapat meningkatkan kekuatan otot

Dengan berlari dan menendang bola tentunya sudah menjadi resep yang sangat ampuh dalam melatih kekuatan otot. Karena semakin banyak Anda berlari dan menendang bola, maka akan semakin kuat pula otot yang Anda miliki.

Tidak hanya ketika berlari dan menendang bola saja, saat Anda melompat juga mempunyai dampak yang baik bagi kesehatan otot Anda.

Selain itu, otot perut dan paha akan semakin terlatih apabila Anda rutin dalam melakukan olahraga sepak bola.

2. Sepak bola menjadi latihan kardio yang baik

Ketika bermain sepak bola tentunya Anda akan berlari dengan jarak yang lumayan jauh. Apabila di total, dalam sekali permainan sepak bola, Anda dapat menempuh jarak sekitar 5-10 km.

Dengan semakin banyak Anda berlari, maka semakin baik bagi kesehatan jantung. Oleh karena itu, dengan bermain sepak bola secara rutin akan dapat menggantikan olahraga kardio Anda.

3. Dapat melatih koordinasi tubuh

Siapa yang tidak menyangka, bahwasanya ternyata olahraga sepak bola sangat berguna dalam melatih Anda memerintahkan otot-otot pada tubuh. Dengan melakukan olahraga sepak bola secara rutin bisa menjadikan Anda lebih lihai dalam memerintahkan tubuh.

Otak Anda juga akan semakin terbiasa dalam memberikan respon terhadap seluruh tubuh, karena dengan sepak bola memerlukan pengambilan keputusan yang cepat saat di tengah pertandingan.

4. Bisa melatih kekuatan tulang

Ketika bermain sepak bola, Anda akan wajib berdiri, berjalan, dan terus berlari di sepanjang pertandingan berlangsung. Hal tersebut nyatanya mempunyai dampak yang sangat baik bagi tulang Anda.

Sebab tulang akan terus menerus menahan bobot tubuh Anda selama pertandingan tersebut berlangsung.

Semakin lama berdiri akan menjadikan tulang-tulang Anda bertambah kuat dan tentunya juga menambah massa tulang.

Hal ini yang akan dapat menahan tulang Anda tidak keropos ketika lanjut usia nantinya.

5. Meningkatkan kepercayaan diri

Apabila Anda merasa tubuh bugar maka akan secara tidak langsung hal tersebut dapat meningkatkan ke PD-an (kepercayaan diri Anda). Dengan kepercayaan diri inilah yang tentunya akan sangat bermanfaat bagi Anda dalam melakukan aktivitas sehari-hari.

Olahraga sepak bola juga memiliki keunggulan dalam melawan depresi yang berlebihan. Dari beberapa studi juga menjelaskan bahwasanya, dengan melakukan olahraga yang beragam.

Termasuk seperti sepak bola, akan dapat menjadi penyembuhan yang baik bagi orang-orang yang memiliki masalah mental.

Demikianlah beberapa ringkasan sejarah sepak bola di dunia dan di Indonesia yang dapat Genemil sampaikan. Semoga sejarah singkat ini bisa menambah wawasan ilmu pengetahuan Anda seputar olahraga.

Cukup sekian dan terima kasih!

Leave a Comment

ten + 8 =