Cara Menghilangkan Kutu Anjing

Saat anjing memiliki kutu, ada beberapa cara menghilangkan kutu anjing yang biasanya membantu untuk mengurangi penyebaran kutu. Salah satunya adalah dengan membersihkan kandang anjing dengan tepat. 

Seperti penyakit menular pada hewan lainnya, kandang menjadi tempat penularan yang paling besar, oleh karena itu membersihkan kandang anjing juga sangat penting pada saat perawatan kutu. 

Cara Membersihkan Kandang Anjing Untuk Mencegah Kutu Kembali

Anjing yang berkutu biasanya sering menggaruk badan. Nah, sisa-sisa bulu yang terjauh di lantai atau kandang harus dibersihkan, karena bulu-bulu tersebut masih memiliki kotoran atau telur kutu yang masih menempel. 

Sehingga, agar kutu tidak kembali menjangkit anjing maka membersihkan kandang atau sekitar rumah sangatlah penting. 

Jika perlu, jemur tempat tidur anjing di bawah sinar matahari untuk menghilangkan kutu yang terjatuh di kasur anjing. Kemudian bersihkan mainan anjing dengan air hangat, agar terhindar dari sisa bulu anjing. 

Untuk perawatan pada rumah, cuci sprei serta sarung bantal dan guling dengan air panas, gunakan vacuum cleaner untuk membersihkan karpet di rumah. 

Jika memiliki anjing lain, pastikan anjing yang mencampur anjing-anjing dalam satu kandang karena kutu dapat menular dengan sangat cepat.

Memberi obat NexGard pada anjing juga salah satu cara menghilangkan kutu anjing yang tepat. NexGard mudah dikunyah oleh anjing. Pemberian NexGard pada anjing bisa dilakukan satu bulan sekali dan dapat diulangi jika masih dalam masa perawatan kutu.

Leave a Comment

18 + fourteen =