Kerajinan dari Jerami

Limbah padi atau biasa kita kenal sebagai jerami ini ternyata boleh dimanfaatkan untuk bahan dasar kerajinan dari jerami yang sangat unik dan artistik.

Dapat dikatakan produk kerajinan dari limbah jerami sebetulnya masih tergolong langka, sehingga cukup berpotensi untuk bisa dikembangkan.

Nah, bagi masyarakat yang tinggal dekat dengan area persawahan atau pasar, tentu saja nggak bakal kesulitan mencari limbah jerami serta tidak harus mengeluarkan biaya yang banyak.

Saat ini sudah mulai banyak orang mulai menyenangi produk kerajinan dari bahan jerami, selain menarik juga ramah terhadap lingkungan.

Boleh dibilang bahwa peluang usaha dari limbah jerami ini cukup menjanjikan.

Dengan adanya ketersediaan jerami yang melimpah serta masih belum banyak yang mengolahnya sebagai kerajinan yang bisa menjadi salah satu peluang usaha kerajinan tangan.

Disamping itu, kerajinan ini juga belum banyak yang menggelutinya, sehingga sangat bagus sebagai salah satu peluang bisnis kerajinan.

Apa itu Limbah Jerami?

limbah jerami
freepik.com

Batang padi atau yang lebih akrab kita kenal sebagai jerami ini adalah limbah pertanian yang banyak didapat di area persawahan. Apalagi pada saat masa panen padi tiba tentunya.

Jerami selama ini biasa digunakan untuk makanan ternak dan media tanam jamur merang.

Meski begitu jerami yang ada masih berlimpah juga harus dibakar. Hal ini dimanfaatkan oleh petani sebagai bahan bakar ketika pembakaran batu bata maupun genteng yang dilakukan di wilayah persawahan.

Bagi pedagang telur dan buah, jerami juga bisa dijadikan sebagai alas, supaya barang dagangan mereka tersebut tidak mudah rusak karena goncangan.

Petani biasanya hanya menumpuknya di pinggiran sawah dan dibiarkan hingga membusuk, agar bisa dipakai sebagai pupuk tanaman lainnya.

Artikel terkait : kerajinan kain perca.

Manfaat Jerami Sebagai Kerajinan

Sekilas tadi sudah kita bahas di atas, jerami padi ini mempunyai banyak sekali kegunaan.

Jadi, nggak hanya sebagai benda kerajinan saja, melainkan sebagai pendukung dalam aktivitas kehidupan sehari-hari.

Disamping itu, jerami yang pantas dijadikan sebagai kerajinan juga memberikan manfaatnya tersendiri.

Berikut ini adalah beberapa manfaat dari kerajinan jerami yang dapat Anda pelajari, diantaranya :

1. Sumber Penghasilan

Sebagian besar peralatan rumah tangga mempunyai bahan dasar jerami, hal inilah yang menjadikan minat jerami di Indonesia lumayan tinggi.

Dengan keadaan seperti ini, Anda dapat menjadikan kerajinan jerami sebagai ladang bisnis.

Walaupun saat ini telah banyak sekali peralatan rumah tangga modern. Akan tetapi, untuk di wilayah pedesaan Anda dapat memanfaatkan jerami untuk dijual lagi.

2. Melestarikan Lingkungan

Meski limbah organik, jika hanya dibiarkan saja menumpuk tanpa dipergunakan, tentu jerami akan merusak pemandangan kebersihan lingkungan sekitar.

Itu sebabnya kenapa banyak orang yang mempunyai sawah tersebut dituntut agar punya pengetahuan mengenai pengelolaan jerami itu sendiri.

3. Menambah Wawasan

Dengan kita belajar membudidayakan jerami untuk bahan kerajinan, maka secara nggak langsung Anda telah memperoleh pengetahuan wawasan mengenai pemakaian jerami dan teknik kerajinan itu sendiri.

Nggak bisa dipungkiri bahwa di era modern ini, banyak orang yang tidak mempunyai pengetahuan mengenai jerami dan fungsinya yang luar biasa tersebut.

Jadi alhasil, jerami cuman bisa menjadi sampah atau limbah yang hal ini justru akan memperburuk lingkungan alam sekitar.

4. Sebagai Ajang Pengenalan Potensi Lokal

Tidak selalu saja menjadi bentuk benda tradisional, melainkan bahan jerami yang dijadikan sebagai kerajinan juga dapat menghasilkan produk modern yang unik.

Melalui keunikannya tersebut, maka banyak warga mancanegara kian mulai tertarik membeli souvenir kerajinan jerami ini.

Dari banyaknya mancanegara yang berminat dengan produk ini, tentu Anda boleh sekaligus memperkenalkan budaya maupun potensi Indonesia dalam kancah internasional.

Nah, ketika potensi ini telah dikenal melalui lingkup yang lebih luas, maka bukan tidak mungkin hal ini bisa membuat ekonomi Indonesia menjadi lebih maju lagi.

5. Hemat Pengeluaran

Hal ini nggak cuman berlaku buat para pembeli hasil produk kerajinan jerami saja. Akan tetapi, juga untuk penjual kerajinan itu sendiri.

Dengan memakai bahan dasar limbah organik, hal ini akan menghemat modal dari penjual pengrajin tangan yang harus dikeluarkan.

Begitu juga untuk pembeli kerajinan, biasanya kerajinan yang dibikin dari limbah organik ini memang dijual dengan harga murah.

Maka nggak heran apabila benda kerajinan dari jerami masih banyak dijumpai di daerah pedesaan.

Walaupun begitu, hasil kerajinan dari bahan jerami juga boleh saja punya nilai tinggi apabila hasil yang dijual itu adalah kerajinan unik atau langka.

6. Dapat Memenuhi Kebutuhan Alat Harian

Sudah dijelaskan sebelumnya bahwa jerami mempunyai nilai fungsi yang sangat baik.

Dengan menggunakan bahan organik, seringkali jerami juga dijadikan sebagai bahan pembuatan alat-alat kebutuhan harian.

Maka dari itu, kerajinan jerami nggak cuman bernilai seni saja, melainkan juga bernilai terapan.

7. Mengurangi Pengangguran

Tak dapat disangkal bahwa di Indonesia masih terdapat banyak sekali pengangguran.

Sehingga boleh dikatakan pengangguran ini tidak mempunyai potensi yang mendukung, menjadikannya tidak ada pekerjaan yang bisa dikerjakan.

Nah, dengan kita membudidayakan kerajinan jerami, tentunya pengangguran yang tadinya tidak mengerjakan apa-apa kini bisa lebih berkreasi untuk membuat hal unik baru dari bahan jerami.

Maka secara nggak langsung, kebiasaan membikin kerajinan dari jerami ini bisa memberikan potensi maupun wawasan tersendiri untuk para pengangguran.

Simak juga artikel selanjutnya mengenai kerajinan limbah kertas.

Contoh Kerajinan dari limbah jerami

1. Kerajinan Tempat Pensil dari Jerami

Ternyata untuk pembuatan tempat pensil ini sendiri juga dapat dilakukan dengan memanfaatkan bahan jerami lho Sobat!

Hanya saja untuk hal ini Anda akan memerlukan alat dan bahan agak sedikit lebih banyak untuk membuat sebuah tempat pensil.

Nah untuk Anda yang penasaran, berikut ini adalah cara pembuatannya.

Alat dan bahan :

  • Tempat bekas shuttlecock
  • Kertas koran dan kertas karton
  • Jerami dan kulit jagung
  • Lem perekat
  • Gunting atau cutter
  • Cat warna

Cara pembuatannya :

  • Siapkan jerami kering yang akan ditempel ke permukaan shuttlecock untuk tempat pensilnya. Lalu potong jerami hingga sama panjang atau sesuaikan dengan ukuran shuttlecock tempat pensil tadi.
  • Setelah itu, siapkan shuttlecock dan potong menjadi bentuk tempat pensil yang sesuai dengan keinginan Anda.
  • Kemudian tempelkan seluruh jerami yang telah dipotong hingga sama panjang memakai lem tembak. Lalu tempelkan dengan mengeliling ke semua sisi shuttlecock sampai penuh.
  • Berikutnya potong kertas karton menjadi bentuk persegi atau memanjang untuk alas tempat pensilnya. Anda dapat melapisinya dengan kertas koran supaya lebih tebal.
  • Selanjutnya buat pelintiran dari kertas koran. Bikin dua bagian shuttlecock, yakni bagian atas dan bawah.
  • Lalu tempel pelintiran tersebut pada permukaan jerami yang sudah melapisi shuttlecock. Anda lakukan ini layaknya koran mengikat di bagian atas dan bawah shuttlecock.
  • Setelah itu, buatlah pernak-perniknya dari kulit jagung kering. Anda dapat bisa membikin bentuk kelopak bunga dari kulit jagung. Kemudian susun menjadi bentuk seperti bunga. Lalu tempel di bagian depan tempat pensil.
  • Langkah terakhir Anda bisa beri warna tempat pensil yang telah jadi tersebut supaya terlihat lebih manis.
  • Jadi deh, kini tempat pensil sudah siap digunakan.

2. Kerajinan Miniatur Pohon Kelapa dari Jerami

Sobatku sekalian limbah dari tanaman padi yang satu ini ternyata bisa dimanfaatkan untuk bahan miniatur juga lho. Salah satu miniatur yang sering dipakai dari bahan jerami ini yaitu miniatur pohon kelapa.

Untuk cara pembuatannya pun cukup mudah, berikut ini adalah beberapa cara diantaranya :

Alat dan bahan :

  • Jerami bersih
  • pelepah pisang
  • Lem
  • Gunting
  • Lilin

Cara pembuatannya :

  • Langkah pertama yang harus Anda lakukan yaitu dengan menyalakan lilin. Kemudian lengkungkan jerami dan bakar sedikit di bagian lengkungannya.
  • Setelah itu, ambil lagi beberapa helai jerami. Lalu susun dan gunting sesuai ukuran panjang miniatur batang pohon kelapa yang ingin dibuat. Anda pastikan dulu panjang setiap helainya sama supaya pohon miniatur yang dibuat dapat simetris.

Lakukan langkah ini juga untuk membikin kumpulan daun-daun pohon kelapa dengan ukuran yang tentunya lebih pendek.

  • Selanjutnya tambahkan lem perekat pada jerami yang tadinya sudah dilengkungkan. Kemudian tempelkan kumpulan potongan jerami yang fungsinya adalah sebagai daun, ke daerah jerami yang melengkung. Silahkan Anda lakukan sampai beberapa tangkai daun yang terbentuk.
  • Kalau sudah, maka rekatkan dan kumpulkan beberapa daun yang telah terbuat, yakni pada bagian miniatur batang yang telah disusun sebelumnya.
  • Jika sudah tertempel semua dengan baik, berikutnya yakni ambil beberapa helai pelepah pisang. Kemudian Anda lilitkan pelepah tersebut di bagian batang miniatur pohon, sampai pohon terbungkus sempurna.

Nah, untuk bagian bawahnya, buatlah pelepah sedikit lebih lebar, supaya miniatur pohon dapat berdiri dengan baik ketika ditempel di papan miniatur.

3. Kerajinan Bunga

bunga jerami
pinterest.com

Bagi yang butuh hiasan meja, tentu saja bunga adalah salah satu pilihannya. Hal ini karena bunga dipercaya dapat menambah kesan indah pada meja tersebut.

Bagaimana kalau bunga yang dipakai terbuat dari jerami, pastinya nggak kalah indah dong dibandingkan bunga asli serta harganya juga ekonomis.

4. Kerajinan Sandal

sandal jerami
encyclocraftsapr.com

Apakah Anda masih ingat dengan film-film ninja jepang jaman dulu. Biasanya para ninja tersebut menggunakan sandal yang agak unik.

Ya mereka biasanya memakai sandal yang terbuat dari jerami.

Untuk Anda yang pengen coba menjadi seperti mereka, maka cobalah dengan membuat sendiri sandal jerami dari limbah jerami yang terdapat di wilayah sekitar Anda.

Siapa tahu bisa jadi ninja beneran ya kan, hehe.

5. Kerajinan Tas Jerami

kerajinan tas jerami
shopify.com

Adapun salah satu produk kerajinan yang banyak dicari yaitu tas terutama buat kaum hawa.

Nah, bagi Anda yang berjiwa kreatif hal ini merupakan salah satu peluang yang sangat bagus dalam membikin kerajinan dari limbah jerami menjadi bisnis yang menguntungkan.

Karena dengan kreatifitas Anda dapat membuat berbagai tas dari jerami unik dan bernilai jual tinggi.

6. Kerajinan Tempat Telur

tempat telur jerami
pinterest.com

Apakah Anda suka mengkonsumsi telur?

Kalau iya pasti Anda biasanya menyimpan stok telur di rumah, nah bagaimana kalau Anda membuat sendiri tempat penyimpanan telur tersebut dari limbah jerami.

Pastinya akan sangat berguna dan bermanfaat bukan.

7. Kerajinan Sapu Jerami

kerajinan sapu jerami
shopify.com

Untuk alat bantu membersihkan berbagai kotoran kita pastinya memakai sapu supaya mempermudah pekerjaan kita. Sapu ini sendiri kebanyakan terbuat dari bahan lidi atau serat.

Nah, bagaimana kalau membuatnya dari bahan limbah jerami, maka jadinya kita membersihkan sampah dengan menggunakan sampah, cukup berguna bukan.

8. Kerajinan Bingkai Foto

kerajinan bingkai foto jerami
123rf.com

Apakah Anda punya banyak momen berharga?

Kebanyakan dari kita biasanya mengenang atau menyimpan moment berharga dalam hidup kita ke dalam bentuk foto.

Tetapi, akan kurang lengkap rasanya apabila foto-foto yang kita simpan tersebut tidak memakai bingkai.

Nah, disini Anda bisa membuat bingkai foto dengan limbah jerami loh.

9. Kerajinan Kotak Tisu

kotak tisu jerami
aliexpress.com

Adapun selain bunga yang kita letakkan di meja juga sering kali meletakan tisu untuk pelengkap biasanya dipakai untuk membersihkan setelah makan.

Apabila menaruh tisu di meja tentu saja kita akan memerlukan tempat tisu (box tisu) supaya tisu nggak tercecer atau berantakan.

Nah, disini Anda bisa kok membuat tempat tisu yang unik dari limbah jerami dan hasilnya juga nggak kalah jauh dengan kotak tisu yang terdapat di pasaran.

Sekian dulu ya beberapa hasil produk dari kerajinan limbah jerami. Semoga dapat menjadi inspirasi buat Anda untuk berkarya dengan memanfaatkan limbah jerami yang ada di lingkungan sekitar.

Oh ya, masih banyak lagi kerajinan yang bakal kita ulas di blog ini, jadi terus kunjungi kami untuk mendapatkan informasi terbaru seputar kerajinan tangan.

Jangan lupa juga ya di share ke teman-teman Anda, terimakasih :).

Leave a Comment

17 − fifteen =