Kerajinan dari Tempurung Kelapa

Kami punya tutorial bagaimana cara membuat kerajinan dari tempurung kelapa.

Memang akan lebih asyik jika mempunyai bisnis yang sejalan dengan hobi. Untuk Anda yang memiliki hobi dan skill membuat kerajinan tangan.

Siapa tahu Anda menjadi ketagihan dan dapat diarahkan ke dalam bisnis.

Yuk, disimak aja artikelnya!

Dengan kita memiliki hobi yang dapat menghasilkan uang, tentu saja sangat diidam-idamkan buat semua orang.

Begitu juga dengan saya, atau mungkin Anda juga merupakan salah satunya.

Jadi, kira-kira hobi seperti apa sih yang bisa menghasilkan pundi-pundi rupiah?

Tentu saja, pertanyaan seperti inilah yang kerap buat Anda jadi dilema.

Kerajinan dari tempurung kelapa adalah salah satu diantara banyak hobi yang dapat jadi pilihan Anda dalam merintis sebuah usaha.

Berikut kami punya tutorial kerajinan tangan dari tempurung kelapa yang boleh langsung Anda lakukan di rumah.

Langsung saja disimak ya!

Kerajinan dari Tempurung Kelapa Yang Mudah Dibuat

Tempurung kelapa atau batok kelapa adalah kulit kelapa yang sudah tidak digunakan lagi, boleh dibilang sebagai sampah yang mungkin nggak berarti untuk sebagian orang.

Kebanyakan orang bahkan mungkin batok kelapa ini nggak berguna dan cuma untuk dijadikan sebagai arang saja.

Padahal sebetulnya batok kelapa ini bisa menjadi kerajinan berupa alat-alat bermanfaat dan menarik apabila kita bisa mengolahnya secara tepat.

Dibawah ini adalah beberapa hasil kerajinan yang bisa kita buat dari batok kelapa beserta cara pembuatannya :

1. Kerajinan Cangkir dari Tempurung Kelapa

Kerajinan Cangkir dari Tempurung Kelapa
bukalapak.com

Selain dijadikan sebagai arang ternyata boleh juga dimanfaatkan dalam membuat kerajinan cangkir lho Sobat kreatif.

Membikin kerajinan cangkir dari tempurung kelapa bisa dibilang gampang-gampang susah.

Gampangnya adalah karena bahan diperlukan tidak sukar didapat yaitu tempurung kelapa.

Namun, susahnya yaitu dari peralatannya seperti gergaji, pisau bor kecil dan mesin pengamplas.

Untuk membuat kerajinan tempurung kelapa ini cuma memerlukan beberapa tempurung kelapa dengan ukuran sedang dan besar.

Karena akan dibuat menjadi 2 macam ukuran yakni ada yang berdiameter 28 cm dan 32 cm. Sedangkan untuk yang berdiameter 32 cm, menggunakan tutup atas dan yang sedang berdiameter 28 cm tanpa memakai tutup atas.

Yuk, simak tutorial lengkapnya!

Alat dan bahan yang dibutuhkan :
  • Batok kelapa (ukuran mini dan lonjong, yang bulat juga nggak masalah)
  • Kayu kelapa (kayu yang lain yang telah dibentuk jadi gagang cangkir)
  • Mesin Amplas (boleh juga memakai kertas Amplas, Bor mata pisau kecil / cutter dan kuas)
  • Lem kayu dan mineral oil
  • Gergaji besi
Cara membuat cangkir dari tempurung kelapa :
  • Silahkan Anda potong 1/2 bagian (dilebihkan kira-kira 60% bagian).
  • Kemudian bagian dalam tempurung Anda bersihkan hingga benar-benar bersih.
  • Setelah itu, haluskan batok menggunakan amplas sampai halus dan benar-benar bersih.
  • Selanjutnya buat kaki cangkir dari sisa potongan tempurung sebelumnya.
  • Pakailah mineral oil supaya pewarnaan kerajinan bisa terlihat bagus, kalau perlu bisa Anda pakai cairan lain untuk mewarnai cangkir. Oh ya, jangan lupa juga untuk menjemur tempurung minimal 24 jam.
  • Jika sudah, maka rekatkan menggunakan lem kayu gagang cangkir dan kaki cangkir yang telah Anda persiapkan sebelumnya.
  • Terakhir, berilah hiasan pada cangkir dengan sedikit diukir maupun dengan yang lainnya, tergantung nilai masing-masing.

2. Kerajinan Mangkok dari Tempurung Kelapa

Kerajinan Mangkok dari Tempurung Kelapa
alicdn.com

Apabila pada umumnya mangkuk dibuat dengan memakai bahan keramik ataupun kaca.

Namun, untuk yang satu ini nggak ada salahnya kalau Anda coba buat kerajinan mangkuk dari tempurung kelapa.

Tentu saja hal ini bisa dijamin mangkuk tersebut akan tampak sangat cantik, elegan dan pastinya unik.

Untuk membikin kerajinan batok kelapa dengan bentuknya yang seperti mangkok ini tentu sangatlah mudah. Dimana bahan-bahannya tidak sukar didapati dan cara pembuatannya pun lumayan gampang.

Yuk, simak tutorial lengkapnya!

Alat dan Bahan yang diperlukan :
  • Gergaji besi
  • Amplas halus
  • Kuas kecil
  • Mineral Oil
  • Tempurung kelapa tua
  • Lem kayu
  • Cutter dan spidol jika perlu

Cara membuat mangkok dari tempurung kelapa :

  • Silahkan Anda potong tempurung kelapa sekitar 1/2 bagian memakai gergaji besi supaya rapi.
  • Kemudian bersihkan tempurung kelapa menggunakan amplas bagian luar dan bagian dalam tempurung kelapa tersebut. Kalau belum bersih, maka boleh dibersihkan memakai cutter atau alat lainnya.
  • Setelah itu, bersihkan sampai halus hingga benar-benar bersih.
  • Selanjutnya Anda buat 1/2 bagian tempurung kelapa tersebut jadi kaki mangkok. Yakni dengan sedikit memotong bagian cembung supaya mudah merekatkan bagian kaki pada mangkuknya dan haluskan.
  • Apabila mau diukir atau diberikan hiasan, silahkan sesuaikan dengan keinginan masing-masing. Kemudian Anda rekatkan menggunakan lem kayu.
  • Jika sudah, maka lapisi 2 bagian tersebut dengan mineral oil dengan memakai kuas supaya tampak bagus.
  • Terakhir dikeringkan kurang lebih selama 24 jam.

3. Kerajinan Teko dari Tempurung Kelapa

Kerajinan Teko dari Tempurung Kelapa
mekarasricraft.blogspot.com

Teko ini juga dapat Anda buat sebagai pajangan di rumah. Karena tentu saja, rumah akan tampak lebih cantik kalau diberi dengan pajangan teko ini.

Sehingga para tamu yang datang ke rumah Anda akan terkagum-kagum dan penasaran pada teko tempurung kelapa milik Anda.

Yuk, simak tutorial lengkapnya!

Alat dan bahan yang dibutuhkan :
  • 2 buah tempurung kelapa yang masih utuh
  • Kayu kelapa / kayu lainnya (akan lebih bagus jika memakai kayu kelapa)
  • Gergaji besi, golok, cutter dan alat lainnya yang diperlukan
  • Lem Kayu
  • Amplas / gerinda
  • Mineral oil / pilox clear

Cara membuat teko dari tempurung kelapa :

  • Pertama, silahkan Anda bersihkan semua tempurung kelapa menggunakan amplas / gerinda sampai benar-benar bersih dan halus.
  • Kemudian potong 1 buah tempurung kelapa bagian atas batok kira-kira 1/4 bagian dengan memakai gergaji. Ingat, potongan wajib lurus dan rata supaya nantinya akan terlihat indah dan nggak bakal merusak kreasi Anda. Jangan lupa juga untuk membuat lubang kecil di bagian depan sebagai saluran air.
  • Setelah itu, 1 buah batok lagi di potong jadi 2 bagian yang akan dipakai sebagai tutup teko dan kaki teko.
  • Lalu bersihkan seluruh bagian dalam tempurung sampai bersih menggunakan cutter atau alat lainnya.
  • Selanjutnya gosok semua dengan amplas supaya benar-benar bersih.
  • Satu bagian dibuat sebagai tutup teko, kalau pengen lebih indah Anda bisa ukir atau menghiasnya sesuai keinginan dan untuk satu bagiannya lagi dijadikan sebagai kaki teko yakni dengan memotong bagian atas.
  • Jika sudah, maka buat pegangan teko dan pegangan tutup teko dari kayu yang sudah disiapkan.
  • Oh ya, jangan lupa membuat saluran untuk menuangkan air dari dalam teko menggunakan kayu yang telah disiapkan sebelumnya.
  • Untuk caranya siapkan 2 belah kayu dan bentuk sesuai selera, dan untuk masing-masing buatlah lengkungan yang akan dijadikan sebagai lubang keluarnya air dari teko. Jangan lupa haluskan kayu tersebut menggunakan amplas dan lem menggunakan lem kayu, akan lebih bagus lagi jika menggunakan kayu kelapa.
  • Berikutnya berikan warna pada tempurung dan kayu menggunakan pilox clear supaya mengkilap.
  • Atau, kalau Anda lebih suka warna yang alami dari tempurung dan kayu, maka cukup memakai air mineral dan jemur di terik matahari minimal 24 jam.
  • Kemudian tempelkan seluruh bagiannya tadi pada letaknya masing-masing menggunakan lem kayu.
  • Terakhir, kalau perlu berikan hiasan pada teko hasil kreasi dengan cara Anda sendiri supaya tampak lebih bervariasi.

4. Kerajinan Celengan dari Tempurung Kelapa

Kerajinan Celengan dari Tempurung Kelapa
mekarasricraft.blogspot.com

Celengan yang satu ini adalah salah satu kerajinan tempurung kelapa berbentuk celengan sederhana dengan memiliki fungsi untuk tempat menabung duit sedikit demi sedikit.

Dimana celengan ini pynya banyak jenis, karakter dan bahan yang berbeda-beda.

Ada yang terbuat dari tanah liat, plastik, kaleng bekas, termasuk tempurung kelapa dan lainnya.

Yuk, simak tutorial lengkapnya!

Alat dan bahan yang diperlukan :

  • Tempurung kelapa
  • Kertas pasir / Amplas
  • Stiker (sebagai hiasan)
  • Cat
  • Lem
  • Kuas
  • Pisau

Cara membuat celengan dari tempurung kelapa :

  • Silahkan Anda persiapkan sepasang tempurung kelapa yang sudah di bagi 2.
  • Kemudian bersihkan bagian dalam dari tempurung kelapa tersebut.
  • Jika bagian dalamnya sudah bersih, saatnya bagian luarnya dibersihkan menggunakan kertas pasir / gosok tempurung kelapa memakai amplas hingga permukaannya menghalus.
  • Nah, apabila bagian dalam dan luarnya sudah bersih. Selanjutnya lem kedua bagian tersebut, namun jangan lupa buat sedikit lubang sebagai tempat masuknya duit yang akan ditabung.
  • Setelah itu, lakukan pengecatan pada tempurung dan biarkan sampai kering.
  • Langkah terakhir, tempel stiker yang Anda inginkan supaya celengan tampak cantik dan unik.

5. Kerajinan Asbak Rokok dari Tempurung Kelapa

Kerajinan Asbak Rokok dari Tempurung Kelapa
aliexpress.com

Seperti yang kita ketahui asbak adalah salah satu benda yang paling dibutuhkan oleh kaum perokok aktif.

Kalau biasanya asbak dibikin dari bahan kaca, besi, maupun marmer, maka untuk kali ini asbak dibuat dengan memakai tempurung kelapa.

Hal ini tentu saja akan menghasilkan asbak yang unik dan memiliki fungsi.

Nggak cuman itu aja, asbak dari tempurung kelapa ini juga dapat dibuat sebagai hiasan di ruang tamu lho Sobat.

Karena dengan kesan yang klasik dan unik tersendiri menjadikan ruang tamu Anda tampak lebih cantik dan bergaya.

Yuk, simak tutorial lengkapnya!

Alat dan bahan yang dibutuhkan :

  • Tempurung Kelapa
  • Gergaji (alat untuk memotong)
  • Lem (untuk menggabungkan bagian kayu yang telah kita potong)
  • Amplas (untuk menghaluskan sisi)

Cara membuat asbak rokok dari tempurung kelapa :

  • Untuk tempurung kelapa yang telah kita siapkan, maka kita boleh amplas sampai halus untuk bagian permukaannya.
  • Silahkan Anda gunakan kelapa yang tua supaya hasilnya tampak lebih bagus.
  • Kemudian potong kelapa tersebut menjadi 1/3 atau 1/2 bagian dari tempurung yang utuh. Bagian yang besar nantinya sebagai wadah asbaknya dan bagian kecil akan dibuat sebagai kaki penyangga.
  • Jika sudah, maka Anda lem kedua bagian pada posisi terbalik sehingga bisa terlihat jelas asbak yang kita buat telah terbentuk.
  • Terakhir, kita boleh tambahkan lagi pemanis seperti manik-manik atau apapun itu, yang penting tampilannya akan menjadi lebih bagus.

6. Kerajinan Tas dari Tempurung Kelapa

Kerajinan Tas dari Tempurung Kelapa
ruangkreatif2011.blogspot.com

Kerajinan tangan dari tempurung kelapa boleh juga dibuat menjadi tas sederhana lho.

Nah, jika tas pada umumnya dibuat dari bahan kulit, maka untuk yang satu ini Anda boleh membuatnya dari tempurung kelapa.

Hal ini tentu saja akan terlihat anti mainstream dan dijamin unik banget deh!

Dalam pembuatan tas ini pastinya Anda memerlukan kreativitas yang tinggi.

Sebab, nantinya Anda mesti memadukan kumpulan tempurung kelapa untuk disulap menjadi tas sederhana yang cantik.

Disamping itu, tas ini boleh dijadikan sebagai pajangan dan dapat juga digunakan sebagai tas untuk bepergian.

Pastinya dijamin unik banget dan Anda bakal suka.

Yuk, simak tutorial lengkapnya!

Alat dan bahan yang diperlukan :

  • Tempurung kelapa (sudah dipisah dengan daging kelapa)
  • Amplas Halus, dan kasar
  • Vernis
  • Mesin Bor
  • Cat apabila diperlukan
  • Benang
  • Resleting
  • Pensil
  • Tali
  • Parang
  • Gergaji besi / pipa
  • Kuas

Cara membuat tas dari tempurung kelapa :

  • Silahkan Anda belah batok kelapa menjadi 2 bagian.
  • Kemudian bersihkan sabut kelapa yang masih menempel pada permukaan kasar tempurung menggunakan parang.
  • Jika sudah digerus amplas tempurung kelapa memakai amplas kasar.
  • Setelah itu, gambar bentuk tas yang diinginkan.
  • Lakukan pemotongan dengan menggunakan gergaji besi.
  • Apabila sudah terbentuk bagian yang diinginkan, maka gunakan amplas halus untuk membikin permukaan menjadi semakin licin dan mengkilap.
  • Berikutnya Anda bisa kilapkan dengan menggunakan pernis yang sesuai warna yang diperlukan.
  • Kemudian lubangi pinggiran tempurung kelapa menggunakan bor.
  • Setelah itu, jahit resleting dengan lubang yang sudah dibuat.
  • Jika resleting sudah dijahit, maka rekatkan kain pada bagian dalam tempurung kelapa.
  • Tahap akhir, pasang tali panjang di sisi kanan dan kiri untuk tas.

7. Kerajinan Kancing dari Batok kelapa

Kancing dari Batok
amazon.com

Kancing baju dari batok kelapa adalah salah satu kerajinan tangan yang cukup langka dan mahal.

Karena ada banyak kerajinan batok kelapa yang memiliki nilai jual tinggi dan banyak dicari orang seperti kancing baju.

Untuk pembuatan kerajinan ini agak sulit, sebab bentuknya yang kecil membuat kita perlu ketelatenan, ketelitian dan kesabaran.

Yuk, simak tutorial lengkapnya!

Alat dan bahan yang dibutuhkan :

  • Batok kelapa
  • Gergaji
  • Pisau / golok
  • Bor listrik atau sejenisnya
  • Ampelas
  • Vernis
  • Kuas

Cara membuat kancing dari batok kelapa :

  • Anda siapkan dulu batok kelapa yang sudah tidak ada lagi dagingnya.
  • Kemudian buat pola kancing yang ingin dibuat.
  • Setelah itu, tempelkan pola ke batok kelapa tersebut
  • Selanjutnya potong batok kelapa sesuai pola yang dibuat tadi.
  • Lalu amplas sampai halus batok kelapa yang sudah dipotong.
  • Jika sudah, maka bikin lubang 2 memakai bor listrik untuk tempat masuknya benang.
  • Berikutnya Anda berikan warna pada batok dengan vernis supaya warnanya mengkilat.
  • Silahkan tunggu hingga 30 menit supaya kering.
  • Selesai deh, kini kancing baju dari batok kelapa sudah siap untuk digunakan!

8. Kerajinan Aksesoris Bros dari Batok Kelapa

Aksesoris Bros dari Batok
tokopedia.net

Sebagai seorang hijabers tentunya perlu untuk mempercantik kerudung.

Dalam mempercantik kerudung tentu saja membutuhkan pernak-pernik aksesoris. Contohnya seperti bros apalagi bros unik itu terbuat dari batok kelapa pasti akan kelihatan sangat bagus.

Akan tetapi, kerajinan bros dari batok kelapa ini juga dibuat agar bisa mempercantik baju kalian, bahannya pun mudah diperoleh.

Jika Anda membuat makanan dari bahan santan, untuk batok kelapanya jangan dibuang ya!

Karena kita bisa mengkreasikannya menjadi barang yang bermanfaat.

Yuk, simak tutorial lengkapnya!

Alat dan bahan yang diperlukan :

  • Batok kelapa
  • peniti / pin
  • Gergaji triplek
  • Pernis
  • Amplas
  • Lem tembak

Cara membuat aksesoris bros dari batok kelapa :

  • Silahkan Anda siapkan dulu batok kelapa.
  • Kemudian haluskan permukaan batok kelapa menggunakan amplas.
  • Setelah itu, buat motif / gambar pada kertas sesuai keinginan.
  • Lalu pindahkan pola ke batok kelapa.
  • Selanjutnya potong dengan mengikuti pola gambar memakai gergaji triplek.
  • Kemudian rapikan dengan amplas.
  • Berikutnya pasang peniti pada bagian belakang bros dengan lem tembak.

9. Kerajinan Gantungan Kunci dari Batok Kelapa

Gantungan Kunci dari Batok
youtube.com

Kerajinan batok kelapa juga bisa dibuat berupa pernak-pernik gantungan kunci yang fungsinya adalah mempercantik kunci seperti kontak motor atau mobil.

Sekarang ini sudah ada bermacam-macam model dan bentuk yang tersebar di pasaran.

Namun, ada rasa bangga tersendiri apabila kita bisa membuatnya sendiri.

Ya, hitung-hitung untuk meningkatkan kreativitas dan rasa seni kita, jadi apa salahnya kalau kita membuat sendiri?

Nah, kali ini Sobat kreatif akan berikan cara membuat kerajinan Gantungan Kunci dari Batok Kelapa.

Yuk, simak tutorial lengkapnya!

Alat dan bahan yang dibutuhkan :

  • Batok kelapa
  • Gantungan kunci (yang nggak terpakai)
  • Gergaji kayu kecil
  • Lem tembak / lem bakar
  • Pisau
  • Amplas
  • Mesin bor
  • Pernis
  • Kuas
  • Kertas
  • Pensil

Cara membuat gantungan kunci dari batok kelapa :

  • Silahkan Anda bersihkan dulu serabut-serabut yang masih menempel pada batok menggunakan pisau.
  • Jika sudah bersih, maka amplas batok supaya lebih halus.
  • Kemudian bikin pola yang akan digunakan pada gantungan kunci di selembar kertas, lalu gunting.
  • Setelah itu, tempel pola ke bagian batok kelapa yang akan dipotong dan cetak pola yang terdapat pada kertas tersebut.
  • Silahkan Anda potong bagian yang sudah diberi pola memakai gergaji kayu kecil.
  • Selanjutnya beri lubang di bagian ujung batok kelapa dengan memakai mesin bor.
  • Berikutnya pernis batok dengan kuas dan tunggu sampai kering.
  • Terakhir, Anda masukan gantungan kunci yang sudah disiapkan lewat lubang yang sudah dibuat.
  • Selesai deh, kini gantungan kunci sudah siap untuk digunakan!

10. Kerajinan Lampu Hias dari Batok kelapa

Lampu Hias dari Batok
alicdn.com

Untuk jenis lampu dari batok kelapa di atas emang nggak kalah dengan kerajinan dari bambu yang unik.

Dengan memakai bahan batok kelapa, Anda juga dapat membikin kerajinan lampu hias yang unik dan cantik dan lho.

Nggak cuma itu aja, melainkan Anda juga dapat menuangkan kreativitas dalam membikin lampu hias yang cantik dengan bermacam-macam model di dalamnya.

Disamping itu, lampu hias ini boleh Anda pajang di rumah atau bahkan dijual lho Sobat.

Apalagi kalau Anda dapat membikin lampu hias yang cantik, tentu saja akan menghasilkan lampu hias dengan nilai ekonomis yang tinggi.

Yuk, simak tutorial lengkapnya!

Alat dan bahan yang diperlukan :

  • Batok kelapa
  • Kayu
  • Pisau / golok
  • Gergaji
  • Amplas
  • Bor listrik atau sejenisnya
  • Vernis
  • Kuas
  • Lem kayu
  • 1 set fitting lampu
  • Isolasi bening (bila diperlukan)

Cara membuat lampu hias dari batok kelapa :

  • Silahkan Anda pilih kelapa yang tua supaya nanti hasilnya akan lebih maksimal dan awet.
  • Kemudian buang sabut kelapa sampai tampak batok dengan memakai pisau / golok.
  • Setelah itu, amplas batok kelapa sampai halus.
  • Lalu Anda gergaji kelapa dengan perbandingan 60 % : 40 % (besar dan kecil). Kemudian keluarkan air dan isi kelapa. Lakukan dengan penuh kehati-hatian supaya batok kelapa nggak sampai rusak.
  • Jika batok kelapa sudah bersih, maka lubangi bagian bawah batok kelapa kecil sebesar fitting lampu. Lalu lubangi lagi permukaan batok kelapa besar sesuai model yang Anda mau dengan memakai bor.
  • Selanjutnya rapikan dan haluskan kembali batok kelapa dengan amplas.
  • Silahkan Anda berikan warna pada batok dengan vernis supaya warnanya mengkilat.
  • Sambil Anda menunggu vernisnya kering, lanjutkan dengan menggergaji kayu menjadi bentuk seperti kaki kura-kura dan kepala.
  • Jika vernis sudah kering, maka pasanglah fitting lampu beserta dengan lampunya.
  • Pasang kaki dan kepala dengan memakai lem kayu, atau Anda boleh menambahkan paku kecil.
  • Berikutnya tutup lampu menggunakan batok kelapa besar dengan isolasi bening / lem secukupnya supaya batok nggak terlepas.
  • Langkah terakhir, bikin aksen mata kura-kura dengan manik-manik / spidol / pena marker maupun lainnya.
  • Jadi deh, kini lampu siap untuk dinyalakan!

11. Kerajinan Lonceng Angin dari Batok Kelapa

Lonceng Angin dari Batok
urbanturnip.org

Kerajinan lonceng angin dari bahan batok kelapa merupakan tradisional yang biasanya dilengkapi oleh bel klasik.

Dengan perpaduan antara batok kelapa dan bambu, maka dapat menghasilkan suara lonceng yang lumayan kencang.

Selain itu, Anda juga bisa membuatnya sendiri dengan mudah.

Yuk, simak tutorial lengkapnya!

Alat dan bahan yang dibutuhkan :

  • Batok kelapa
  • Bambu
  • Gergaji potong
  • Bor listrik
  • Pisau
  • Gunting
  • Tali
  • Plitur
  • Kuas

Cara lonceng angin dari batok kelapa :

  • Silahkan Anda siapkan bambu dengan ukuran sedang.
  • Untuk ukuran bambu kurang lebih 15 – 17 cm sebanyak 5 buah bambu. Dan juga ukuran bambu sepanjang 7 cm sebanyak 5 sebagai jangkar individual atau masing-masing untuk setiap bambu.
  • Pakai gergaji untuk memotong bambu tersebut.
  • Selain itu, beberapa bagian dalam bambu juga wajib dibersihkan serat-seratnya dengan pisau kecil.
  • Kemudian bentuk beberapa bagian bawah bambu dengan melengkung yang jaraknya 8 cm dari atas bambu.
  • Lalu Anda haluskan bambu menggunakan amplas.
  • Untuk bagian atas bambu juga mesti dilubangi dan dimasukkan tali memakai bor listrik.
  • Setelah itu, batok kelapa wajib Anda belah menjadi 1/2 lingkaran.
  • Lalu amplas lagi batok kelapa tersebut.
  • Kemudian lubangi lagi batok kelapa untuk tempat tali.
  • Selanjutnya ikat masing-masing bambu menggunakan tali dengan disambungkan pada batok kelapa.
  • Masukkanlah tali ke lubang batok kelapa tersebut dan tarik sampai ke atas.
  • Berikan simpul tali untuk membuat lonceng angin serta mengunci talian yang disatukan.
  • Silahkan bikin lonceng lebih indah dengan menggunakan pelitur.
  • Terakhir, hasilnya sudah bisa Anda pajang di tempat yang terlewati oleh angin ya!
Anda bisa simak materi berikutnya mengenai kerajinan dari bahan sisik ikan yang mudah dibuat.

Manfaat Batok Kelapa

1. Sebagai Kerajinan Tangan

JIka Anda punya banyak tempurung kelapa jangan langsung dibuang ya.

Sebab batok kelapa ini boleh dibuat sebagai barang kerajinan dengan mempunyai nilai yang tinggi.

Asalkan kita kreatif, tentu dijamin nggak bakal kesulitan dalam menghasilkan kerajinan yang bernilai seni tinggi.

2. Bisa Menjadi Pengawet Makanan Alami

Owh ya, tahukah Anda ternyata batok kelapa juga bisa jadi pengawet makanan yang alami lho?

Batok ini dapat diolah dulu menjadi bentuk cairan. Untuk caranya memang agak sedikit sulit, yaitu dengan mengasapi tempurung, kemudian bakal muncul cairan kental seperti cairan kecap.

Selanjutnya tampung cairannya tadi ke dalam satu wadah. Dimana cairan ini boleh dipakai dalam mengawetkan kayu supaya nggak dimakan oleh rayap.

Apabila mau menggunakannya sebagai pengawet makanan, tentu cairan ini wajib diproses lebih lanjut.

Nah, barulah dapat dioleskan pada bagian panganan yang mau diawetkan nantinya.

3. Menjadi Bahan Baku Pupuk Organik

Ada banyak sekali manfaat yang dapat kita peroleh dari dari batok kelapa ini. Bahkan Anda pun bisa membuat benda yang satu ini menjadi pupuk organik.

Untuk pupuk organik ini sendiri dapat memberikan nutrisi pada tumbuhan secara maksimal.

Dimana kandungan alami dari batok kelapa ini bisa menjadikan tumbuhan yang ditanam jadi lebih aman saat dikonsumsi.

Disamping itu, arang aktif yang sudah diaktivasi boleh dipakai buat melapisi pupuk urea, tujuannya adalah supaya urea menjadi lambat diurai.

Lalu, untuk melapisi pupuk urea dengan arang aktif ini, maka diperlukan alat yang dipakai pada pembuatan pupuk granule.

4. Saringan Alami Agar Mendapatkan Air Bersih

Anda juga mungkin merupakan salah satu dari sekian banyak orang yang mengalami keluhan terhadap air yang kurang bersih di rumah.

Nggak semua daerah dapat memperoleh air bersih.

Bisa jadi, beberapa tempat airnya terkandung banyak logam yang akhirnya terkesan keruh. Jika begitu, tentu bisa memanfaatkan batok kelapa ini.

Dengan memakai batok kelapa, sehingga air akan menjadi lebih bersih dan murni.

Hal itu terjadi karena batok kelapa terdapat kandungan karbon aktif.

Sehingga material karbon tersebut bakal mengikat kotoran hingga membuat air menjadi lebih jernih setelah melalui saringan batok kelapa.


Gimana, menarik dan cantik bukan, hasil kerajinan dari tempurung kelapa di atas?

Mungkin Anda juga bisa mempraktekkannya di rumah.

Apalagi buat Anda yang punya kreativitas tinggi.

Tentu saja Anda akan bisa menghasilkan banyak kerajinan-kerajinan yang menarik dan bisa memperoleh pundi-pundi rupiah.

Leave a Comment

eighteen − eleven =