Profil Negara Malaysia Singkat dan Lengkap

kali ini Genemil akan memberikan beberapa penjelasan terkait profil negara Malaysia.

Mulai dari letak astronomis dan geografis hingga hal lainnya yang tersohor di negara penyanyi terkenal, bernama Siti Nurhaliza ini.

Simak ya artikel ini sampai selesai!.

Malaysia merupakan sebuah negara monarki konstitusional federal yang letaknya berada di benua Asia Tenggara.

Kemudian untuk Kepala Negara Malaysia sendiri adalah Yang di-Pertuan Agong yang setiap periodenya yakni selama 5 tahun d iantara 9 Sultan Negeri Melayu.

Dari kesembilan Sultan Negeri Melayu yang bisa dipilih menjadi Yang di-Pertuan Agong ataupun memilih Yang di-Pertuan Agong yaitu :

Sultan Johor, Sultan Kelantan, Sultan Kedah, Yang Dipertuan Besar Negeri Sembilan, Sultan Pahang, Sultan Perak, Raja Perlis, Sultan Selangor, dan Sultan Terengganu.

Sedangkan untuk kepala pemerintahan Malaysia yakni seorang Perdana Menteri yang dipilih lewat Pemilihan Umum (Pemilu) dengan diselenggarakan setiap 5 tahun sekali.

Secara Administratif, Malaysia yang adalah sebuah negara berbentuk federasi yang terbagi atas 13 Negara Bagian dan 3 Wilayah Persekutuan.

Dimana negara Malaysia ini mempunyai luas wilayah sebesar 329.847 km2 dan terpisah menjadi 2 kawasan oleh Laut Tiongkok Selatan yakni Malaysia Barat yang terletak di semenanjung Malaysia benua Asia dan bagian Timur yang terletak di Pulau Kalimantan.

Untuk bagian Malaysia Barat, negara ini berbatasan darat dengan negara Thailand di sebelah utaranya. Sementara untuk di sebelah barat yaitu selat Malaka dan sebelah timur merupakan laut Tiongkok Selatan.

Nah, untuk yang di Selatan Malaysia Barat yaitu Singapura yang dipisahkan dengan selat Johor.

Kemudian di Malaysia Timur, negara ini berbatasan oleh Brunei Darussalam yang di sebelah Utaranya. Sedangkan untuk di sebelah Selatan yaitu negara Indonesia.

Sebelah Timur Malaysia merupakan Laut Sulu dan Laut Sulawesi, yang di sebelah utaranya yakni laut Tiongkok Selatan.

Negara Malaysia ini ber-ibukota di Kuala Lumpur, sementara untuk di Putrajaya adalah pusat pemerintahan persekutuan.

Penduduk Malaysia

Kalau untuk jumlah penduduk Malaysia sendiri adalah sebanyak 31.809.660 jiwa (2018) dengan mayoritas penduduknya yaitu beragama Islam sekitar 61,3%.

Pada dasarnya bahasa yang digunakan oleh Malaysia adalah berasal dari Bahasa Melayu yang merupakan bahasa resmi negaranya.

Bumiputera (gabungan suku Melayu, Orang Asli, Dayak dan Anak Negeri) menjadi suku terbesar di Malaysia yakni sebanyak 61,7%.

Sedangkan untuk suku lainnya adalah seperti Tionghoa sekitar 20,8%, suku asli Sabah/Sarawak sebanyak 11,8% dan suku India sebanyak 6,2%. Kemudian untuk angka pertumbuhan penduduk Malaysia yaitu sekitar 1,4%.

Selanjutnya kalau untuk hubungan luar negerinya sendiri, Malaysia menjadi salah satu negara pendiri ASEAN.

Selain itu, Malaysia juga bagian dari negara anggota APEC, PBB, OKI dan lembaga-lembaga dibawah naungan PBB lainnya.

Dalam bidang Perekonomian, Malaysia menjadi salah satu negara yang menghasilkan Karet dan Minyak Sawit Terbesar di dunia.

Kemudian untuk Pendapatan Domestik Bruto Malaysia di tahun 2017 berdasarkan pada Paritas Daya Beli yakni sebesar US$ 933,3 miliar.

Sementara untuk Pendapatan Perkapita negara Malaysia ini yakni sebesar US$ 29.100. Untuk komoditas Agrikultur utama yang dihasilkan oleh Malaysia diantaranya seperti :

  • Minyak Sawit
  • Karet
  • Kakao
  • Beras
  • Kayu.

Dalam bidang Perindustrian, ada juga beberapa Industri penting negara Malaysia diantaranya seperti :

  • Pengolah minyak sawit dan karet
  • Perminyakan dan gas bumi
  • Farmasi dan produk-produk elektronika.

Profil Negara Malaysia

Berikut ini adalah beberapa profil negara Malaysia diantaranya :

Bentuk PemerintahanMonarki Konstitusional Federal
Kepala NegaraYang di-Pertuan Agong ABDULLAH Sultan Ahmad Shah (Sejak tahun 2019)
Kepala PemerintahanPerdana Menteri Mahathir Mohamad (Sejak tahun 2018)
IbukotaKuala Lumpur
Luas Wilayah329.847 km2
Jumlah Penduduk31.809.660 jiwa (Juli 2018)
Pertumbuhan Penduduk1,34% (Juli 2018)
Agama
  • Islam (61,3%)
  • Buddha (19,8%)
  • Kristen (9,2%)
  • Hindu (6,3%)
  • Agama lainnya (3,4%)
Etnis
  • Bumiputera 61.7%
  • Tionghoa 20.8%
  • India 6.2%
  • Etnis lainnya 0.9%
  • Bukan warga negara 10.4% (2017)
Bahasa ResmiMalaysia
Mata UangRinggit Malaysia (RM)
Hari Nasional31 Agustus 1957 (dari Inggris)
Lagu Kebangsaan“Negaraku” (My Country)
Kode Domain Internet.my
Kode Telepon Negara+60
Pendapatan Domestik Bruto (PPP)US$ 933,3 miliar (2017)
Pendapatan Per KapitaUS$ 29.100,- (2017)
LokasiBenua Asia (Asia Tenggara)

Lambang Negara dan Bendera Malaysia

lambang negara dan bendera malaysia

Letak Astronomis Negara Malaysia

Secara umum negara Malaysia seperti yang kita ketahui terbagi menjadi 2 wilayah, yakni Malaysia Timur dan Malaysia Barat yang yang letaknya berada di Pulau Kalimantan.

Hampir sama seperti negara-negara Asia Tenggara lainnya, Malaysia juga berada pada bagian utara lintang bumi dan di bagian utara garis khatulistiwa.

Secara astronomis, Malaysia terletak antara 1°LU hingga 7° LU dan 100° BT hingga 119° BT.

Akan tetapi, karena terletak di 2 wilayah yang berbeda, maka letak astronomisnya juga agak sedikit berbeda, seperti di bawah ini :

  • Letak wilayah Malaysia Timur berada di Pulau Kalimantan yang berada di garis 1°LU sampai 7°LU serta 100°41’BT sampai 119°BT.
  • Kemudian untuk wilayah Malaysia Barat adalah terletak di posisi 1°LU sampai 7°LU dan 100°BT sampai 104°02’ BT.

Letak Geografis Negara Malaysia

Untuk letak geografis suatu negara dapat dilihat melalui bentuk pada muka bumi (posisi dari negara tersebut).

Dimana letak geografis dari beberapa negara ditandai oleh batas fitur geografi maupun negara (wilayah yang berbatasan langsung) dengan negara tersebut.

Seperti negara Malaysia yang letak geografisnya yang ditandai seperti berikut ini :

  • Pada sebelah Utara berbatasan dengan Laut China Selatan, Brunei Darussalam dan juga Thailand.
  • Sebelah Selatan berbatasan dengan Singapura dan Indonesia.
  • Di sebelah Timur berbatasan oleh Laut Sulawesi dan Laut Sulu.
  • Kemudian untuk sebelah Baratnya berbatasan oleh Selat Malaka.

Perubahan Iklim di Malaysia

Untuk iklim di negara Malaysia ini tak berbeda jauh terhadap iklim yang ada di negara Indonesia. Iklim yang dimaksud adalah iklim tropis, oleh pengaruh angin musim.

Dimana rata-rata suhu udara tahunan tinggi, dikarenakan pengaruh laut yang mengelilinginya.

Lalu untuk variasi curah hujan di negara Malaysia juga terbilang besar. Meski semua wilayah menerima curah hujan 1500 sampai 4500 mm/tahun.

Besarnya curah hujan ini bergantung dari ketinggian dan kemungkinan dari masing-masing wilayah dalam menerima pengaruh angin musim.

Sedangkan di daerah pantai barat Semenanjung Malaya musim hujan berlangsung mulai dari bulan September hingga Desember.

Sementara di bagian pantai timur Semenanjung Malaya dan Malaysia Timur mengalami hujan mulai dari bulan Oktober hingga Februari.

Supaya lebih jelasnya, Malaysia mempunyai iklim laut khatulistiwa dengan hujan yang lebat dan suhu tinggi. Dengan dipengaruhi oleh pembalikan arah angin sesuai pada musim.

Pengaruh kepulauan, mengakibatkan suhu rata-rata Malaysia barat dan timur bisa mencapai 270° c dengan perubahan < 20° c.

Dimana suhu ini jauh berkurang pada wilayah pegunungan. Dengan tanah tinggi Cameron (Malaysia Barat) yang mencapai ketinggian sekitar 1450 meter mempunyai suhu rata-rata sekitar 180° c.

Sama seperti di wilayah pegunungan. Contohnya seperti suhu di Melalap, Sabah, dan Malaysia Timur.

Variasi Curah Hujan

Untuk variasi curah hujan di negara Malaysia ini dipengaruhi oleh ketinggian lokasi dan angin musim. Walaupun begitu hampir seluruh tempat menerima curah hujan 2500-5000 / tahun.

Gunung Hijau di negara bagian Perak adalah wilayah yang lebih banyak menerima curah hujan, yakni > 4450 mm /tahun.

Sedangkan di long Anak, daerah pedalaman Sarawak yang bergunung-gunung, memiliki curah hujan hingga mencapai 5000 mm /tahun.

Sementara, pada daerah-daerah bayangan hujan, seperti di Kuala Klawang dan Banjaran Besa (Malaysia bagian Barat) mempunyai curah hujan > 1500 mm /tahun.

Dimana musim hujan berlangsung mulai dari bulan Oktober hingga Maret, saat angin musim timur laut yang mengandung uap air melalui Malaysia.

Untuk bagian-bagian yang terbuka di Sarawak Selatan dan Semenanjung Malaya Timur menerima tidak < 500 mm curah hujan pada bulan Januari.

Ketika angin musim barat daya mulai dari bulan April hingga bulan September berembus. Curah hujan menjadi berkurang karena terhalang dari Pulau Sumatera dan Jawa.

Kemudian sebagian besar daerah Malaysia menerima 125-250 mm curah hujan setiap bulan saat musim ini. Dalam kasus ini, Malaysia Barat menerima curah hujan yang lebih sedikit dibandingkan dengan Malaysia Timur.

Demikianlah pembahasan mengenai profil negara Malaysia yang dapat Genemil sampaikan dalam kesempatan kali ini. Oh ya, selain itu dalam pembahasan sebelumnya juga sudah pernah dibahas mengenai profil negara Indonesia.

Anda juga bisa menyimak pembahasannya di link tersebut, supaya Anda dapat memperoleh wawasan yang lebih luas.

Semoga artikel kali ini dapat membantu.

Cukup sekian dan terima kasih!

Leave a Comment

5 × 3 =