Kebiasaan Orang Sunda

Kebiasaan orang Sunda – Indonesia memiliki berbagai macam suku yang tersebar di setiap daerahnya. Setiap suku sudah pasti memiliki keunikannya masing-masing yang yang bisa kita pelajari. Salah satunya adalah suku sunda yang banyak mencuri perhatian.

Suku Sunda adalah masyarakat yang secara turun temurun memakai bahasa sunda yang tinggal di daerah Jawa Barat, yang biasa dikenal dengan sebutan Tanah Pasundan.

Dalam kesehariannya, orang Sunda adalah salah satu penduduk yang menjunjung tinggi budaya, khususnya dalam aspek kehidupan sosial yang berhubungan dengan etika.

Suku ini juga merupakan kelompok etnis yang paling terkenal di Indonesia. Suku Sunda juga memiliki sejumlah ciri khas yang unik, yaitu kebiasaan, ragam bahasa, budaya sampai sifat-sifat penduduknya.

Suku Sunda juga memiliki kebiasaan yang sulit sekali dihilangkan dan jarang diketahui orang. Karena kebiasaan orang Sunda adalah kebiasaan yang terbentuk dari hal-hal yang terjadi di masyarakat Sunda sejak leluhur mereka.

Selain itu, orang Sunda juga memiliki nilai-nilai etis yang diterima oleh semua masyarakat di lingkungan itu.

Nilai-nilai etika inilah yang membuat orang Sunda menjadi acuan dari kebiasaan bagi masyarakat Sunda.

Seiring berkembangnya zaman yang begitu pesat, kebiasaan-kebiasaan budaya di masyarakat pun masih melekat sampai saat ini. Nilai dan kebiasaan ini dibentuk dan dijumpai melalui bermacam cara.

Contohnya prasasti, babad, naskah-naskah sejarah, karya sastra, cerita rakyat dan pantun. Pembentukan kebiasaan itu sudah dilakukan sejak dulu.

Kebiasaan Orang Sunda

Sopan dan Murah Senyum
netralnews.com

Berikut ini adalah beberapa kebiasaan orang Sunda yang jarang diketahui orang adalah sebagai berikut:

1. Ramah, Lucu, Humoris dan Rendah Hati

Kebiasaan orang Sunda yang menarik adalah memiliki selera humor yang tinggi. Sehingga mereka selalu bersifat humoris dalam semua kondisi.

Walaupun dalam kondisi yang serius, mereka tetap  masih bisa bercanda agar bisa mencairkan suasana.

Selain memiliki selera humor yang tinggi, mereka juga terkenal ramah dan sangat mudah bergaul.

Tokoh – tokoh dari Sunda yang memiliki selera humor yang tinggi, misalnya Sule, Ridwan Kamil dan lainnya.

Sunda juga memiliki banyak banyolan atau lawakan yang dikenal dengan nama sindiran, seperti pantun yang berisi sampiran dan isi-isi yang lucu.

Kemudian ada juga dongeng lucu ala cangehgar sampai ceramah lucu yang sering dibawakan oleh mubaligh dari Sunda. Contoh lainnya ada Lawakan Ohang, Bobodoran Wayang Golek dan lain sebagainya.

Kebiasaan ini memang bisa membuat siapapun akan terus tertawa.

2. Kebisaan Orang Sunda Bersikap Sopan dan Murah Senyum

Orang Sunda juga memiliki prinsip hidup saling menghargai sesama. Biasanya mereka mudah senyum, ramah dan sopan kepada siapa saja. Termasuk kepada orang yang belum dikenal juga tetap berlaku sopan.

Seperti istilah” kawas gula eujang peueut” yang artinya hidup harus rukun, saling menyayangi dan tidak pernah berselisih.

Orang Sunda sangat menjunjung tinggi nilai kebersamaan dan kesopanan. Karena itulah orang Sunda dikenal murah hati seperti istilah “someah hade ka semah” yang berarti ramah, baik hati, menjaga, menjamu dan membahagiakan setiap orang.

3. Menambahkan Kata “Teh” atau “Mah” dalam kalimat

Ketika sedang berbicara, orang Sunda selalu menambahkan kata “Teh” atau “Mah” dalam kalimat mereka. Hal inilah salah satu kebiasaan orang Sunda yang unik.

4. Mengganti Huruf F dengan P

Kebiasaan orang Sunda yang satu tidak akan kamu temukan pada suku lain, yaitu orang Sunda suka mengganti huruf F menjadi huruf P.

Karena huruf F tidak terdapat dalam aksara Sunda yang artinya Kaganga pada zaman dulu.

5. Jago Membuat Akronim yang Mudah Diingat Orang

Orang Sunda sangat pintar membuat Akronim. Akronim adalah padanan kata yang dikombinasikan lalu dihafalkan sebagai bentuk kata yang wajar. Kamu bisa menemukan contoh Seperti ini.

Cilok artinya Aci Dicolok, Cireng artinya Cireng Digoreng dan Cinlok artinya adalah Cinta Lokasi.

6. Kebiasaan Orang Sunda yang Sangat Romantis

Orang Sunda adalah penduduk yang sangat romantis di Indonesia.

Nada bicara orang Sunda juga sangat khas dan berhasil menciptakan kesan romantis bagi siapapun yang menjadi lawan bicaranya.

Gaya bicara yang sopan dan manis bisa membuat lawan bicaranya merasa terpesona. Selain itu, orang Sunda kalau disapa selalu berkata dengan nada halus.

7. Kebiasaan Orang Sunda yang Sangat Kreatif

Orang Sunda juga memiliki kebiasaan yang positif yaitu memiliki sifat kreatif dan inovatif yang tinggi.

Mereka bisa menyulap benda apa saja sehingga menjadi buah tangan yang unik dan menarik.

Lihat saja contoh kerajinan tangan hasil kreativitas orang Sunda yang ada di Bandung.

Orang Sunda juga sangat inovatif terhadap karya-karya yang diciptakannya, sehingga hasil kerajinannya tersebut memiliki bentuk yang sangat unik. Sehingga memiliki nilai tersendiri.

Kebiasaan orang Sunda ini selalu mencintai keindahan, maka dari itu mereka selalu bersemangat untuk mengubah lingkungan tempat tinggal mereka menjadi lingkungan yang lebih cantik.

8. Menjunjung Tinggi Adat Istiadat

Orang Sunda memiliki adat istiadat yang beraneka ragam. Salah satu contohnya adalah wisata Saung Angklung Mang Udjo yang menjunjung tinggi adat istiadatnya.

Di saung tersebut, pengunjung bisa belajar memainkan angklung dan menonton pentas seni yang kental dengan adat Sunda.

Tentu saja hal itu sangat bagus untuk memperkenalkan adat istiadat mereka ke berbagai wilayah lain sampai ke mancanegara.

Selain itu, masyarakat Sunda juga dengan senang hati membantu para pengunjung dalam memberikan pemahaman tentang adat istiadat orang Sunda.

9. Menyukai Lalapan dan Sambal

Menyukai Lalapan dan Sambal
kulineria.id

Orang Sunda sangat terkenal memiliki kuliner yang mantap, salah satunya adalah sambalnya yang khas.

Sudah menjadi hal umum kalau semua restoran Sunda akan menemukan nasi panas, empel daging, tempe tahu, berbagai jenis ikan goreng, ikan asin, sayur asem dan lalapan.

Makanan Sunda akan terasa lebih lezat kalau dinikmati di dataran tinggi dengan pemandangan yang sejuk, sehingga membuat pengunjung semua merasa betah untuk datang kembali ke Sunda.

10. Makanan Favorit Jengkol & Pete

Orang Sunda memiliki makanan favorit yaitu jengkol dan pete sebagai pelengkap lalapan.

Kedua makanan ini menjadi kenikmatan bagi masyarakat Sunda. Ini merupakan kebiasaan khas orang Sunda.

11. Santai

Orang Sunda selalu terlihat santai dalam menjalani kehidupannya, sampai ada yang mengatakan kalau orang Sunda cenderung pemalas.

Namun ada juga yang mengatakan, walaupun terkesan santai orang Sunda selalu memiliki etos kerja yang tinggi dan berhasil menjadi orang sukses di bidang yang mereka geluti.

Kebiasaan orang Sunda yang jarang diketahui orang lain membuat suku ini terlihat memiliki ciri khas yang mudah diingat.

Kebiasaan ini menjadi salah satu kebudayaan Indonesia yang harus dilestarikan sebagai generasi penerus dan kekayaan Indonesia.

Begitu juga dengan keunikan dari kebiasaan orang Sunda, misalnya adat istiadat dan budayanya yang jarang kita temui pada suku lain.

Marilah kita melestarikan budaya Indonesia dengan menerapkan kebudayaan dalam kehidupan sehari – hari.

Jangan lupa juga untuk mengenalkan budaya Indonesia sampai ke mancanegara.

Leave a Comment

nineteen + one =