Kerajinan Flour Clay

Bagi Anda yang pengen kenal lebih jauh soal clay, yuk kita simak pengertian, perbedaannya dengan plastisin, jenis-jenis dan cara membuat kerajinan flour clay.

Mungkin dengan berkreasi menggunakan clay ini dapat menjadi sebuah hobi baru dan tentunya layak buat dicoba.

Dengan kita membikin kerajinan dari clay pastinya akan sangat menyenangkan.

Hal ini dapat dijadikan sebagai hobi atau dipakai buat hadiah, kenang-kenangan dan ada banyak lagi.

Kalau Anda tertarik untuk membuat kreasi dari clay ini, pas banget deh.

karena dalam artikel kali ini kita akan bahas secara lengkap mengenai cara membuat kerajinan flour clay. Yuk langsung saja kita simak informasinya ya GenK’s!

Pengertian Flour Clay

Pengertian Flour Clay
thesprucecrafts.com

Clay adalah sejenis tanah liat yang dibikin menjadi sebuah kerajinan tangan dengan mempunyai nilai yang tinggi. Untuk bentuk dan teksturnya hampir mirip seperti adonan kue / slime.

Jadi akan lebih mudah untuk dikreasikan menjadi bentuk yang baru, seperti gelas, piring, mangkuk, miniatur manusia dan hewan-hewan lucu.

Saat ini, seringkali si clay dibikin dari beragam bahan rumah tangga yang sangat mudah ditemui seperti tepung, roti,  sabun, porselin, kertas tisu, krim dan lainnya.

Pernah dengar mainan dengan nama play-doh?

Sebetulnya itu adalah flour clay yang dapat langsung dipakai dan dibentuk.

Nah, nilai plus dari mainan anak-anak ini yaitu sebagai sarana hiburan buat si kecil agar dapat melatih kreativitasnya sebab bisa dibentuk menjadi berbagai macam bentuk.

Perbedaan Clay dan Plastisin

Terkadang sebagian orang masih sulit membedakan antara clay dan plastisin.

Yaps, memang keduanya sama-sama populer, serta cara membentuknya juga hampir sama. Hanya saja bedanya adalah dari segi bahan dasarnya GenK’s.

Kalau plastisin merupakan salah satu jenis clay. Bentuknya yang lunak dan punya banyak opsi warna yang pada umumnya terbuat dari tepung, lilin, bubur krtas, polymer dan lain-lain.

Biasanya bahan plastisin ini dikreasikan menjadi hiasan sederhana yang kreatif. Contohnya seperti sofa, bingkai foto dan tumbuh-tumbuhan.

Sedangkan clay bisa mengeras dan memadat apabila dibakar, lain lagi kalau plastisin karena tidak akan mengeras walaupun dikeringkan hingga berhari-hari.

Plastisin lebih sering juga ditemukan di pasaran, hal itu karena harganya yang murah dan sangat aman apabila dimainkan oleh anak-anak.

Jadi, Anda lebih suka pakai yang mana, GenK’s?

Mengenal Jenis-Jenis Clay

Jika Anda tertarik membuat kerajinan clay ini, maka langkah pertama Anda wajib tahu dulu apa saja sih jenis-jenisnya.

Mari kita bahas satu per satu!

1. Clay asli

Kita mulai dari dari yang alami, untuk clay asli terbuat dari tanah liat dengan diberikan sedikit campuran air. Dengan teksturnya yang agak keras, akan memerlukan beberapa tahapan khusus supaya teksturnya agar sedikit melunak.

Nah, setelah dibentuk karya Anda akan melewati proses pengeringan dengan cara diangin-anginkan lalu dibakar di dalam tungku dengan suhu yang tinggi.

2. Tepung Clay

Jenis selanjutnya yang boleh dijadikan sebagai kerajinan dari clay yaitu tepung clay (plastisin). Jenis ini terbuat dari tepung terigu, tepung beras, tepung tapioka yang dicampur menggunakan lem untuk perekat.

Nggak lupa juga diberikan pengawet makanan sebab bahan dasarnya adalah terigu. Jadi, semuanya dapat Anda bikin di rumah, GenK’s!

3. Jumping Clay

Kemudian ada juga jumping clay yang terbuat dari bahan non-toxic dan dijual memakai pembungkus alumunium foil.

Dengan teksturnya yang sangat lembut dan ringan, maka akan lebih mudah dibentuk menjadi aneka ragam bentuk.

Pada umumnya lebih sering dipakai untuk membikin miniatur manusia ataupun hewan.

Walapun teksturnya yang lembut, namun bahan kerajinan clay yang satu ini juga cepat mengeras.

4. Air Clay

Hampir serupa dengan jumping clay, untuk jenis yang satu ini dijual memakai plastik kedap udara. Dimana bahannya terbuat dari resin, kertas dan campuran lem untuk perekatnya.

Mempunyai tekstur yang lembut dan elastis, sehingga hasil akhirnya berbentuk padat, ringan dan juga sedikit kenyal. Biasanya juga digunakan dalam membuat kerajinan dari clay, seperti buah-buahan dan sayuran artificial.

5. Paper Clay

Sama seperti namanya, untuk paper clay ini sendiri terbuat dari rendaman kertas yang teksturnya menyerupai bubur.

Setelah itu, dicampur memakai lem agar merekat satu sama lain.

Nah, untuk mempercantik tampilannya, maka gunakan pewarna tambahan. Hasil akhirnya pun akan mengeras apabila didiamkan hingga beberapa waktu dan mempunyai tekstur seperti batu.

6. Polymer Clay

Jenis ini terbuat dari PVC (polyvinyl chloride) yang selanjutnya dicampur menggunakan zat pewarna dan bahan kimia lainnya agar tidak mudah mengeras.

Untuk teksturnya yang kenyal bahkan hampir menyerupai lilin malam. Apabila Anda mau mengeraskan jenis ini, maka hanya cukup memasukkannya ke dalam oven.

Cara Membuat Clay dari Tepung Terigu

Cara Membuat Clay Terigu
freepik.com

Sebetulnya hal terpenting dalam membuat clay ini yaitu bagaimana agar clay yang Anda bikin menjadi kalis.

Nah, begitu pula jika mau buat clay dengan menggunakan bahan tepung terigu. Untuk takarannya pun wajib pas, agar nantinya adonan menjadi kalis dan dapat dibentuk dengan.

Cara membikin clay dari tepung terigu ini terbilang mudah, sebab bahan dibutuhkan pun nggak terlalu banyak.

Bahan-bahan :

  • Tepung Terigu 80 gram
  • Tepung Tapioka / Kanji 80 gram
  • Lem Putih / Lem Kayu 200 gram
  • Tepung Beras 80 gram

Langkah-langkah Membuat Clay dari Tepung Terigu :

  • Silahkan Anda campurkan tepung dengan lem putih, kemudian uleni sampai tercampur rata.
  • Jika sudah terbentuk menjadi adonan, maka Anda bagi menjadi beberapa bagian.
  • Setelah itu, berilah warna untuk setiap bagian menggunakan warna yang berbeda yaitu dengan cara memasukkan tusuk gigi ke dalam cat poster dan oleskan ke adonan.
  • Berikutnya pulung-pulung adonan sampai cat tersebut tercampur rata.
  • Apabila sudah selesai diwarnai, maka adonan clay siap digunakan.

Cukup mudahkan, cara membuat clay ini?

Memang kerajinan dari clay ini cukup menarik dan populer, sehingga tidak cuman dapat mempercantik ruangan atau rak pajangan Anda, melainkan juga dapat menjadi sumber penghasilan.

Selain itu, Anda juga boleh membuat clay ini sebagai hadiah buat mereka orang-orang terdekat Anda.

Tentunya bakal lebih berkesan kan, jika Anda memberikan hadiah buatan sendiri (handmade)?

Jadi gimana, tertarik untuk membuat clay ini, Genk’s?

Contoh Kerajinan Flour Clay Paling Unik

Di bawah ini adalah contoh-contoh kerajinan dari flour clay yang mudah dibuat dan juga nggak kalah keren dengan kerajinan lainnya.

1. Kerajinan Flour Clay Bentuk Bunga

Kerajinan flour clay bentuk bunga
youtube.com

Flour clay berbentuk bunga ini sangat cocok kalau Anda buat untuk dijadikan hiasan rumah.

Sebab dengan warna dan bentuknya bakal bisa membuat mata kita senang. Untuk jenis bunga yang dibuat pun dapat disesuaikan melalui selera masing-masing.

Biasanya kerajinan ini ada yang membuat bunga mawar, tulip, lily bunga matahari dan lainnya.

2. Buah-Buahan

Buah-Buahan
youtube.com

Hal ini dapat mendorong si anak agar lebih mengenal buah-buahan. Jadi, flour clay ini dapat dibentuk seperti itu.

Nah, kita boleh buat beberapa buah yang sering dilihat.

Contohnya seperti pisang, semangka, jeruk, apel, melon, stroberi dan lain-lain.

Selain itu, bisa juga membikin buah dengan bentuknya yang unik-unik seperti rambutan, durian, kelapa nangka, pepaya, delima dan lain-lain.

3. Panda dari Flour Clay

Panda dari Flour Clay
cateandbethskitchen.com

Panda adalah salah satu binatang yang dianggap sangat lucu. Dengan perpaduan antara warna putih dan hitam yang khas bakal membuat kerajinan berbentuk panda ini jadi lebih elegan dan simpel.

Apalagi jika ditambahkan aksesoris dasi hijau, topi, bunga dan renda bakal memberikan kesan yang menarik buat momen pernikahan.

4. Burung Imut dari Flour Clay

Burung Imut dari Flour Clay
storenvy.com

Burung yang dibuat menggunakan clay ini juga ternyata bisa memberikan kesan yang imut. Proses pembuatannya yang nggak terlalu sulit.

Oleh karena itu, kerajinan ini cocok sekali buat dijadikan sebagai benda hiasan dirumah Anda.

Atau mungkin Anda juga boleh menjadikannya sebagai pundi-pundi rupiah.

5. Burung Hantu Unik

Burung Hantu Unik
creativeartsworkshop.org

Untuk pola pada burung hantu ini bakal tampak lebih menawan. Jika Anda pengen membikinnya, maka mesti diperhatikan pada bagian bulunya sebab agak sedikit rumit dan perlu kesabaran yang ekstra.

Akan tetapi, setelah Anda berhasil membuatnya, maka Anda akan puas dengan hasil kerajinan flour clay yang satu ini.

6. Kerajinan Flour Clay Berbentuk Manusia

Kerajinan Flour Clay Berbentuk Manusia
ceramicartsnetwork.org

Nah, uniknya lagi, kerajinan adonan ini juga dapat dibentuk menjadi orang-orangan.

Jika pengen, maka kita juga boleh membentuk diri kita versi flour clay ini.

Atau boleh juga membentuknya menjadi idola kita seperti seniman, musisi maupun presiden sekalipun.

7. Gajah dari Flour Clay

Gajah dari Flour Clay
pinterest.com

Gajah merupakan hewan mamalia yang hidup di darat dengan bobot paling besar.

Namun, jika kita membikin kerajinan gajah dari bahan flour clay ini tentu saja akan membuat gajah tersebut unik dan menggemaskan.

Nah, selain itu Anda juga boleh menambahkan pita maupun hiasan lainnya supaya kerajinan gajah ini bisa tampak lebih lucu.

8. Beruang dari Flour Clay

Beruang dari Flour Clay
deviantart.com

Selain bentuk yang sudah kita bahas diatas, Flour clay ini juga dapat dibikin menjadi bentuk beruang coklat (sering disebut teddy bear).

Dalam pembuatannya juga boleh berpasangan yakni,  teddy bear laki-laki dan perempuan.

Selain warna coklat, warna tambahan lainnya yang dapat digunakan yaitu biru muda, merah muda, kuning, putih, coklat susu dan lainnya.

9. Tanaman Kaktus

Tanaman Kaktus
youtube.com

Siapa bilang kalau kaktus itu merupakan tumbuhan yang menyeramkan?

Faktanya kaktus juga boleh dijadikan sebagai kerajinan yang unik dan menggemaskan apalagi dari bahan flour clay ini.

Proses pembuatannya memang agak sulit, karena diperlukan kreativitas yang tinggi untuk membikinnya. Sekaligus menjadi tantangan baru buat Anda dalam mencoba membuatnya.

10. Ayam Lucu

Ayam Lucu
pinterest.com

Buat Anda yang mungkin nggak mau ribet, juga boleh nih coba kerajinan flour clay.

Dengan membentuk ayam lucu dari flour clay ini pokoknya dijamin cocok untuk menghiasi rumah Anda.

11. Aneka Kue dari Flour Clay

Aneka Kue dari Flour Clay
pinterest.com

Nah, selanjutnya Anda juga bisa buat kerajinan dengan beraneka macam kue dari flour clay.

Saat kerajinan ini sudah jadi, maka Anda harus bisa fokus dalam membedakan antara kerajinan ini dengan kue beneran, hehe!

12. Tikus dari Flour Clay

Tikus dari Flour Clay
youtube.com

Untuk kerajinan yang satu ini tentunya juga boleh Anda bikin sebagai referensi dalam pembuatan sebuah kerajinan, seperti tikus yang lucu.

Banyak orang menganggap bahwa tikus merupakan hewan yang menjijikkan dan ini akan berbanding terbalik apabila setelah melihat kerajinan flour clay berbentuk tikus yang satu ini.

13. Kuda Poni

Kuda Poni
instructables.com

Untuk kerajinan berbentuk kuda poni ini adalah salah satu jenis kerajinan tingkat tinggi.

Itu karena ketika membuatnya Anda akan membutuhkan kreativitas yang tinggi supaya dapat menghasilkan kerajinan ini.

14. Koala

Koala
littleclaykoalas.com

Jenis binatang yang eksotis dari Australia ini juga dapat dihadirkan dalam bentuk flour clay.

Biasanya koala ini diberi warna abu-abu. Selain itu, kita juga bisa memberinya ranting / dahan agar dia peluk.

15. Naga Keren

Naga Keren
thelurkingquirk.com

Untuk kerajinan yang satu ini juga hampir mirip dengan kuda poni, yakni butuh kreatifitas tingkat tinggi agar bisa menjadi kerajinan yang unik.

Akan tetapi, sulit bukan berarti tidak bisa, hanya saja memerlukan kesabaran yang ekstra dalam pembuatannya.

Oh, ya sampai disini dulu ya pembahasan kita kali ini tentang flour clay.

Jika Anda tertarik dalam membuatnya, maka silahkan pelajari dulu secara cermat terkait tata cara dan bahan-bahannya.

Kerajinan terkait lainnya juga tersedia di Genemil seperti kerajinan tangan dari plastisin.

Semoga bermanfaat dan bisa menambah wawasan kita semua, serta boleh Anda coba dirumah.

Oke, jika berhasil jangan lupa beri tahu kami ya dengan cara berbagi cerita Anda melalui kolom komentar di bawah.

Selamat mencoba!

Leave a Comment

5 × three =