Kerajinan dari Plastisin

Kerajinan dari Plastisin Saat ini udah ada banyak sekali mainan anak yang bermunculan.

Oleh karenanya juga, banyak mainan yang telah lebih dulu ada, kini tergeserkan oleh keberadaan mainan baru tersebut.

Meski ada juga beberapa mainan lama yang masih tetap dimainkan sampai sekarang ini, dan salah satunya adalah plastisin.

Dimana plastisin ini menjadi mainan jadul yang masih eksis, sebab selain mudah digunakan oleh anak-anak.

Disamping itu, plastisin ini juga dapat membantu perkembangan imajinasi serta sistem motorik halus pada anak.

Jadi, Apa Itu Plastisin?

Plastisin adalah sebuah mainan sederhana berbentuk gumpalan tanah liat yang bisa dibuat dengan bentuk sesuai keinginan.

Selain itu, juga bisa digunakan untuk media bermain anak dan sekaligus menjadi sarana edukatif.

Plastisin mempunyai berbagai macam warna, sehingga hal ini bisa menarik perhatian oleh si anak.

Disamping sebagai mainan anak, plastisin juga bisa dipakai dalam menghias berbagai benda dirumah. Contohnya seperti bingkai foto, tempat tisu, tempelan kulkas dan masih banyak lagi.

Plastisin ini sebetulnya merupakan sebuah nama merek produk dan tidak nama benda sebagai pemodelan tanah liat tersebut. Dimana perusahaan yang mempunyai nama merek dagang itu yakni Flair Leisure Product plc.

Namun, apakah plastisin aman dimainkan buat anak-anak?

Ya, sesuai tujuannya, plastisin ini dibikin untuk digunakan oleh anak.

Jadi, tentu saja ini sudah distandarisasi keamanan untuk penggunaannya pada usia anak-anak. Oleh karena itu, Anda nggak perlu mengkhawatirkannya.

Tetapi, apabila Anda meragukan keamanan dari produk ini, maka Anda boleh membuatnya sendiri di rumah, karena caranya sangat gampang kok.

Jadi, gimana cara pembuatannya ?

Cara Membuat Kerajinan Plastisin (Playdough)

Siapkan dulu beberapa alat yang dibutuhkan :

  1. Wadah / Mangkuk besar untuk mengaduk adonan
  2. Sendok / pengaduk

Jika sudah, sediakan bahan-bahan yang Anda perlukan :

  • 1 gelas air
  • 4 gelas tepung
  • 1 ½ gelas garam
  • 2 hingga 4 sendok makan minyak goreng
  • 5 tetes pewarna makanan
  • Glitter (opsional)

1. Siapkan Segelas Air

cara membuat plastisin dengan mudah
via wikihow.com

Silahkan Anda tuang satu gelas air kedalam mangkuk / wadah yang cukup besar sebagai tempat untuk menampung sekaligus mengaduk semua bahan.

2. Berikan Pewarna Makanan

cara membikin plastisin
via wikihow.com

Kemudian masukkan pewarna makanan sesuai warna yang diinginkan, namun nggak perlu terlalu banyak.

Karena semakin banyak pewarna yang Anda berikan, maka akan semakin pekat warna plastisinnya.

3. Tuangkan Bahan-Bahan Kering

cara buat plastisin
via wikihow.com

Setelah itu, Anda masukkan 4 gelas tepung beserta 1,5 gelas garam ke dalam wadah yang sudah berisi air dan pewarna tadi.

4. Tambahkan Minyak Goreng

cara bikin plastisin
via wikihow.com

Nah, fungsi minyak disini adalah untuk membuat plastisin (playdough) menjadi lunak dan agar mudah dibentuk nantinya.

Namun, Anda mulai dengan 2 sendok makan minyak terlebih dulu, apabila adonannya sudah menggumpal atau mulai mengering, maka bisa ditambahkan beberapa sendok lagi.

5. Masukkan Glitter (Opsional)

cara membuat plastisin
via wikihow.com

Jika Anda menambahkan glitter ke dalam plastisin (playdough), maka silahkan taburkan dengan jumlah yang cukup banyak. Kemudian aduklah untuk mencampurkan glitter hingga merata.

*Apabila Anda memakai glitter, maka jangan sampai playdough ini termakan oleh sang anak ya.

6. Uleni dan Remas Adonan Plastisin

cara pembuatan plastisin
via wikihow.com

Langkah selanjutnya adalah dengan menguleni adonan plastisin atau playdough menggunakan tangan hingga lembut serta dengan tingkat kelembekan yang diinginkan.

Nah, apabila adonannya kering dan menggumpal, maka perlu tambahkan lagi minyak goreng sebanyak 1 atau 2 sendok makan.

7. Simpan Plastisin (Playdough)

cara membuat plastisin sendiri
via wikihow.com

Terakhir, jika sudah hangat dan kalis, kemudian Anda bentuk menjadi bola-bola.

Selesai deh, kini adonan sudah siap dipakai untuk bermain sambil belajar, terutama pada keterampilan membentuk sesuai keinginan!

Kalau nggak sedang digunakan, maka simpanlah playdough ini ke dalam wadah kedap udara seperti plastik misalnya.

Tertujuan adalah supaya adonan plastisin ini bisa tetap lembut dan mudah untuk dibentuk.

Tips Membuat Plastisin (Playdough)

Pertama, untuk melakukan penyimpanan pada permainan plastisin atau playdough usai digunakan, Maka bungkus mainan ini di dalam kantong wadah plastik supaya mencegah plastisinnya mudah mengering.

Anda juga boleh simpan plastisin ini ke dalam kulkas untuk menjadikannya agar lebih tahan lama.

Namun, biasanya lilin plastisin hanya bisa bertahan sekitar 3 sampai 7 hari saat disimpan ke dalam kulkas.

Kedua, Anda jangan sepelekan fungsi dari garam ini, sebab garam yang ditambahkan dalam adonan tersebut fungsinya adalah untuk mengikat air.

Sehingga kekenyalan dan kelembaban adonan bisa bertahan lebih lama.

Ketiga, untuk minyak goreng sebagai bahannya boleh diganti menjadi minyak bayi (baby oil) dengan aroma yang lebih wangi, terutama kalau adonannya nggak memakai minyak aroma.

Contoh Bentuk Kerajinan dari Plastisin

Plastisin ini memang sangat mudah sekali dibentuk menjadi sesuai keinginan. Hal inilah yang kadang membuat Anda pengen bereksperimen membikin berbagai macam bentuk kerajinan dari plastisin.

Disini Genemil.com punya beberapa ide cemerlang mengenai bentuk kerajinan dari plastisin yang dapat memacu kreativitas yang Anda miliki.

Untuk bahan yang diperlukan cuma plastisin saja dengan berbagai warna yang kemudian untuk penggunaan warnanya boleh disesuaikan dengan bentuk yang akan dibikin.

1. Kerajinan Plastisin Bentuk Gajah

Kerajinan Plastisin Bentuk Gajah
pixabay.com

Gajah merupakan binatang yang cukup populer bagi kalangan anak-anak. Sebab untuk bisa membentuknya, Anda cukup perlu lakukan beberapa metode berikut ini :

  • Langkah pertama, Anda siapkan dulu 3 warna plastisin, yakni biru muda, hitam dan putih.
  • Setelah itu, buatlah bagian-bagian tubuh gajah, seperti badan, belalai, ekor, 2 mata, 2 telinga, 2 gading dan 4 kaki.
  • Pada pembagian warnanya, warna putih untuk mata dan gadingnya, lalu hitam untuk bagian tengah mata, putih untuk bagian tengah telinga dan warna biru muda untuk seluruh bagian badannya.
  • Jika sudah, maka rangkai semua bagian-bagian tubuh gajah yang sudah dibuat tadi.

Tips : Teruslah berlatih supaya hasilnya dapat mirip sesuai bentuk gajah aslinya.

2. Kerajinan Plastisin Bentuk Ikan Paus

Kerajinan Plastisin Bentuk Ikan Paus
youtube.com

Untuk cara membuat plastisin menjadi bentuk ikan paus ini cukup simpel, ikuti langkah-langkah berikut ini :

  • Sediakan dulu 3 warna plastisin, seperti biru muda, hitam dan putih.
  • Kemudian buatlah bagian-bagian tubuh ikan paus, diantaranya badan, mata, ekor dan 2 sirip. Untuk bentuk  matanya cukup dibuat dengan bulatan hitam kecil.
  • Setelah itu, untuk siripnya berwarna putih, mata berwarna hitam dan sisanya adalah warna biru muda semua.
  • Terakhir, rangkailah semua anggota tubuh ikan paus yang sudah dibuat tadi.
  • Selesai deh, kini kerajinan dari plastisin dengan bentuk ikan paus telah jadi.

Gimana, sangat proses pembuatannya cukup sederhana dan praktis bukan?

3. Kerajinan Plastisin Bentuk Jerapah

Kerajinan Plastisin Bentuk Jerapah
pinterest.com

Untuk hewan jerapah ini sendiri mempunyai bentuk badan yang sebetulnya nggak terlalu sulit untuk ditiru.

Caranya simpel, sebab Anda cuma perlu ikuti langkah-langkah berikut ini :

  • Siapkan dulu 4 warna plastisin, yaitu kuning, coklat terang, putih dan hitam.
  • Kemudian buatlah bagian tubuh jerapah, seperti badan, kepala, leher panjang, ekor dan 4 kaki. Sebagai ilustrasi lihat gambar diatas.
  • Jika sudah, maka sambungkan seluruh bagian tubuh supaya menyatu sampai terbentuk menjadi seekor jerapah.

Anda nggak perlu buat bentuknya terlalu mirip, yakni seperti membuat leher panjang yang kecil. Sebab dengan membuatnya dapat dikenali sebagai jerapah saja itu sudah lebih dari cukup.

4. Kerajinan Plastisin Bentuk Makanan

Kerajinan Plastisin Bentuk Makanan
itaiwantrade.com

Untuk contoh bentuk makanan pada kerajinan plastisin ini yaitu hamburger dan kentang goreng. Pada pembuatan bentuknya sendiri mempunyai tingkat kesulitan yang lebih tinggi dibandingkan bentuk yang sebelumnya.

Jadi, mungkin saja Anda mencoba membentuknya hingga berulang-ulang kali.

  • Sediakan dulu 5 warna plastisin, yakni kuning, coklat muda, coklat tua, orange dan hijau tua.
  • Kemudian buatlah bentuk susunan hamburger dan juga kentang goreng.
  • Pada susunan hamburger ini terdiri dari roti berwarna coklat muda, daging berwarna coklat tua, sayuran berwarna hijau, tomat berwarna orange dan keju berwarna kuning. Sedangkan kentang goreng yang digunakan adalah plastisin berwarna kuning.
  • Langkah berikutnya susun hamburger dan kentang goreng ke dalam sebuah piring.

Ups! untuk bentuk makanan kerajinan dari plastisin ini jangan sampai Anda makan beneran ya. Hehe.

5. Kerajinan Plastisin Bentuk Sayuran

Kerajinan Plastisin Bentuk Sayuran
freepik.com

Untuk membentuk plastisin menjadi sayur-sayuran memang agaklah sulit. Karena Anda perlu beberapa percobaan agar menjadikannya tampak sangat mirip.

Berikut ini adalah langkah-langkah pembuatannya :

  • Anda cuma perlu buat 2 sayuran, yakni wortel dan terong.
  • Setelah itu, sediakan 3 warna plastisin, dengan warna orange, hijau muda dan ungu.
  • Langkah selanjutnya, Anda buat bagian-bagiannya seperti pada gambar diatas dan rangkai hingga menyatu.

6. Kerajinan Kue dari Plastisin

Kerajinan Kue dari Plastisin
freepik.com

Biasanya saat anak berulang tahun tentunya akan disajikan sebuah kue tart atau roti untuk hidangannya.

Nah, dengan menampilkan replika kue tart juga nggak ada salahnya kan ?

Namun kue tart yang satu ini nggak bisa dimakan lho, hanya saja dibuat sebagai dekorasi ataupun hiasan untuk menambah kesan keindahan pesta.

7. Kerajinan Manusia Salju dari Plastisin

Kerajinan Manusia Salju dari Plastisin
behance.net

Saat merayakan hari Natal tentunya akan memberikan hiasan berupa manusia salju di antara pohon Natal agar memberikan kesan yang indah.

Kalau pada umumnya manusia salju dibuat memakai bahan plastik, tetapi kali ini Anda dapat memilih manusia salju dari kerajinan plastisin yang menarik dan tentu saja unik.

8. Miniatur Buah dari Plastisin

Miniatur Buah dari Plastisin
pinterest.com

Di beberapa ruang tamu rumah biasanya seringkali pemiliknya memberikan hiasan seperti buah-buahan yang berbahan plastik sebagai hiasannya.

Nah, siapa sangka kalau ternyata plastisin juga dapat dibuat sebagai hiasan miniatur buah untuk pajangan di ruang tamu rumah Anda lho.

9. Tempat Lilin dari Plastisin

Tempat Lilin dari Plastisin
kidworldcitizen.org

Jika Anda suka memakai lilin di tempat kamar tidur seperti lilin wangi. Pastinya akan memerlukan tempat sebagai wadah pada lilin.

Tentunya sebagai tempat meletakkan lilin bisa memakai bahan dari plastisin yang boleh dibentuk hingga sedemikian rupa seperti bunga maupun lainnya.

10. Pot Bunga dari Plastisin

Pot Bunga dari Plastisin
freepik.com

Untuk pot bunga dari plastisin ini sendiri juga merupakan salah satu kerajinan dari plastisin yang cocok Anda buat sebagai dekorasi rumah.

Boleh dibilang hiasan ini cukup pantas dan manis jika diletakkan diatas meja tamu guna memberikan unsur asri di wilayah ruangan.

11. Mainan Handphone dari Plastisin

Mainan Handphone dari Plastisin
weblancer.net

Ini adalah salah satu jenis kerajinan plastisin yang pembuatannya cukup mudah untuk dibuat.

Bahkan untuk anak-anak sendiri pun dapat membuatnya hanya dengan plastisin yang telah ada.

Jadi, Anda tinggal berikan edukasi dan contohnya saja, setelah itu barulah Anda biarkan anak-anak untuk berkreasi sendiri dalam membikin handphone dari plastisin.

Baca juga : cara membuat miniatur dari batok kelapa dengan mudah.

Cara Memaksimalkan Plastisin Pada Perkembangan Anak

Bagi anak yang bermain plastisin ini, maka akan dengan nggak sengaja tengah melatih sistem motorik halus dan mengembangkan daya imajinasinya.

Sistem motorik halus yaitu kemampuan seorang anak untuk melakukan aktivitas memakai otot kecil. Contohnya seperti menulis, menggambar, menyusun puzzle dan lain sebagainya.

Supaya bisa lebih maksimal lagi dalam mengembangkan kemampuan anak, maka sedikit akan Genemil.com berikan gambaran untuk Anda :

  • Lakukan aktivitas saat suasana bermain

Hal ini dilakukan sebab dalam suasana bermain, anak akan merasa gembira dan bebas. Akan tumbuh minat dan keinginan dari diri sendiri dalam melakukan aktivitas.

  • Sesuaikan warna supaya lebih menarik perhatian

Silahkan Anda berikan plastisin dengan warna-warni yang cerah, agar menumbuhkan minat anak dalam membentuknya.

Metode ini wajib dilakukan, karena anak nggak menyukai warna-warni yang terlihat pucat/gelap.

  • Mulailah dengan satu contoh mudah

Pertama kalinya, cobalah untuk mengajarkan perlahan dalam membuat objek atau benda yang mudah dibentuk.

Contohnya seperti kotak, segitiga, persegi panjang dan lain sebagainya.

  • Kita biarkan anak membentuknya sendiri

Selanjutnya, coba Anda biarkan sang anak untuk mencoba membentuknya sendiri.

Jadi, Anda tinggal berikan contoh benda atau objek sederhana dan kemudian amati bagaimana anak tersebut meniru tanpa perlu bantuan.

Aktivitas ini bisa merangsang keterampilan tangan maupun kemampuannya dalam berpikir logis bagi si anak.

  • Menaikkan tingkat kesulitan pada sebuah benda tiruan

Jika anak sudah meniru benda yang cukup sederhana dan mudah untuk dibentuk.

Langkah berikutnya, coba berikan benda yang lebih sulit ditiru seperti hewan panda, gajah, jerapah maupun sejenisnya.

  • Biarkan sang anak membentuknya dengan sesuka hati

Setelah itu, biarkan anak membentuknya sesuka hati.

Nggak perlu ikut andil dalam membuat sebuah karyanya, sebab imajinasinya disini sedang berjalan.

Karena anak akan membikin apapun yang terlintas di pikirannya.

Entah itu cuma sebuah bulatan, potongan-potongan kecil, atau silinder panjang nggak masalah.

Pada saat seperti inilah anak akan mengembangkan potensi diri dan kemampuan berpikir kreatif, dan akan sangat berguna di masa mendatang.


Akhir Kata

Nah, dari kerajinan plastisin di atas, Anda bisa buat variasi lagi dengan berbagai macam hewan, sayuran ataupun makanan sesuai imajinasi Anda.

Oh ya, silahkan ceritakan juga pengalaman Anda untuk pengunjung lainnya dengan mengisi komentar pada kolom dibawah ini ya.

Sekian dan terima kasih, semoga bermanfaat!

Leave a Comment

1 × two =