Contoh Hewan Karnivora

Setelah berhasil merangkum artikel tentang hewan pemakan tumbuhan (herbivora) melalui postingan sebelumnya. Kali ini Genemil akan menjelaskan mengenai pengertian, ciri ciri hingga contoh hewan karnivora.

Terdapat 3 jenis hewan menurut makanannya yakni herbivora, karnivora dan omnivora.

Dari ketiga jenis penggolongan hewan tersebut berdasarkan makanan, bentuk tubuh sampai habitat dan kemampuannya.

Setiap jenis hewan tersebut biasanya mempunyai hal yang berbeda-beda.

Pengertian Hewan Karnivora

pengertian hewan karnivora
pixabay.com

Untuk hewan pemakan daging ini biasanya disebut juga dengan karnivora, dan merupakan jenis pengelompokan hewan dari jenis makanannya, yakni daging.

Kata dari karnivora ini sendiri berasal dari bahasa Latin yakni “Caro” yang berarti daging dan “Vorare” yang berarti memakan.

Mengenai ciri khusus dari hewan pemakan daging ini, yaitu mempunyai kemampuan khusus dalam melumpuhkan mangsanya, mulai dari struktur gigi/taring, kuku/cakar, dan lain sebagainya.

Pada umumnya hewan karnivora adalah predator dalam sebuah siklus contoh rantai makanan. Untuk predator yang menempati urutan paling atas pada rantai makanan yakni disebut sebagai predator tingkat tinggi.

Jenis hewan karnivora ini sangat bergantung dan sangat mengandalkan daging sebagai pemenuh asupan tubuhnya.

Oleh sebab itu, tak heran bila hewan karnivora akan mati jika dalam waktu tertentu kebutuhan nutrisi dan makanannya tidak terpenuhi.

Ciri Ciri Hewan Pemakan Daging

Setiap binatang atau hewan pastinya mempunyai suatu perbedaan dengan binatang lainnya. Pada setiap hewan pasti memiliki paling tidak sedikitnya 3 ciri yang berbeda, yaitu makanan, habitat, dan kebiasaan.

Berikut ini merupakan ciri khas dari hewan pemakan daging (karnivora). Pastinya memiliki salah satu atau lebih dari ciri-ciri tersebut.

  • Memiliki kemampuan kecepatan berlari.
  • Mempunyai penglihatan yang sangat tajam pada siang hari maupun saat malam hari.
  • Memiliki pendengaran yang sangat peka pada suatu gerakan.
  • Mempunyai taring yang tajam dan kuat untuk merobek daging dari mangsanya.
  • Habitat dari hewan karnivora ini kebanyakan berada di daratan seperti hutan, alam liar dan padang savana.
  • Termasuk juga kedalam kelompok hewan buas atau hewan predator atau sebagai pemangsa.
  • Untuk makanan pokok dari hewan karnivora ini adalah daging segar.
  • Hewan karnivora atau pemakan daging kebanyakan merupakan hewan yang menyusui anaknya.
  • Mempunyai kemampuan yang sangat baik dalam setiap melumpuhkan mangsanya.
  • Hewan karnivora atau hewan pemakan daging memiliki tulang belakang.

Kebanyakan habitat dari hewan karnivora ini adalah hidup di daratan bila dibandingkan dengan di air dan udara. Karena di daratan lebih banyak mangsa yang dapat untuk dijadikan sebagai makanan.

Hewan pemakan daging ini lebih banyak tinggalnya di dalam hutan yang lebat. Kalau di luar negeri sendiri hewan-hewan karnivora seperti ini bakal dikembangkan di alam liar.

Jenis-Jenis Hewan Pemakan Daging

Kategori hewan karnivora terbagi menjadi 3 bagian berdasarkan dari tingkat konsumsi daging yaitu hiperkarnivora, mesokarnivora dan hipokarnivora.

Berikut ini penjelasannya :

  • Hiperkarnivora: Merupakan jenis hewan karnivora yang paling banyak memakan daging karena tidak dapat mencerna tumbuhan dengan baik. Sehingga 70% makanannya adalah berasal dari daging seperti ular, singa, harimau, kadal dan lain sebagainya.
  • Mesokarnivora: Merupakan jenis hewan karnivora yang bergantung pada daging sekitar 50%. Selain mengkonsumsi daging, jenis hewan karnivora ini juga memakan buah-buahan, jamur dan sayuran yang biasanya berukuran kecil seperti rubah dan rakun.
  • Hipokarnivora: Merupakan jenis hewan karnivora yang paling sedikit makan daging yaitu sekitar 30% saja. Karena itu, terkadang hewan ini pun dianggap sebagai omnivora karena juga memakan kacang-kacangan, ikan, akar dan juga beri.

Karakteristik Hewan Karnivora

Meskipun hewan karnivora mempunyai bentuk dan ukuran yang bervariasi. Namun, tetap ada beberapa persamaan seperti mempunyai otak yang relatif besar dan tingkat kecerdasan tinggi.

Selain itu, hewan pemakan daging (karnivora) juga memiliki sistem pencernaan yang tidak terlalu rumit seperti hewan herbivora.

Walaupun karnivora merupakan hewan pemakan daging pada tingkatan tertentu, tetapi frekuensi makan dapat sangat bervariasi.

Pada karnivora berdarah panas akan lebih banyak membakar kalori sehingga wajib sering makan dan berburu dalam menjaga tingkatan energi.

Sedangkan untuk karnivora yang tinggal di wilayah dingin akan menggunakan lebih sedikit kalori sehingga dapat beristirahat selama beberapa hari, bahkan beberapa bulan di antara waktu makan.

Fungsi Karnivora Dalam Rantai Makanan

Hewan karnivora ini berada dalam tingkat trofik saat bersama dengan omnivora. Karena hewan ini berada di tingkat teratas dalam rantai makanan, maka karnivora akan berfungsi dalam menjaga populasi hewan lainnya.

Jika populasi hewan karnivora ini musnah karena disebabkan oleh bencana alam, penyakit, intervensi manusia ataupun karena faktor lainnya.

Maka sebuah wilayah akan mengalami kelebihan populasi makhluk hidup lain yang lebih rendah di dalam rantai makanan.

Yuk! Simak pembahasan selanjutnya mengenai contoh hewan avertebrata.

Cara makan hewan karnivora

Tergantung dari jenis hewan dan jenis jaringan yang mereka makan, karnivora bisa diklasifikasikan menjadi beberapa jenis, termasuk sebagai berikut :

  • Avivora : Mengkonsumsi burung.
  • Insektivora : Mengkonsumsi serangga.
  • Hematofag : Mengkonsumsi darah.
  • Ovivora : Mengkonsumsi telur.
  • Piscivora : Mengkonsumsi ikan.
  • Vermivora : Mengkonsumsi cacing.

Hewan Pemakan Daging (Karnivora)

Contoh Hewan Karnivora Yang Hidup di Darat

1. Singa

singa pemakan daging
pexels.com

Hewan yang satu ini terkenal akan kebuasannya dan merupakan jenis hewan karnivora yang mendapat julukan sebagai raja hutan.

Singa adalah hewan yang termasuk ke dalam kelompok spesies mamalia (menyusui).

Singa mempunyai kemampuan berlari diatas rata-rata dari jenis hewan berkaki empat lainnya. Kemampuannya dalam berlari mampu mencapai kecepatan 50 mil/jam.

Selain itu singa juga mempunyai cakar yang sangat tajam dan gigi taring yang mampu mengoyak tubuh mangsanya.

Tak heran jika singa diberi juluki sebagai raja hutan dan merupakan jenis kucing terbesar setelah harimau.

2. Harimau

harimau pemakan daging
pixabay.com

Harimau tergolong kedalam hewan mamalia yang mempunyai tulang belakang dan berdarah panas. Hewan ini juga merupakan spesies kucing terbesar dari jenisnya, dan bahkan melebihi ukuran singa.

Selain itu, harimau juga tergolong sebagai kucing tercepat setelah saudaranya, yakni cheetah.

Harimau ini termasuk hewan karnivora, dan biasanya mereka memburu mangsa dengan ukuran badan yang lebih besar. Contohnya seperti rusa, zebra, kijang, domba, babi dan hewan mamalia lainnya.

Jika hewan tersebut tidak ditemukan oleh harimau, maka mereka mencari hewan dengan ukuran yang lebih kecil seperti landak.

3. Macan

macan pemakan daging
pixabay.com

Hewan ini juga masih termasuk jenis kucing, dan merupakan hewan pemakan daging yang mempunyai badan yang sedang.

Macan memiliki sangat banyak jenis, berikut diantaranya :

  • Macan kumbang
  • Black panther
  • Macan rembah
  • Macan tutul
  • Jaguar.

Macan mempunyai bulu berwarna kecoklatan dan memiliki bintik hitam diseluruh tubuhnya serta mempunyai ukuran kaki yang tidak begitu panjang.

4. Serigala

serigala pemakan daging
pixabay.com

Serigala adalah hewan pemakan daging yang hampir serupa dengan anjing. Hewan ini merupakan jenis pemakan daging (karnivora) yang kecil bila dibandingkan dengan jenis lain nya.

Serigala mempunyai ciri khas yaitu aumannya yang terbilang cukup keras dan sangat menyeramkan. Selain itu hewan ini tergolong hewan ganas dan juga buas.

5. Anjing

anjing pemakan daging
pixabay.com

Berikutnya adalah anjing, hewan ini memiliki spesies yang sangat beragam. Anjing juga sama halnya dengan jenis hewan karnivora lainnya yakni sebagai pemakan daging.

Anjing merupakan binatang yang seringkali dipelihara oleh manusia untuk menjaga keamanan rumah maupun untuk dijadikan sebagai pemburu binatang dengan penciuman yang sangat tajam.

Selain itu, jenis hewan pemakan daging ini juga termasuk kedalam ke hewan yang pandai bila dibandingkan dengan hewan lainya.

Seringkali anjing digunakan oleh polisi dalam membantu tugas polisi seperti digunakan untuk anjing pelacak yang ganas.

6. Kucing

kucing pemakan daging
pixabay.com

Kucing merupakan salah satu hewan yang termasuk kedalam golongan mamalia pemakan daging (karnivora).

Pada dasarnya kucing tidak terlalu membahayakan manusia, karena Kucing mempunyai tubuh kecil yang ditutupi oleh bulu dengan beragam variasi warna.

Karena keindahan dari bentuk tubuh dan warna bulunya, tak sedikit manusia yang menjadikannya sebagai hewan peliharaan.

Meskipun ada sebagian kecil manusia yang tidak menyukai hewan ini. Kucing sudah berbaur dan bersanding dalam kehidupan manusia sejak 6.000 tahun.

7. Musang

musang pemakan daging
pixabay.com

Musang merupakan salah satu sebutan yang diberikan dalam sekelompok mamalia pemangsa dari suku viverridae.

Hewan ini juga salah satu hewan malam dan mereka mempunyai kemampuan dalam memanjat yang baik.

Biasanya hewan ini hidup di daerah pemukiman warga termasuk juga daerah perkotaan. Hewan ini cenderung hewan karnivora yang mempunyai ukuran tubuh yang kecil, tetapi tergolong sebagai hewan yang gesit.

Umumnya musang melindungi diri adalah dengan berpura-pura mati supaya musuhnya terkecoh. Kemudian setelah musuhnya pergi musang akan segera pergi ke tempat yang lain.

Ketika posisi musang dalam keadaan yang tak memungkinkan maka musang akan langsung spontan berpura-pura mati.

Saat itulah musuh musang akan lengah dan musang dapat lolos atau berlari dari musuhnya tersebut.

8. Komodo

komodo pemakan daging
pixabay.com

Komodo merupakan spesies kadal dan termasuk jenis kadal terbesar yang ada di dunia. Hewan ini hidup di pulau komodo, dan untuk komodo dewasa mempunyai ukuran tubuh mencapai 2-3 meter.

Karena mempunyai ukuran tubuh yang besar, maka mereka mampu memangsa hewan mamalia atau reptil lainnya.

Hewan ini juga adalah salah satu hewan yang populer di kebun binatang.

Hal ini disebabkan karena hewan ini termasuk hewan yang mempunyai tubuh yang besar dan tergolongan sebagai hewan buas.

Perlu diketahui bahwa hewan ini berkembang biak dengan cara ovovivipar. Selanjutnya kekuatan komodo ini sendiri terletak di ekor serta rahangnya yang kuat dan air liur yang memiliki racun.

9. Biawak

biawak pemakan daging
pixabay.com

Biawak (Varanus) juga masih termasuk kedalam jenis kadal. Hanya saja badannya yang berukuran lebih besar bila dibandingkan dengan kadal pada umumnya, namun tidak sebesar ukuran badan komodo.

Kadal besar ini banyak tersebar di wilayah yang beriklim panas dan tropis seperti di benua Asia, Afrika, dan Australia.

Biasanya biawak bersarang tidak jauh dari perairan, seperti sekitar hilir sungai, hutan lembab, dan padang rumput.

Biawak juga termasuk kedalam jenis hewan pemakan daging atau disebut dengan karnivora. Jenis makanannya boleh berupa telur hewan lain, serangga, katak, ikan, ketam, burung, tikus, dan hewan lainnya yang berukuran lebih kecil darinya.

10. Cheetah

cheetah pemakan daging
pexels.com

Cheetah merupakan hewan yang terkenal memiliki kecepatan berlari dan juga termasuk contoh hewan karnivora selanjutnya. Hewan ini memiliki ukuran tubuh yang bisa dibilang cukup besar yang hampir sama dengan ukuran harimau.

Hewan ini dalam hal mencari mangsa adalah dengan menggunakan cara individu atau sendirian dalam berburu. Cheetah ini berkembang biak di dalam hutan yang sangat luas dan lebat.

Karena, cheetah jika saat di dalam hutan akan lebih mudah dalam mencari makannya, sebab banyaknya binatang buruan.

Biasanya cheetah akan memakan hewan lain seperti, kijang. babi, rusa, dan lain-lain.

11. Beruang

beruang pemakan daging
pexels.com

Burung merupakan salah satu contoh hewan karnivora yang spesiesnya masih bisa dengan mudah ditemui di seluruh dunia. Hewan ini memiliki ukuran tubuh yang sedang dan juga ada yang berukuran besar.

Kalau di Indonesia juga mempunyai beruang asli yakni dari daerah Bengkulu.

Ada ciri khas yang dimiliki oleh hewan satu ini, yakni berupa warna hitam pada setiap tubuhnya. Ada pula jenis beruang yang memakan tumbuhan. Yaitu beruang madu yang banyak tinggal di hutan dan dekat dengan lahan pertanian warga setempat.

Contoh Hewan Karnivora Yang Hidup di Udara

1. Burung Rajawali

burung rajawali pemakan daging
pxhere.com

Contoh hewan pemakan daging yang pertama yaitu burung rajawali. Rajawali adalah burung yang berhabitat di dalam hutan yang belum pernah dijelajahi oleh manusia.

Burung rajawali merupakan hewan pemakan daging yang saat ini banyak ditemukan di benua Eropa, Asia, dan Tiongkok.

Burung rajawali ini memiliki keunggulan dalam terbang dan mampu bertahan dalam waktu lama ketika terbang di udara.

2. Burung Elang

burung elang pemakan daging
pixabay.com

Burung elang merupakan hewan yang termasuk kedalam kategori jenis hewan berdarah panas dan memiliki kecepatan terbang yang sangat cepat.

Elang sangat banyak ditemui di hutan-hutan seperti wilayah Sumatera, Jawa, dan Kalimantan. Elang juga termasuk sebagai jenis hewan karnivora yang mencari mangsa di daratan dan juga perairan.

Burung elang ini sendiri lebih sering mencari makanannya di perairan, karena salah satu makanan pokok dari burung ini adalah ikan.

3. Burung Hantu

burung hantu pemakan daging
pixabay.com

Burung Hantu adalah jenis burung yang memakan daging dan burung ini sangat dilindungi di Indonesia karena selalu disangkut pautkan dengan hal-hal yang berbau mistis.

Untuk bentuk wajah dari burung hantu ini juga sangatlah unik karena memiliki dua bola mata yang cukup besar layaknya manusia.

4. Burung Pelikan

burung pelikan contoh hewan karnivora
pixabay.com

Burung pelikan merupakan contoh hewan karnivora yang memiliki bentuk yang sangat unik dan mempunyai ciri khas tersendiri dengan paruhnya yang lebar dan besar serta kakinya yang panjang.

Burung pelikan termasuk kedalam hewan karnivora karena burung ini memangsa ikan-ikan kecil yang berada di pinggiran sungai.

Jenis burung ini banyak ditemukan di benua Afrika dan Eropa. Di daerah berkembangbiak burung pelikan hidup dengan cara membentuk suatu kelompok yang sangat banyak.

Contoh Hewan Karnivora Yang Hidup di Air

1. Ular

ular contoh hewan karnivora
pixabay.com

Ular merupakan hewan yang memiliki spesies banyak sekali, dari kebanyakan spesies ular. Ada salah satu jenis ular yang kini sangat terkenal dengan memiliki bisa yang sangat mematikan yakni ular king cobra.

Bisa dari ular king cobra ini sangat terkenal dengan racunnya yang dapat membunuh mangsanya hanya dalam hitungan menit saja.

King cobra ini membunuh mangsanya adalah dengan cara menyemburkan racunnya ke bagian tubuh mangsanya saja ataupun digigit.

2. Buaya

buaya contoh hewan karnivora
pexels.com

Contoh hewan karnivora yang berikutnya adalah buaya, selain binatang karnivora buaya juga termasuk kedalam hewan reptil.

Hewan ini mempunyai habitat utama di air tawar, danau, rawa dan wilayah yang lembab. Akan tetapi, ada sebagian kecil jenis buaya yang hidup di daerah perairan air payau atau danau.

Buaya ini juga termasuk kedalam golongan hewan yang berkembangbiak secara ovovivipar.

Makanan utama dari hewan ini adalah hewan-hewan vertebrata (mempunyai tulang belakang). Terkadang hewan ini juga memakan jenis reptil, moluska, mamalia, krustasea dan bahkan manusia.

3. Pinguin

pinguin contoh hewan karnivora
pexels.com

Pinguin ini termasuk kedalam hewan pemakan daging karena hewan tersebut memakan ikan-ikan kecil yang bermunculan pada batuan es yang terletak di kutub.

Hewan ini bekembang biak dengan cara berkelompok dengan jumlah yang tak sedikit.

Ciri khas dari hewan pinguin yaitu tempat tinggalnya yang sangat dingin seperti di daerah kutub utara dan kutub selatan.

4. Anjing Laut

anjing laut contoh hewan karnivora
pexels.com

Contoh hewan karnivora berikutnya adalah anjing laut dan seringkali kita jumpai dalam acara sirkus karena anjing laut ini dapat melakukan akrobatik yang memukau apabila dilatih secara rutin.

Anjing laut ini memakan ikan-ikan yang berukuran sedang untuk sebagai makanannya.

Hewan ini cukup berbeda dengan hewan lainnya, karena memiliki kelebihan pada sistem otaknya.

5. Ikan Tuna

ikan tuna contoh hewan karnivora
pixabay.com

Ikan tuna mempunyai jenis yang sangat beraneka ragam di dalam air dan hidup di habitat tengah laut pada kedalaman yang paling dasar.

Hewan ini memiliki ukuran tubuh mencapai 4 meter dan rata-rata berat dari ikan tuna dewasa adalah sekitar 70 hingga 80 kg.

Ikan tuna menjadi salah satu predator di dalam lautan dan dapat ditemui dalam perairan China dan Korea, karena ikan tuna memiliki habitat asli disana.

6. Ikan Piranha

ikan piranha contoh hewan karnivora
pixabay.com

Contoh hewan karnivora selanjutnya adalah ikan piranha, dimana hewan ini hidup di sungai amazon Amerika Serikat.

Ikan piranha memiliki ciri yaitu warna merah pada bagian tubuh bawah dan memiliki gigi yang runcing dan sangat tajam.

Ikan ini sangat terkenal dengan kebuasannya saat menerkam mangsanya dan dapat berkembangbiak dengan cara berkelompok dengan memiliki jumlah kelompok yang tidak sedikit.

7. Ikan Hiu

ikan hiu contoh hewan karnivora
pexels.com

Ikan hiu boleh dikatakan sebagai jenis ikan yang sempurna karena memiliki tulang yang lengkap dengan tubuh yang ramping. Memiliki jenis yang sangat beragam dan salah satu jenis hiu yang cukup terkenal yaitu hiu martil.

Kenapa dinamakan dengan hiu martil?

Karena disebabkan bentuk moncong kepalanya yang mirip dengan martil.

Ikan hiu ini cukup banyak persebaranya di Asia Tenggara. Hewan ini memiliki gigi yang lancip dan runcing yang berperan untuk mengoyak mangsanya.

Demikianlah pembahasan mengenai contoh hewan karnivora (pemakan daging), yang dapat kita jadikan sebagai referensi dan juga sebagai pedoman bagi kita terutama bagi Anda para pelajar.

Sebetulnya masih ada banyak jenis hewan lainnya, namun masih dalam perdebatan para ahli, karena tergolong hewan pemakan keduanya.

Sekian dan terima kasih!

Leave a Comment

nineteen + 3 =

Dilarang Duplikat Artikel Ini!