Makanan Burung Kenari

Makanan Burung Kenari – Salah satu burung yang sangat populer untuk para kicau mania yaitu burung kenari. Burung ini juga memiliki warna yang beragam, suaranya yang cukup garing sampai perawatannya yang cukup mudah.

Sehingga merupakan pesona yang cukup menonjol dan kadang menjadi alasan para kicau mania untuk memelihara jenis burung yang satu ini.

Untuk harga dari burung kenari juga sangat komersil, karena apabila mereka sudah “jadi” bisa bernilai sangat mahal.

Kontes dari burung satu ini juga untuk sekarang telah ada banyak tersedia dimana-mana.

Sehingga para pemilik yang telah percaya diri dengan binatangnya dapat mendaftar lomba agar mendapatkan pundi-pundi rupiah dari hobi memelihara burung tersebut.

Sebelum melakukan kontes ataupun lomba pada burung kecil satu ini. Pastinya Anda harus rutin melakukan latihan dengan memperkenalkannya dengan suara burung yang telah gacor.

Kemudian menjemurnya ketika pagi hari dan dengan cara menyemprot, dan tak jarang pula saat malam para pemilik membungkus kandangnya supaya dia bisa tidur lelap dengan nyaman.

Ada juga faktor lain yang menjadi faktor penentu apakah burung kenari Anda akan gacor atau tidak, akan bisa ditampilkan pada kontes atau tidak, ya!

Faktor terakhirnya adalah dari makanan burung kenari itu sendiri, makanan burung kenari yang baik akan menentukan nyaring bunyi dan indahnya suara burung itu sendiri.

Seperti layaknya manusia yang makan gorengan setiap hari, maka dia akan mempunyai suara kurang baik dan fisik yang kurang.

Begitu juga dengan burung yang satu ini, karena dia juga membutuhkan makanan yang tepat.

Dalam pembahasan kali ini Genemil sudah merangkum setidaknya ada 23 makanan burung kenari yang dapat Anda berikan untuk hewan satu ini dirumah.

Makanan Burung Kenari Terbaik Agar Jago Gacor

Untuk anda yang menginginkan burung Kenari supaya memiliki karakter suara merdu dan nyaring.

Berikut beberapa menu makanan burung kenari yang dapat dipercaya mampu meningkatkan dan mendukung daya gacornya dengan maksimal.

1. Telur Kroto

telur kroto makanan burung kenari
ilmubudidaya.com

Bagi para pecinta burung tentunya sudah tidak asing lagi dengan yang namanya telur semut kroto.

Biasanya pakan satu ini bisa didapatkan dengan cara mencarinya langsung di alam atau dihutan. Namun, sebagian ada yang sudah membudidayakannya.

Kandungan protein yang dimiliki juga lumayan tinggi dari telur semut kroto ini dan sangat bermanfaat dalam meningkatkan stamina burung kenari.

Kemudian memaksimalkan pertumbuhannya, dan juga memperbaiki pita suara supaya memperoleh hasil gacoran sesuai dengan keinginan.

2. Biji Mix

biji mix makanan burung kenari
sahabatlb.blogspot.com

Agar burung kenari tidak bosan, kita dapat memberikan campuran biji-bijian atau biasa dikenal dengan nama biji mix.

Biji mix merupakan campuran beberapa biji-bijian seperti Canary Seed, Milet Putih dan Merah, Biji Sawi, Egg Food dan lain sebagainya.

Dengan adanya biji yang bervariasi ini tentunya kenari tidak akan merasa bosan. Selain itu, pakan ini telah terbukti bagus untuk perkembangan suara kicau kenari.

Cara pemberiannya sama seperti memberikan biji-bijian pada kenari, masukan saja biji mix tersebut ke dalam cepuk atau wadah pakan kenari.

Oh iya, Anda juga dapat membeli biji mix ini melalui kios-kios yang menyediakan perlengkapan burung kicau. Jika tidak ada ya beli online saja, hehe.

3. Telur Puyuh Untuk Makanan Burung Kenari

telur puyuh makanan burung kenari
pixabay.com

Pakan burung kenari berikutnya yang lumayan kaya akan asupan nutrisi yaitu telur puyuh yang sudah direbus. Untuk Anda yang mempunyai kenari petarung untuk kontes dan latihan intensif.

Dengan pemberian pakan telur yang kaya asupan kalori ini akan mampu menunjang aktivitas berat yang dilakukan supaya burung tidak gampang sakit.

Selain itu, pemberian telur puyuh ini bermanfaat juga untuk merangsang birahi burung dalam berkicau.

4. Ulat Hongkong

ulat hongkong makanan burung kenari
idntimes.com

Dengan memiliki total kandungan protein sebesar 48%, ulat Hongkong kini banyak dipilih oleh para penghobi burung kicau dalam menambah asupan nutrisi burung peliharaannya.

Meski baik, pemberian yang berlebihan akan dapat memicu burung menjadi terlalu gemuk dan menjadi kurang lincah.

Jadi, mesti diberikan dengan kadar yang tepat dan tidak berlebihan.

Dalam menyajikan pakan ulat ini juga tidak sembarangan, Karena ulat yang diberikan mesti dalam keadaan sudah mati dengan cara mencelupkan ke air hangat terlebih dahulu.

Hal ini supaya kandungan zat kimia larut dalam air dan tidak mengganggu performa burung.

5. Daun Mengkudu Muda

daun mengkudu muda makanan burung kenari
bukalapak.com

Pemberian daun mengkudu muda untuk makanan burung Kenari juga mempunyai berbagai manfaat.

Daun ini mempunyai senyawa yang dapat mengatasi serak tenggorokan sehingga suara kicauan burung kenari dapat lebih jernih dan lantang didengar.

Untuk pemberian pakannya pun cukup mudah, Anda tinggal cuci bersih daun mengkudu tersebut dan taruh di dalam kandang layaknya memberikan pakan sayuran.

Pemilihan daun mengkudu muda ini dilakukan supaya daun mudah dicerna oleh si burung, karena bertekstur lebih halus jika dibandingkan dengan yang sudah tua.

6. Buah Apel Untuk Makanan Burung Kenari

buah apel makanan burung kenari
pexels.com

Buah apel mungkin termasuk juga sebagai pakan eksklusif burung kenari. Bagaimana tidak, brother sendiri mungkin jarang makan buah yang satu ini, tho. Hehehe.

Namun demi engkau kenari, apa sih yang tidak!

Anda dapat memberikan apel segar untuk makanan kenari kesayangan. Selain buah apel bisa menyehatkan, juga dapat menyegarkan tenggorokan si burung kenari.

7. Sayuran Segar

sayuran segar makanan burung kenari
unsplash.com

Selain buah apel segar, Anda juga dapat memberikan sayuran segar sebagai pakan tambahan kenari. Sayuran segar ini sangat bermanfaat agar menjaga kesehatan dan kebugaran si burung kenari supaya cepat gacor.

Beberapa jenis sayuran yang dapat Anda berikan adalah seperti kubis, wortel, kol, sawi, biji-bijian dan lainnya.

Untuk penyajiannya seperti kubis misalnya, dapat direbus terlebih dahulu supaya lebih lunak.

Namun, jangan terlalu lama direbus karena akan dapat menghilangkan zat yang terkandung dalam sayuran itu sendiri.

8. Biskuit dan Bubur Balita

biskuit dan bubur balita makanan burung kenari
beautynesia.id

Meski terkesan cukup aneh, namun kandungan yang dimiliki oleh biskuit dan bubur balita ini juga sangat baik guna dijadikan sebagai makanan burung kenari supaya gacor loh guys.

Para youtuber dan juga para champion juga sudah seringkali tertangkap basah kebocoran rahasia burungnya dapat gacor karena diberikan makanan ini.

Karena bentuknya yang tak lazim, Anda dapat mengakali supaya dia mau makan dengan meletakan makanannya tersebut dalam kotak makan, lalu dicampur kedalam air dan dijamin dia bakal lahap makan deh.

9. Biji Hitam Untuk Makanan Burung Kenari

biji hitam makanan burung kenari
hellosehat.com

Anda juga dapat memberikan pakan tambahan berupa biji hitam dan fumayin supaya si kenari semakin rajin berkicau.

Pastikan Anda memberikan tidak dalam porsi yang terlalu banyak, karena ini akan dapat meningkatkan suhu tubuh si kenari nantinya.

10. Wortel

wortel makanan burung kenari
unsplash.com

Wortel juga merupakan salah satu sayuran yang sangat mudah ditemui. Hampir setiap penjual sayur ataupun supermarket pastinya menjual wortel ini.

Sayuran yang satu ini sangat direkomendasikan untuk diberikan kepada kenari dengan bulu berwarna merah atau oranye. Karena kandungan beta karoten-nya bisa meningkatkan kedua warna bulu tersebut.

Selain itu, kandungan vitamin A yang terdapat pada wortel juga sangat bagus untuk kesehatan mata burung kenari.

Untuk cara pemberian wortel sebagai makanan kenari terlebih dahulu mesti diolah, yaitu dengan cara direbus, lalu diparut. Kemudian, barulah diberikan kepada si kenari.

Yuk! Simak pembahasan selanjutnya mengenai makanan burung hantu.

11. Jahe dan Madu

jahe dan madu
dietsehat.co.id

Terkadang yang sering menjadi PR untuk para kicau mania yakni gacornya tidak mempunyai kualitas kicauan yang lantang atau nafas mereka kurang panjang.

Madu dapat menjadi pilihan ketika Anda mengalami hal seperti ini.

Jahe telah terkenal sebagai bahan racikan tradisional yang bermanfaat untuk melancarkan serak dan mengobati infeksi di tenggorokan burung, sehingga kenari akan mempunyai nafas yang lebih panjang.

Biasa juga digunakan untuk mengobati kenari yang stress atau macet bunyi supaya lebih relax.

Sedangkan madu sendiri adalah sumber asupan energi yang dibutuhkan oleh si kenari.

Manfaat lainnya yakni sama seperti jahe, madu juga berperan untuk membuat sistem pernapasan kenari makin plong.

Metode membuat racikan nya pun terbilang sederhana, misalnya seperti menggeprek jahe dan merendamnya dalam 1 wadah air, Anda juga dapat memberikan madu 1 tetes pada wadah tersebut.

Untuk pemberian satu minggu sekali sudah cukup dalam membantu meningkatkan stamina kenari dan membantu sistem pernafasannya.

12. Telur Rebus Untuk Makanan Burung Kenari

telur rebus
pexels.com

Hampir sama seperti layaknya burung lain kenari juga membutuhkan asupan pakan yang kaya akan protein. Protein ini akan dapat meningkatkan birahi yang membuat kenari akan lebih sering berkicau.

Sayangnya banyak kicaumania yang tidak sadar akan hal tersebut.

Tidak seperti burung kicau lainnya, burung kenari tidak pun begitu suka memakan serangga yang sehingga asupan protein hewani juga pasti berkurang.

Oleh sebab itu, telur rebus merupakan pilihan yang sangat baik untuk memenuhi kebutuhan protein tersebut.

Selain meningkatkan birahi, telur rebus ini juga akan meningkatkan kualitas produktivitas pada si kenari itu sendiri.

Cara pemberiannya terhadap kenari juga terbilang mudah, karena Anda hanya perlu merebus telur ayam atau lebih bagus telur burung puyuh untuk dijadikan sebagai santapan mereka.

Cacahlah telur rebus hingga menjadi halus dan gunakan wadah kecil sebelum diberikan kepada burung kenari. Dengan begitu akan lebih mudah bagi mereka untuk memakannya.

13. Biji Bunga Matahari / Kuaci

biji bunga matahari kuaci
medkomtek.com

Biji bunga matahari juga termasuk ke dalam biji-bijian, sehingga cocok dijadikan sebagai makanan kenari. Kandungan vitamin E dalam kuaci pun sangat tinggi.

Manfaat kuaci ini bisa membangun sistem kekebalan tubuh dan sel-sel kenari menjadi lebih kuat.

Kuaci tidak dianjurkan sebagai makanan harian kenari, karena kandungan lemaknya juga termasuk tinggi, sehingga bisa menyebabkan si kenari obesitas.

Obesitas kini menjadi salah satu concern pada beberapa kicaumania yang merasa dengan tubuh yang gempal, sehingga membuat performa burung mereka akan menjadi menurun.

14. Cabai Merah

cabai merah
pexels.com

Kandungan beta karoten dan vitamin C yang tinggi yang terdapat pada cabai merah, ternyata lumayan bermanfaat untuk si kenari.

Beta karoten sangat baik bagi kesehatan mata dan dapat meningkatkan ketajaman warna merah dan oranye pada bulu si burung kenari.

Tak perlu khawatir dengan rasa pedas dan panas pada cabai merah ini, karena burung tidak bisa merasakan rasa tersebut.

Jadi akan aman saat menyantap makanan tersebut. Untuk cara pemberian nya pun cukup mudah, dengan diberikan secara utuh atau dihilangkan bijinya terlebih dahulu.

Bagi Anda yang memelihara kenari merah ada baiknya juga untuk mencoba pakan yang satu ini.

15. Jagung Muda Untuk Makanan Burung Kenari

jagung muda
pixabay.com

Jagung mudah mempunyai beragam kandungan vitamin yang sangat bagus dalam menjaga kondisi kenari supaya tetap prima.

Untuk manfaat lainnya juga terbilang cukup banyak, seperti bisa memperlancar pencernaan, menyehatkan mata, kaya akan kalori dan mineral, mencegah anemia dan dapat membantu menyehatkan bulu-bulu dari si burung kenari.

Pemberian jagung muda sebagai pakan tambahan kenari wajib disayat-sayat terlebih dahulu, supaya kenari lebih mudah memakannya.

16. Mentimun

mentimun
unsplash.com

Kandungan air yang tinggi pada mentimun juga sangat cocok untuk diberikan sebagai pakan tambahan kenari ketika cuaca sedang terik.

Sayuran yang sering menjadi lalapan ini juga kerap sekali diberikan ketika sebelum melakukan perjalanan jauh, agar mencegah dehidrasi.

Buah ini pun mengandung senyawa yang mampu membantu mengurangi lemak, sehingga sangat cocok untuk diberikan bagi kenari yang mengalami obesitas. Selain itu, mentimun juga bisa mengurangi tingkat birahi kenari.

Untuk pemberian mentimun ini juga terbilang unik. Karena ada yang langsung memberikannya dengan dipotong-potong terlebih dahulu.

Namun ada pula yang hanya mengambil bijinya, lalu dikeringkan yang sehingga akhirnya dijadikan sebagai makanan kenari.

17. Daun Kemangi

daun kemangi
haigadis.com

Daun kemangi ini sangat terkenal sebagai salah satu lalapan favorit. Akan tetapi, daun dengan aroma yang khas ini ternyata juga dapat menjadi makanan tambahan bagi si kenari.

Manfaat dari pemberian daun kemangi ini adalah dapat mengatasi over birahi, meningkatkan produktivitas induk kenari yang kurang produktif dan bisa menyembuhkan masuk angin.

Ternyata daun kemangi juga dapat dimanfaatkan sebagai obat dalam mengatasi aneka masalah pada kaki burung.

Pada umumnya, penyebab penyakit pada kaki burung adalah diakibatkan karena gigitan serangga, bubulan dan bumble foot.

Untuk cara mengobati penyakit pada kaki burung menggunakan daun kemangi, yakni daun tersebut harus dilumatkan terlebih dahulu.

Kemudian, daun dibubuhkan atau ditempelkan di bagian yang bermasalah dan dibiarkan, lalu ganti balutan tersebut setiap hari.

18. Daun Ginseng Jawa Untuk Makanan Burung Kenari

daun ginseng jawa
bali-green.blogspot.com

Kalau di jawa, daun ini biasa dikenal dengan sebutan kolesom. Daun ini sering digunakan oleh para penghobi kicau untuk burung kenari.

Manfaatnya untuk kenari yakni bisa menstabilkan stamina pada si kenari, sehingga menjadikannya rajin berkicau.

Meskipun belum ada penelitian mengenai kandungan daun ginseng jawa, ataupun sudah ada namun belum dipublikasikan.

Terlepas dari itu, para penghobi kicau juga sangat percaya akan manfaat daun ini untuk kenarinya dan telah lama digunakan sebagai pakan tambahan.

19. Daun Randa Tapak

daun randa tapak
jamuin.com

Randa tapak merupakan daun dari bunga dandelion dan sangat mudah ditemui di sekitar kita. Telah umum digunakan sebagai pakan tambahan untuk burung pemakan biji-bijian, seperti kenari yang satu ini.

Manfaatnya adalah untuk menjadikan kenari lebih aktif dan rajin kicau.

20. Daun Dewa

daun dewa
dokterbaguskesnawa.files.wordpress.com

Sejak dahulu daun dewa ini terkenal ampuh dalam mengobati berbagai macam penyakit terhadap manusia. Namun, ternyata daun ini juga sangat baik sebagai makanan tambahan bagi si kenari.

Berikut ini adalah beberapa manfaatnya :

  • Dapat memaksimalkan volume suara.
  • Membuat bulu lebih mengkilap, licin dan halus.
  • Membuat tubuh kenari lebih berisi.
  • Anti peradangan, anti stres, dan meningkatkan stamina.
  • Membuat kenari lebih aktif berkicau.
  • Dapat mengatasi burung yang kurus atau dada nyilet.

21. Daun Binahong Untuk Makanan Burung Kenari

daun binahong
jatimnet.com

Binahong atau lebih terkenal sebagai tanaman herbal ini juga mengandung senyawa polifenol, saponin, alkaloid, minyak atsiri dan asam oleanolik.

Manfaat dari daun binahong untuk kenari adalah bisa mengatasi suara kicauan kenari dewasa yang hanya bersuara ngeriwik saja.

Untuk pemberian daun binahong sebagai makanan tambahan kenari ada 2 macam: yaitu direbus dan langsung diberikan.

Apabila direbus, maka air minum kenari diganti dengan air rebusan daun binahong.

Sedangkan apabila langsung diberikan maka cukup digantung daun binahong di dalam sangkar.

22. Daun Seledri

daun seledri
mocoo.id

Daun peterseli atau lebih dikenal sebagai daun seledri juga kerap digunakan sebagai penghias makanan ataupun sebagai bumbu masakan.

Kalau di mancanegara, daun ini juga ternyata digunakan sebagai pakan tambahan bagi kenari.

Untuk manfaat dari daun ini bagi kenari yaitu sebagai pendongkrak dan penjaga stamina dan meningkatkan produktivitas kenari.

Tidak heran jika daun ini, kerap digunakan oleh para peternak kenari.

Akan tetapi, jumlahnya juga wajib dibatasi, karena apabila terlalu banyak, maka akan dapat memberikan efek negatif.

23. Daun Krokot

daun krokot
kuliahislam.com

Daun krokot ini bisa ditemui di alam dan tumbuh secara liar. Akan tetapi, banyak dari penghobi yang mengeluhkan jika daun ini susah ditemui atau sangat sulit didapatkan di alam liar.

Oleh sebab itu, akan lebih baik menanamnya di pot, karena perawatannya juga cukup mudah.

Daun krokot ini dipercaya bisa membuat kenari lebih rajin berkicau. Untuk pemberian daun krokot sebagai pakan tambahan kenari terdiri dari berbagai macam cara, dan salah satunya yakni dengan diberikan secara langsung.

Selajutnya Anda juga bisa simak pembahasan tentang jenis burung kolibri.

Demikianlah ulasan mengenai makanan burung kenari yang dapat Genemil sajikan untuk Anda. Semoga dapat bermanfaat dan menambah wawasan pengetahuan bagi Anda para pecinta burung kenari.

Cukup sekian dan terima kasih!

Leave a Comment

2 × two =