10 Pulau Terbesar di Indonesia Termasuk Wilayah Negara Tetangga

Di antara banyaknya ribuan pulau yang terbentang dalam khatulistiwa ini, terdapat 10 pulau terbesar di Indonesia yang memang termasuk sebagai daerah negara tetangga.

Dimana pulau-pulau terbesar itu merupakan tempat kota-kota besar yang menjadi pusat bisnis dan ekonomi berada.

Indonesia menjadi salah satu Negara kepulauan terbesar di Dunia yang terdapat ribuan pulau.

Menurut CIA world Factbook, Indonesia mempunyai luas wilayah 1,904,569 km2 dengan memiliki jumlah 17,508 pulau.

Tiga pulau diantaranya adalah dibagi menjadi 2 maupun 3 wilayah negara. Pulau Papua menjadi pulau terbesar kedua di dunia dan dibagi menjadi 2 wilayah Negara.

Dimana untuk bagian Baratnya adalah dikuasai oleh Indonesia dan untuk bagian Timurnya dikuasai oleh Papua Nugini.

Pulau Timor terbagi menjadi 2 wilayah, dimana untuk wilayah bagian baratnya sendiri adalah salah satu Provinsi Indonesia yaitu Nusa Tenggara Timur (NTT) dan bagian timurnya yaitu Negara Timor Leste.

Sedangkan untuk di Pulau Kalimantan-nya dikuasai oleh 3 Negara; Indonesia, Malaysia dan Brunei Darussalam.

1. Papua (785.753 Km²)*

pulau papua terbesar di indonesia
ksmtour.com

Pulau Papua ini terdapat di sebelah timur wilayah Indonesia dan memiliki 2 provinsi yakni Provinsi Papua dan Provinsi Papua Barat.

Dengan mempunyai luas wilayah 785.753 kilometer persegi.

Disamping itu, Pulau Papua ini juga merupakan pulau terbesar kedua di dunia setelah pulau Greenland yang terletak di Denmark.

Pulau Papua ini tidak hanya menjadi bagian dari negara Indonesia saja, melainkan juga bagian dari wilayah Papua Nugini.

Dimana Pulau ini cukup terkenal akan hasil tambangnya berupa emas dan perak.

Bentuk dari Pulau Papua ini terbilang sangatlah menarik, karena jika dilihat dari bentuknya Pulau Papua ini juga diibaratkan dengan menyerupai burung.

Pulau ini mempunyai panjang sekitar 2400 km, sedangkan lebarnya adalah sekitar 660 km.

Pulau Papua ini terbagi menjadi 3 bagian yakni Bagian Peninsula Barat (kepala burung), Daratan Utama (badan burung), dan Timur (ekor burung).

Dengan bentuknya yang unik, Pulau Papua ini pun diyakini dikarenakan adanya tumbukan antara lempeng Australia dan Pasifik.

Kalau dahulu namanya adalah Irian Jaya dan sekarang sudah berubah menjadi Papua.

Keunikan dari bentuk burung pada Pulau Papua ini bisa memberikan konfigurasi terhadap gaya deformasi yang sangat berbeda serta lengkap dari kerak benua antara Papua timur dan Papua Barat.

2. Kalimantan (743.330 Km²)*

pulau kalimantan terbesar di indonesia
fajar.co.id

Pulau kalimantan di dunia dikenal dengan sebutan Borneo dan menjadi salah satu pulau terbesar ke 3 didunia setelah Pulau Greenland dan Papua.

Pulau mempunyai luas hampir 4/3 juta Km² dan menjadi salah satu wilayah bagian dari 3 negara rumpun Melayu yakni Indonesia, Malaysia dan Brunei Darussalam.

Di pulau ini terdapat hutan hujan tropis yang sangat luas, sehingga tak heran jika di Pulau Kalimantan ini terdapat banyak sekali keragaman hayati yang sangat luar biasa.

Pada flora dan faunanya yang eksotis juga sangat sering ditawarkan di Pulau Kalimantan yang satu ini.

Selain itu, pulau Kalimantan juga merupakan pulau yang saat ini belum begitu banyak dijelajahi oleh wisatawan.

Namun, padahal di Kalimantan ini ada banyak sekali keunikan-keunikan dan yang menjadi daya tarik luar biasa akan warisan budayanya sendiri.

Awalnya, Pulau Kalimantan dihuni oleh banyak orang Dayak yang menjadi suku asli di pulau ini.

Kalau di Kalimantan sungai sangat penting dalam memainkan peranannya terutama pada bidang komunikasi dan ekonomi penduduknya. Ada banyak masyarakat yang tinggal di Pulau ini dan berpusat di sepanjang aliran sungai.

Pulau Kalimantan ini terbagi lagi menjadi 4 provinsi seperti Kalimantan Barat, Kalimantan Timur, Kalimantan Selatan dan Kalimantan Tengah.

Kemudian untuk ciri khas masing-masing dari setiap provinsi ini terletak pada bahasa, potensi alam, cagar budayanya dan keunikannya tersendiri.

Terdapat juga beberapa kota-kota besar dan terkenal seperti Kota Samarinda, Balikpapan, Pontianak, Palangkaraya, dan juga Banjarmasin.

Selain itu, juga masih terdapat kota-kota kecil lainnya.

3. Sumatera (473.481 Km²)*

pulau sumatera terbesar di indonesia
limakaki.com

Pulau Sumatera ini terletak pada titik koordinat 0°00′ LU 102°00′ BT dan memiliki 8 Provinsi mulai dari Aceh, Bengkulu, Sumatra Barat, Sumatra Utara, Riau, Jambi, Sumatera Selatan, dan Lampung.

Untuk penduduk pulau ini memiliki kurang lebih 42.409.510 jiwa (tahun 2000). Dulu pulau Sumatera ini pernah memiliki kerajaan Samudera (sekarang ini menjadi Aceh).

Konon katanya pada kunjungannya ke pulau itu Ibnu Batutah (merupakan seorang cendekiawan Islam berasal dari Maroko) selalu melafalkan kata Samudera menjadi Sumatera.

Sejak saat itulah nama Sumatera menjadi dikenal luas sebagai nama pulau tersebut hingga sekarang ini. Selain dikenal dengan nama Sumatera, pulau ini pun dikenal dengan sebutan pulau Andalas (Suwarnadwipa).

Suwarnadwipa yang berarti “pulau emas” dan naskah Negarakertagama pada abad ke-14 yang menyebut sebagai “Bumi Malayu” pada pulau ini. Sehingga puncak tertingginya adalah gunung Kerinci 3.805 m.

4. Sulawesi (174.600 Km²)*

pulau sulawesi terbesar di indonesia
idntimes.com

Pulau Sulawesi ini terletak pada titik Koordinat 2°08′ LS 120°17′ BT dan memiliki 8 Provinsi.

Diantaranya Gorontalo, Sulawesi Tengah, Sulawesi Tenggara Sulawesi Utara, Sulawesi Barat, dan Sulawesi Selatan dengan puncak tertingginya adalah gunung Rantemario 3,478 m.

Baca juga : Sungai Terpanjang di Dunia

5. Jawa (126.700 Km²)*

pulau jawa
piknikasik.com

Pulau Jawa ini berada pada Koordinat 7°30′10″LS,111°15′47″BT dan menjadi pulau dengan jumlah penduduk terpadat di Indonesia yang memiliki kurang lebih 124 juta jiwa.

Terdapat 6 Provinsi diantaranya Jawa Barat, Jawa Tengah, DKI Jakarta, Banten, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), dan Jawa Timur.

Untuk puncak tertingginya adalah di Gunung Semeru 3.676 m yang berlokasi di antara wilayah Kabupaten Malang dan Lumajang. Memiliki posisi geografis antara 8°06′ LS dan 120°55′ BT.

6. Timor (30.777 Km²)*

pulau timor
kaskus.id

Pulau Timor ini merupakan pulau terbesar di Indonesia yang terletak di bagian selatan Nusantara. Terbagi antara negara merdeka Timor Leste dan kawasan Timor Barat di bagian provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) di Indonesia.

Dengan memiliki luas kepulauan Timor kurang lebih 30.777 kilometer persegi.

Sedangkan untuk nama pulau Timor diambil dari kata ‘timur’, dan memakai bahasa Melayu “timur” karena terletak pada ujung timur rantai kepulauan.

7. Halmahera (17.780 km²)*

pulau halmahera
pedomanwisata.com

Halmahera (Jilolo) ataupun Gilolo adalah pulau terbesar yang terletak di Kepulauan Maluku, dan berada pada koordinat 0°36′ LU 127°52′ BT.

Pulau menjadi bagian dari provinsi Maluku Utara, di Indonesia dengan memiliki luas tanah 17.780 km² (6.865 mil persegi) dan untuk populasinya (1995) kurang lebih 162.728 jiwa.

Pada tahun 1997, sekitar 80% penduduknya adalah Muslim, dan sekitar 20% adalah Kristen.

Pulau ini terdiri dari 5 kabupaten diantaranya Kabupaten Halmahera Timur, Halmahera Barat, Halmahera Utara, Halmahera Selatan, dan Halmahera Tengah.

8. Seram (17.148 Km²)*

pulau seram
hipwee.com

Pulau Seram ini terletak di sebelah utara dari Pulau Ambon Indonesia dan untuk kota utamanya adalah Masohi, ibukota kabupaten Maluku Tengah.

Pada pulau ini terdapat sejumlah pelabuhan diantaranya Amahai, Masohi, Kairatu, dan pelabuhan rakyat seperti Tehoru, Bula, Geser, dan Piru.

Pulau Seram juga memiliki alam pegunungan beserta hutan tropis. Untuk bisa mencapai lokasi ini dapat ditempuh lewat Desa Yaputih (Hatu di Kecamatan Tehoru) sekitar 100 km dari Masohi.

9. Sumbawa (15.448 Km²)*

pulau sumbawa
idntimes.com

Pulau Sumbawa adalah sebuah pulau yang terletak di provinsi Nusa Tenggara Barat (NTT), Indonesia dengan Letak koordinat 8°47′ LS 118°5′ BT.

Pulau ini terletak pada perbatasan oleh Selat Alas di sebelah barat yang memisahkan dengan Pulau Lombok. Selat Sape terdapat di sebelah timur yang memisahkan dengan Pulau Komodo.

Samudera Hindia berlokasi di sebelah selatan, dan Laut Flores terletak di sebelah utara.

Untuk kota terbesarnya yaitu Bima, yang ada pada bagian timur pulau ini dengan memiliki luas 15.448 kilometer persegi.

Termasuk sebagai pulau yang terbesar di provinsi Nusa Tenggara Barat (NTT), dan salah satu diantara 2 pulau utama di provinsi tersebut.

10. Flores (14.300 km²)*

pulau flores
liburankomodo.com

Kata Flores berasal dari bahasa Portugis yang berarti “bunga” yakni terletak di Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT), Indonesia.

Flores juga termasuk sebagai gugusan Kepulauan Sunda Kecil bersama dengan pulau Bali dan NTB yang luas wilayahnya kurang lebih 14.300 km².

Pulau Flores bersama Pulau Timor, Pulau Sumba dan Kepulauan Alor adalah 4 pulau terbesar di Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) yang menjadi salah satu provinsi di kepulauan Indonesia dengan memiliki jumlah 566 pulau.

Itulah urutan pulau terbesar di Indonesia yang dimana Indonesia terkenal sebagai negara kepulauan dengan memiliki jumlah ±17.504 pulau.

Dari sekian banyaknya pulau ada yang berpenghuni dan tidak berpenghuni, serta ada pula yang telah memiliki nama dan yang belum bernama.

Dengan pengetahuan ini akan menjadikan kita lebih bangga terhadap Tanah Air kita sendiri yakni Indonesia.

Demikianlah yang dapat Genemil sampaikan mengenai 10 pulau terbesar di Indonesia, mudah-mudahan informasi ini dapat bermanfaat bagi kita semua.

Cukup sekian dan terima kasih!

Leave a Comment

nineteen − twelve =