10 Sungai Terpanjang di Dunia – Paling Panjang Nil atau Amazon?

Dalam artikel ini membahas informasi singkat terkait 10 sungai terpanjang di dunia yang terletak di Asia, Afrika, dan Amerika.

Pengen tahu sungai apa saja kah yang mempunyai aliran terpanjang diukur dari hulu ke hilirnya?

Simak ya penjelasan selengkapnya di bawah ini!

Di seluruh dunia, terdapat ribuan sungai yang menjadikan wisatawan menjadi takjub mulai dari yang terkecil sampai sungai yang terbesar.

Bahkan, tak sedikit pula dari sungai-sungai tersebut, melewati beberapa negara maupun benua.

Pada sebagian negara, tentunya sungai dimanfaatkan sebagai sumber kehidupan.

Beberapa aliran airnya pun begitu sangat mengesankan, sehingga bisa menjadi objek wisata yang mempunyai daya pikatnya tersendiri.

Warna dan kejernihan air sungainya pun kerap kali menjadi perhatian bagi para wisatawan untuk mengunjungi lokasi tersebut.

Katakan saja Sungai Nil, siapa sih yang kenal dengan Sungai nil?

Sungai ini menjadi yang terpanjang di dunia dengan melewati beberapa negara di benua Afrika dan mengalir di antara hamparan gurun yang luas.

Tidak hanya Sungai Nil saja, melainkan ada banyak lagi lainnya yang memiliki panorama keindahan paling terkenal di dunia ini.

Sungai Terpanjang di Dunia

Lantas, sungai apa saja yang paling panjang di dunia dan menjadikan para wisatawan takjub?

Untuk itu, berikut ulasannya seperti dirangkum Genemil.com dari Telegraph.

1. Sungai Nil

sungai nil terpanjang di dunia
turzilla.com
  • Panjang Sungai = 6.696 km (4.160 mil)
  • Mengalir di Negara = Mesir, Sudan, Tanzania, Burundi, Rwanda, Kongo, Kenya, Uganda, Sudan Selatan, Ethiopia
  • Hilir = Laut Mediterania
  • Lokasi = Benua Afrika

Sungai Nil adalah sungai terpanjang urutan pertama di dunia yang berada di benua afrika. Meskipun pada beberapa pendapat lain mengatakan bahwa sungai Amazon merupakan sungai terpanjang di dunia.

Akan tetapi, sungai Nil ini diklaim memiliki panjang 6853 kilometer (4160 Mil) dan sudah menjadi sungai terpanjang di Afrika.

Untuk beberapa negara yang dilalui oleh sungai Nil ini yakni Mesir dan Sudan sebagai sumber aliran yang paling utama. Namun tidak hanya Mesir dan Sudan saja yang dilalui oleh sungai Nil.

Melainkan Juga terdapat beberapa negara lainnya yang dilalui oleh sungai Nil yakni Sudan selatan, ethiopia, uganda, kongo, kenya, tanzania, rwanda, burundi, dan eritrea. Serta aliran sungai Nil ini berakhir di laut mediterania.

2. Sungai Amazon

sungai amazon terpanjang di dunia
britannica.com
  • Panjang Sungai = 6.516 km (4.049 mil)
  • Mengalir di Negara =  Brazil, Bolivia, Peru, Ekuador dan Kolombia
  • Hilir = Samudra Atlantik
  • Lokasi = Benua Amerika Selatan

Dengan menghitung debit volume air, maka tak diragukan lagi kalau sungai Amazon ini merupakan salah satu sungai yang paling panjang di dunia.

Akan tetapi, posisi sungai Amazon sebagai sungai terpanjang di dunia ini juga diperdebatkan karena sebutan tersebut sudah lama diberikan terhadap Sungai Nil di Mesir. Perselisihan timbul dari penentuan asal-usul sungai Amazon.

Kemudian anak sungai lainnya bergabung dengan sungai hilir dalam membentuk Sungai Ucayali yang hingga akhirnya bertemu dengan Sungai Maranon dalam membentuk batang utama Sungai Amazon.

Menurut perkiraan bahwa panjang Amazon yakni 6.516 km (4.049 mil) yang menjadikannya sebagai sungai paling panjang di dunia.

3. Sungai Terpanjang di Dunia – Yangtze

sungai yangtze terpanjang di dunia
britannica.com
  • Panjang Sungai = 6.380 km (3.964 mil)
  • Mengalir di Negara = China
  • Hilir = Laut Timur China
  • Lokasi = Benua Asia

Sungai Yangtze adalah sungai terpanjang urutan ketiga di dunia dan menjadi salah satu sungai terpanjang yang mengalir seluruhnya dalam wilayah satu negara.

Sungai ini menjadi sungai terpanjang di Asia, lebih panjang jika dibandingkan dengan sungai Kuning dan sungai Mekong.

Wilayah aliran sungai Yangtze adalah rumah untuk 1/3 penduduk China, dimana sebagai negara dengan penduduk terbanyak di dunia.

Sejauh ini, ada 2 pendapat mengenai asal-usul sungai Yangtze ini. Sehingga pihak dari pemerintah China menganggap bahwa sungai Yangtze asalnya dari sungai Tuo Tuo yang terletak di pegunungan Tanggula.

Akan tetapi, dari survey hasil terbaru menunjukkan bahwa sungai Yangtze boleh saja berasal dari sungai Dam Qu di perbukitan Jari.

4. Sungai Mississippi

sungai mississippi terpanjang di dunia
mcknigght.org
  • Panjang Sungai = 5.970 km (3.709 mil)
  • Mengalir di Negara = Amerika Serikat dan Kanada
  • Hilir = Teluk Meksiko
  • Lokasi = Benua Amerika bagian Utara

Merupakan sistem sungai yang terdiri dari sungai Mississippi, Missouri, dan Jefferson, dan dianggap sebagai sistem sungai paling panjang urutan keempat di dunia saat ini.

Sungai ini melewati 2 provinsi di negara Kanada dan 31 negara bagian Amerika Serikat.

Sungai Mississippi ini mulainya dari Minnesota utara, yaitu Danau Itasca yang diyakini bahwasanya berasal dari sungai dan mengalir menuju Teluk Meksiko setelah mengalir sepanjang 2.320 mil.

Saat menganggap sungai Jefferson sebagai sumber terjauh Sungai Mississippi, maka akan diperoleh sistem sungai Mississippi – Missouri – Jefferson sepanjang 5.970 km (3.709 mil).

Baca juga : Pembagian waktu di Indonesia

5. Sungai Ob-Irtysh

sungai ob-Irtysh terpanjang di dunia
wikipedia.org
  • Panjang Sungai = 5.568 km (3.459 mil)
  • Mengalir di Negara = Rusia, Kazakhstan, China, Mongolia
  • Hilir = Teluk Ob
  • Lokasi = Benua Asia

Sungai yang berada di Rusia Selatan ini merupakan sungai terpanjang urutan kelima di dunia. Dimana sungai ini bermula pada persimpangan sungai Biya dan Katun.

Di Pegunungan Altai dan mengalir melewati Siberia menuju Teluk Ob dan sungai ini juga terdiri dari Ob, sungai utama, dan Irtysh, anak sungai utamanya.

Oleh sebab itu banyak yang menyebut keduanya secara bersamaan, dengan sebutan sungai Ob-Irtysh. Kemudian anak sungai besar lainnya termasuk Tom, Ket, Chulym, Tym, Vakh, Vasyugan, dan Sosva.

Namun hanya Irtysh, sebagai anak sungai utama, yang memperoleh namanya di dalam nama sungai kelima terpanjang ini.

6. Sungai Terpanjang di Dunia – Yenisei

sungai yenisei
bestrussiancruises.com
  • Panjang Sungai = 5.550 km (3.448 mil)
  • Mengalir di Negara = Rusia dan Mongolia
  • Hilir = Laut Kara
  • Lokasi = Benua Asia

Sungai Yenisei-Angara-Selenga di Rusia adalah sungai terpanjang dunia dan merupakan sungai terbesar yang bermuara di Laut Arktik.

Sungai Selenga ini dipercaya adalah hulu dari sungai Yenisei, yang mempunyai panjang 992 km dan bermuara di danau Baikal, dan menjadi salah satu danau terbesar di dunia.

Awalnya sungai Anggara berasal dari danau Baikal dan yang mengalir menuju Utara. Hingga kemudian akhirnya bergabung dengan sungai Yenisey di Strelka.

Sungai Yenisei juga akhirnya akan bermuara di laut Arktik dan sebuah perjalanan sejauh 5.550 km dengan berawal dari sungai Selenge sampai ke laut Arktik.

7. Sungai Kuning (Huang He)

sungai kuning huang he
pinterest.com
  • Panjang Sungai = 5.464 km (3.395 mil)
  • Mengalir di Negara = China
  • Hilir = Laut Bohai
  • Lokasi = Benua Asia

Sungai ini juga sering disebut sebagai cradle of civilization sungai Kuning (Huang He) dan merupakan sungai terpanjang kedua di negara China.

Sungai ini mempunyai sebutan seperti itu karena adalah tempat bermukimnya manusia prasejarah dengan mendiami wilayah sekitar China.

Namun sayangnya, saat ini sungai Huang He telah menjadi sangat berpolusi, sehingga airnya tidak bisa diminum dan dipergunakan sebagai keperluan rumah tangga.

Bahkan, untuk flora dan fauna di sekitarnya juga kian mulai punah. Tercatat bahwasanya sekitar 30% spesies ikan yang terdapat di sungai Huang He sudah punah.

8. Sungai Kongo (Sungai Zaire)

sungai kongo
wikipedia.org
  • Panjang Sungai = 4.667 km (2.900 mil)
  • Mengalir di Negara = Kongo, Afrika Tengah, Angola, Tanzania, Kamerun, Zambia, Burundi, Rwanda
  • Hilir = Samudra Atlantik
  • Lokasi =  Benua Afrika

Sungai kongo ini adalah sungai terpanjang di dunia berikutnya. sungai kongo ini mempunyai panjang aliran mencapai 4.667 kmr dan menjadi sungai terpanjang nomor 2 setelah sungai Nil yang terdapat di benua Afrika.

Sungai ini juga menjadi sungai terbesar kedua setelah sungai Amazon apabila dilihat dari sisi volume airnya.

Adapun catatan lain dari sungai ini adalah sebagai sungai terdalam di dunia dengan kedalaman hingga 220 meter.

9. Sungai Terpanjang di Dunia – Parana

sungai parana
eoimages.gsfc.nasa.gov
  • Panjang Sungai = 4.500 km (2.796 mil)
  • Mengalir di Negara = Brazil, Argentina, Paraguay, Bolivia, Uruguay
  • Hilir = Rio de la Plata
  • Lokasi = Benua Amerika Selatan

Parana juga menjadi salah satu sungai terpanjang di dunia yang terletak di negara AS. Panjangnya hingga mencapai 4.500 km (2.796 mil) dan alirannya menjadi pemisah antara 3 negara sekaligus. Yaitu Argentina, Brasil, dan Paraguay.

Namun, barangkali sama seperti sungai lainnya, aliran Parana dapat meluap sewaktu-waktu dan mengakibatkan terjadinya banjir, khususnya ketika musim hujan.

Akan tetapi, tidak bisa dipungkiri jika sungai ini mempunyai kontribusi penting untuk perekonomian di negara-negara yang telah dilaluinya.

Hal ini terjadi karena Parana menyediakan sumber penghidupan untuk penduduk sekitar yang profesinya  bekerja sebagai nelayan.

Dimana sungai ini juga mengandung berbagai jenis biota air.

Terutama ikan yang tidak hanya menjadi konsumsi pribadi maupun sumber pangan dalam negeri, juga melainkan banyak diekspor ke negara-negara lainnya.

Keuntungan lainnya dalam sektor ekonomi juga dirasakan oleh warga Paraguay yang bernotabene dan merupakan sebuah negara kecil.

Pada bagian sungai yang berada di perbatasan Paraguay, Memiliki bendungan Yacyreta dan Itaipu yang menjadikan negara itu sebagai pengekspor tenaga hidroelektrik terbesar di dunia.

10. Sungai Mekong

sungai mekong
cruisemekong.com
  • Panjang Sungai = 4.425 km (2.749 mil)
  • Mengalir di Negara = China, Myanmar, Laos, Thailand, Kamboja, Vietnam
  • Hilir = Laut China Selatan
  • Lokasi = Benua Asia

Mekong juga merupakan salah satu sungai terpanjang di dunia yang kini menjadi pembatas antara Tiongkok dengan sejumlah negara di Asia Tenggara.

Hal ini terjadi karena alirannya yang melalui beberapa wilayah. Di antaranya adalah Provinsi Yunnan (Tiongkok), Myanmar, Laos, Thailand, Kamboja, dan Vietnam.

Untuk panjangnya sendiri diperkirakan hingga mencapai 4.425 km (2.749 mil).

Dengan keberadaan Mekong tentunya dimanfaatkan sebagai jalur perdagangan utama antara Tiongkok bagian barat dengan negara di Asia Tenggara.

Maka terkadang apabila musim hujan dan aliran air lumayan deras, perdagangan juga akan ikut terganggu.

Selain itu, luapan air juga dapat sewaktu-waktu menyebabkan banjir di daratan sekitar aliran Mekong.

Salah satu wilayah yang paling rawan terkena banjir akibat luapan air yakni Provinsi An Giang dan Dong Thap, Vietnam, karena kondisi tanah datar di kawasan itu.

Tak hanya hujan, luapan air pun disebabkan oleh banyaknya timbunan sampah plastik.

Sampai-sampai di 2018, situs Scientific American menyebutkan Mekong sebagai salah satu dari 10 sungai yang menyumbang lebih dari 90% sampah ke laut.

Apakah Informasi Terkait Sungai Terpanjang di Dunia Ini Membantu?

Demikianlah pembahasan mengenai 10 sungai terpanjang di dunia berdasarkan ukuran panjangnya dalam satuan km yang dapat Genemil sampaikan.

Meski tak ada yang berasal dari Indonesia, biarpun begitu negeri tercinta kita ini juga mempunyai sungai-sungai yang menjadi kebanggaan, lho!

Sebut saja salah satunya yaitu sungai Kapuas, Kalimantan, dengan panjang sekitar 1.143 km. Kemudian selain dianggap sebagai sungai terpanjang di Indonesia, Kapuas sendiri juga kaya akan berbagai jenis biota air yang terdapat di dalamnya.

Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan menambah pengetahuanmu. Apabila Anda ingin mencari artikel lainnya terkait hal-hal unik yang ada dari dalam maupun luar negeri,

Cukup sekian dan terima kasih!

Leave a Comment

eight + 20 =