Zaman Logam

Dalam kesempatan kali ini Genemil mau membahas mengenai zaman logam mulai dari pengertian, ciri-ciri beserta pembagiannya.

Seperti yang kita ketahui bahwa dalam perkembangan umat manusia di dunia ini tentunya mengalami beberapa masa yang dilewati.

Mulai dari masa prasejarah ataupun masa praaksara yang mempunyai beberapa masa. Sebab zaman pada masa lalu juga terbagi ke dalam beberapa zaman, seperti zaman batu dan logam.

Pengertian Zaman Logam

pengertian zaman logam
pinterest.com

Zaman logam merupakan suatu zaman yang ditandai oleh perkembangan kemampuan manusia yang telah mempunyai kemampuan dalam membuat berbagai alat dengan bahan utamanya adalah dari logam.

Sementara untuk alat-alat yang diciptakannya pun tentu dipergunakan untuk penopang kehidupan mereka pada masa itu. Dimana perkembangan zaman yang menunjukkan bahwa manusia ketika itu sudah dapat membuat alat dari bahan logam.

Disamping itu, hal ini juga menunjukkan bahwa peradaban dan kebudayaan manusia pada masa tersebut sudah mengalami perkembangan yang sangat pesat. Apalagi kalau dibandingkan dengan zaman batu, tentunya akan sangat jauh berbeda.

Namun, meskipun di jaman logam telah banyak alat dari bahan logam, tetap saja alat-alat dari batu masih digunakan dan tidak ditinggalkan sama sekali.

Kalau kita lihat dari proses pembuatannya, untuk pembuatan alat dari bahan logam ini boleh dikatakan lebih mudah dibandingkan membuat alat dari batu. Karena pada pembuatannya, alat dari bahan batu ini wajib melalui proses yang lumayan panjang.

Diantaranya seperti harus dipukul, diratakan, diasah dan dihaluskan, terkadang tidak jarang batu tersebut hancur tidak dapat digunakan.

Sementara untuk pembuatan alat dari logam ini cukup mudah yakni dengan hanya meleburkan logam tersebut terlebih dahulu dan kemudian tinggal dituangkan ke dalam cetakan serta disesuaikan pula dengan alat yang diinginkan.

Bisa dibilang proses dalam pembuatan alat dari logam ini tentunya menunjukkan bahwa pada waktu itu peradaban dan teknologinya sudah canggih.

Hal tersebut ditunjukkan bahwa ketika itu masyarakat sudah dapat melebur logam dan bisa membuat alat-alat yang terbuat dari logam. Untuk zaman ini juga sering disebut sebagai zaman perundagian.

Ciri-Ciri Zaman Logam

Setelah kita membahas sekilas tentang pengertiannya, supaya Anda lebih jelas memahami seperti apakah itu zaman logam.

Berikut ini adalah beberapa ciri-cirinya yang perlu Anda ketahui :

1. Kegiatan perdagangan pada masa ini berkembang semakin pesat

Dimana perdagangan telah dilakukan dari pulau ke pulau di Indonesia. Bahkan antara kepulauan Indonesia dengan wilayah Asia Tenggara sudah melakukan sistem barter.

Sistem barter adalah perdagangan yang menggunakan pertukaran barang, dimana barang tersebut boleh berupa perunggu, nekara, manik-manik, kayu, rempah-rempah, moko dan timah.

2. Penguburan jenazah dilakukan dengan 2 cara yaitu secara langsung dan tidak langsung

Penguburan langsung yakni dilakukan dengan menguburkan jenazah langsung ke dalam tanah ataupun diletakkan ke sebuah peti di dalam tanah.

Sedangkan, untuk penguburan tidak langsung yakni dilakukan dengan menguburkan jenazah ke dalam tanah atau peti kayu dengan berbentuk perahu.

Akan tetapi, setelah jenazahnya sudah menjadi rangka, maka rangka tersebut akan diambil kembali dan dibersihkan. Setelah itu mereka kuburkan kembali ke dalam tempayan / kubur batu.

3. Mahir dalam mengolah logam

Hal tersebut bisa dilihat dari beberapa peninggalan-peninggalan dengan bahan dasar logam.

Diantaranya seperti cincin, anting-anting, kalung, gelang tangan, gelang kaki, arca perunggu, candrasa, nekara dan kapak corong.

4. Unsur kebudayaan sudah semakin maju dan tinggi

5. Mengalami kemajuan dalam bidang pertanian

Dimana mereka telah menggunakan sistem persawahan, sehingga lebih efektif dan efisien dari sistem ladang.

Selain itu jaman logam juga mempunyai pembagiannya sendiri terhadap beberapa bagian.

Berikut ini adalah beberapa pembagian di era logam yang sesuai dengan jenis logam yang dimanfaatkan.

Pembagian Zaman Logam

Di era logam ini merupakan zaman dimana manusia sudah mengenal berbagai macam logam. Pada zaman ini sendiri terbagi menjadi 3 zaman yakni zaman tembaga, zaman perunggu, dan zaman besi.

Berikut ini adalah penjelasan singkat mengenai pembagian zaman :

1. Zaman Tembaga

Zaman tembaga merupakan periode jaman logam, dimana manusia sudah menggunakan tembaga dalam pembuatan alat-alat untuk memenuhi kebutuhannya.

Dari hasil penelitian, untuk peninggalan alat-alat yang terbuat dari bahan tembaga ini banyak ditemukan di wilayah Asia Tenggara.

2. Zaman Perunggu

Zaman perunggu ini merupakan masa dimana manusia sudah menggunakan perunggu sebagai bahan dalam pembuatan alat-alat untuk memenuhi kebutuhannya. Di masa inilah manusia mulai mendapatkan logam yang lebih keras daripada tembaga.

Perunggu ini sendiri adalah hasil campuran dari timah dan tembaga. Disamping itu, zaman perunggu juga sering disebut sebagai kebudayaan Dongson – Tongkin China.

Dimana ketika itu manusia sudah mulai mencampur timah dan tembaga, yakni dengan perbandingan timah 10 dan tembaga 3.

Beberapa contoh alat yang dihasilkan dari zaman perunggu ini seperti nekara perunggu, bejana perunggu, kapak corong dan arca perunggu.

3. Zaman Besi

Di zaman besi ini merupakan masa dimana manusia sudah mulai membuat alat-alat dari bahan besi. Yakni pertama-tama dengan melebur besi dari bijih kemudian dituangkan ke dalam cetakan menjadi alat yang ingin dibuat.

Boleh dibilang kalau di zaman besi ini alat yang dihasilkan sudah lebih sempurna jika dibandingkan dengan sebelumnya yaitu zaman tembaga dan zaman perunggu. Sedangkan untuk teknik peleburan besi memerlukan suhu panas ± 3500° C.

Adapun beberapa contoh alat yang dihasilkan dari zaman ini seperti mata tombak, mata pisau, mata kapak, mata sabit, cangkul dan lain-lain.

Oke, itulah tadi beberapa pembagian zaman di era logam. Adapun untuk setiap pembagian zaman tentunya meninggalkan beberapa alat-alat peninggalan.

Berikut ini akan kita bahas secara lengkap mengenai peninggalannya di Indonesia.

Peninggalan Zaman Logam di Indonesia

Seperti yang sudah kita bahas diatas bahwa zaman logam ini merupakan zaman dimana manusia sudah bisa membuat alat-alat dalam memenuhi kebutuhan hidupnya dengan menggunakan bahan dasar logam.

Berikut ini adalah beberapa peninggalan pada masa logam yakni diantaranya :

1. Kapak Corong

kapak corong
pxhere.com

Untuk kapak corong ini sendiri ditemukan di wilayah Sumatera Selatan, Sulawesi Selatan, Sulawesi Tengah, Jawa, Bali, Papua dekat danau Sentani, dan Pulau Selayar.

Sementara untuk kapak corong yang ditemukan di Indonesia adalah kapak perunggu.

Di bawah ini beberapa hal unik dalam kapak corong, diantaranya :

  • Kapak corong juga dinamakan sebagai kapak sepatu yakni kapak memiliki bentuk bagian atasnya corong yang sembirnya belah.
  • Untuk tangkai kayunya dimasukkan ke dalam corong dan menyiku pada bidang kapak. Kapak ini juga menyerupai sepatu, itulah kenapa dinamakan sebagai kapak sepatu. Setelah itu, kapak sepatu ini digantikan namanya menjadi kapak corong.
  • Kapak Corong yaitu sejenis berumbung yang terbuat dari bahan perunggu, lalu berpinggang pada bagian tengah dan pada bagian sisi atas tertutup.

2. Arca Perunggu

arca perunggu
cagarbudaya.kemdikbud.go.id

Bejana perunggu adalah alat peninggalan yang memiliki bentuk seperti periuk namun terlihat lebih ramping.

Berikut tampilan desain arca perunggu dalam keterangannya :

  • Untuk bentuk permukaan luar bejana dihiasi oleh pola anyaman simetris. Kemudian peninggalan zaman logam yang lainnya adalah arca yang terbuat dari perunggu.
  • Banyak terdapat patung-patung yang memiliki bentuk dengan menyerupai arca orang, arca kepala binatang, dan arca kerbau. Sementara arca perunggu ini ditemukan di wilayah Jawa Timur, Riau, Bogor.
  • Pada awalnya arca perunggu dibuat dengan menggunakan kayu yang diruncingkan. Namun, saat mulai memasuki masa logam, mata panah kemudian dibuat dari bahan besi.

3. Mata Sabit

mata sabit
anekatop10.com

Mata sabit adalah salah satu benda hasil peninggalan dari zaman besi. Dimana mata besi ini memiliki fungsi yang sama seperti tumbuhan, tetapi mata sabit biasanya digunakan untuk menyabit tumbuhan.

Berikut beberapa alasan mengapa mata sabit ini ditemukan dalam peninggalan zaman logam :

  • Mata sabit sampai sekarang masih banyak digunakan sebagai alat bertani.
  • Selain itu, mata sabit menjadi salah satu alat yang dibuat pada zaman besi, dimana kegunaannya dijadikan sebagai alat untuk bertahan diri dari serangan hewan buas.
  • Mata pisau banyak digunakan untuk memperoleh makanan.
  • Biasanya mata sabit digunakan untuk berburu hewan. Kemudian mata panah ditemukan di goa-goa yang dekat dengan sungai, salah satunya adalah di wilayah Sulawesi Selatan.

Selain peninggalan diatas masih ada banyak lagi peninggalan yang dapat ditemukan seperti nekara, bejana, perunggu, mata panah, mata pisau, gelang kaki, gelang, anting, kalung dan cincin.

Selain itu, ditemukan juga manik-manik yang terbuat dari bahan kaca di dalam kuburan. Manik-manik yang ditemukan berjumlah sangat banyak, sehingga memberikan corak yang istimewa di zaman perunggu.

Boleh dibilang zaman besi adalah zaman prasejarah terakhir sebelum memasuki zaman sejarah.

Simak materi terbaru lainnya mengenai zaman Azoikum.

Nah, itulah sedikit informasi dari Genemil mengenai pengertian zaman logam, ciri-ciri beserta pembagiannya.

Semoga artikel kali ini bisa bermanfaat dan dapat membantu teman-teman semua dalam mempelajari lebih dalam terkait sejarah zaman logam.

Apabila ada kesalahan informasi yang telah kami sampaikan, kami mohon sekiranya teman-teman bersedia untuk memberikan koreksi lewat kolom komentar di bawah ini.

Terima kasih!

Leave a Comment